Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berbisnis Kuliner Agar Sukses di Era Digital

tips berbisnis kuliner di era digital


Halo temen temen, kali ini saya mau bicara tentang bisnis nih. Duh, emak emak mau ngomongin bisnis kenapa tidak? hehehe..
Yup, saya bicara tentang bisnis kuliner. Bisnis di bidang kuliner adalah bisnis yang tidak pernah ada matinya. Selalu saja muncul restoran, franchise, warung kaki lima atau usaha kuliner rumahan yang baru. Mau kulinernya itu makanan berat seperti makanan padang, nasi rames, soto, sop, bahkan kudapan ringan seperti roti, cake kue basah, atau jajanan kekinian.

Selama semua orang butuh makan, ya selama itu pula bisnis kuliner akan tetap ada. Masalahnya bisnis kuliner yang baru muncul terkadang menggeser posisi bisnis kuliner yang sudah lama ada. Mengapa bisa demikian?
Karena inovasi lah yang membuat mereka tergeser. Baik inovasi ide baru di dalam resep masakan maupun inovasi di dalam manajemen bisnis kuliner itu sendiri. Terutama di era digital saat ini memang banyak sekali inovasi yang harus ada jika ingin bisnis kulinernya tetap lancar dan sukses berjalan.

Baca Juga : Tempat buka puasa yang bikin rindu di Medan

Seperti warung soto nya Pak 'Kumis', tetangga saya yang mempunyai menu andalan yaitu Soto Ayam. Pak Kumis dan istrinya berjualan soto dan menu lainnya dengan cara yang masih sederhana. Suatu hari Pak Kumis sempat mengeluhkan tentang bisnis kulinernya yang agak lesu, padahal soto ayamnya itu favorit para pembeli.

Setelah ditelusuri, masalahnya adalah Pak Kumis kalah bersaing dengan kuliner sejenis yang tidak jauh dari tempatnya berjualan. Lalu saya pun memberinya solusi atas masalah bisnisnya dengan memberikan tips agar bisnis kulinernya tetap berjalan baik dan bisa bersaing secara sehat

Tips Berbisnis Kuliner yang  Membuat Sukses di Era Digital

Berikut saya bagikan tips berbisnis kuliner di agar sukses di era digital saat ini. Apa sajakah itu, yuk kita simak satu persatu :

1. Meningkatkan kualitas citarasa kuliner yang khas

Suatu bisnis kuliner yang bagus tentu akan dikenal oleh pelanggan karena cita rasanya yang khas dan itu yang membuatnya berbeda dengan bisnis kuliner sejenis.
Oleh karena itu sebelum bicara hal teknis dalam bisnis kuliner, kualitas kuliner tentu harus lebih mantap dulu kan. Saya heran dengan bisnis kuliner saat ini yang sekedar berjualan tapi rasanya 'kurang', padahal dari harganya cukup menguras kantong. Bukankah hal ini akan merusak citra dari bisnis kuliner itu sendiri.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu kalau tempat kuliner yang dijual itu enak ya? Kalau saya ya sederhana saja setiap hari kalau tempat kulinernya penuh pasti citarasanya enak bukan? Apalagi kalau yang keluar dari tempat itu dengan senyum sumringah :)

bisnis kuliner soto
Bisnis kuliner soto

2. Selalu mempunyai inovasi dalam kreasi kuliner

Suatu bisnis kuliner yang bagus itu tentunya selalu berinovasi dalam kuliner yang ditawarkan. Bisa saja dari resep menu yang dimodifikasi dengan cara dan penyajian yang unik tetapi tanpa meninggalkan cita rasa yang khas. Untuk hal ini sebaiknya kita sering melakukan riset ke rumah makan tradisional dan juga rumah makan yang mempunyai ciri khas internasional.

Inovasi lainnya yaitu dari penyusunan menu yang dikemas dalam paket paket menarik, seperti paket pelajar, paket pemilu, paket takjil, paket merdeka dan lain sebagainya yang disesuaikan berdasarkan momen di bulan tersebut. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan jadi tertarik untuk mencoba kuliner tersebut.

Baca juga : 12 Pekerjaan Laris di Dunia Maya

3. Melakukan promosi bisnis kuliner yang tepat sasaran

Melakukan promosi bisnis itu penting agar menjangkau lebih banyak orang untuk mengetahui keberadaan kita. Termasuk bisnis kuliner. Tanpa melakukan promosi perkembangan bisnis akan berjalan dengan lambat bahkan stagnan.
Promosi bisnis kuliner yang bisa dilakukan antara lain :
  • Menyebarkan brosur atau flyer tentang paket promo kuliner yang disajikan setidaknya sebulan atau dua bulan sekali. Sebarkan kepada orang orang yang pas untuk promo ini, misalnya paket pelajar, ya beri brosurnya ke pelajar dong.
brosur bisnis kuliner
Contoh brosur bisnis kuliner
By freepik
  • Berpartisipasi dalan pameran UMKM khusus untuk makanan siap saji/makanan kemasan, berjualan di pasar malam ataupun menghadiri bazar makanan. Biasanya acara ini pas untuk memperkenalkan bisnis kuliner sambil menyerahkan kartu nama bisnis kuliner maupun brosurnya.
  • Menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berpromosi juga dapat dilakukan. Hal ini biasanya efektif untuk mengundang calon pembeli lewat postingan foto foto yang membuat lapar dari kuliner yang disajikan, jangan lupa sertakan hastag yang membuat penasaran calon pembeli juga alamat lengkap berikut peta yang tertera di dalam media sosial tersebut. 

4. Melibatkan teknologi guna membantu melancarkan bisnis kuliner

Tidak bisa disangkal perkembangan teknologi pun mempengaruhi perubahan di semua lini. Termasuk dalam bidang kuliner. Di luar negeri contohnya sudah banyak yaitu dengan penggunaan mesin pintar untuk memesan makanan, membayar dan melayani makanan. Dalam artian pembeli melakukan self service, tanpa dilayani oleh seorang pelayan yang berwujud manusia. Di negara jepang dan korea sudah menerapkan hal ini. Cara membayar pun sudah memakai QR Code dari sebuah gawai yang dalam artian non tunai

Untuk di Indonesia untungnya kita masih bersyukur bertemu dan dilayani oleh seorang pelayan. Akan susah jadinya kalau kita harus berhadapan dengan mesin, karena belum terbiasa, pelan pelan dulu deh nanti malah kaget dan kelihatan gapteknya :)

Tapi bagi pemilik bisnis kuliner ternyata peran teknologi sangat membantu untuk memudahkan kegiatan penjualan, pemesanan online dan mengurangi resiko salah mencatat dalam transaksi harian yang biasanya direkap secara manual. Rekap transaksi harian dengan menggunakan komputer atau aplikasi di dalam gawai tentu akan memudahkan mobilitas bisnis kuliner itu sendiri. Tapi aplikasinya pun setidaknya pilih yang terpercaya juga. Aplikasi yang lambat kerjanya, suka error dan membuat baterai gawai cepat habis tentu tidak baik dalam kelancaran bisnis kuliner.

Aplikasi Kasir SPOTS Permudah Bisnis Kuliner 

Bagi yang tinggal di wilayah perkotaan tentu akan lebih mudah melakukan bisnis kuliner karena range pembeli lebih banyak. Pembeli pun tidak harus datang ke tempat, tinggal cukup memesan makanan dari aplikasi GO-FOOD jika mager atau tidak sempat.

aplikasi kasir spots
Aplikasi Kasir SPOTS

Namun dengan adanya pemesanan online seperti ini bukannya mudah bila tidak diatur dengan baik. Berbagai masalah pun muncul. Seperti bingung cara memilah dan memilih pesanan online dan makan di tempat (khusus untuk restoran ataupun warung makan), ada juga yang terkendala untuk mencetak resi/bon penjualan karena aplikasi tidak terintegrasi dengan pemesanan, ada pula yang pusing memikirkan uang kembalian ataupun kesulitan untuk mengatur rekapan transaksi harian dan pemilik bisnis pun susah untuk mengontrol dari jarak jauh bila bisnis kuliner dijalankan oleh asistennya.

Tapi syukurlah sekarang sudah ada perangkat aplikasi kasir online SPOTS yang memberi solusi mengatasi masalah dalam operasional bisnis kuliner sehari hari.
Aplikasi kasir atau Point of Sale ini melayani dalam bisnis apapun, salah satunya ya bisnis kuliner.

SPOTS yang merupakan bagian dari grup perusahaan GO-JEK ini membantu kegiatan operasional dalam bisnis kuliner seperti :
  • Membantu mencatat pesanan dari pembeli dalam perangkat yang terintegrasi secara langsung dengan aplikasi
  • Pembayaran mudah dan aman secara cashless/nontunai melalui fitur saldo GO-PAY atau GO-PAY QR Code 
  • Mencetak resi/bon secara instan
  • Merekap transaksi order harian yang bisa ditinjau kapan saja dan tidak perlu lagi dihitung secara manual
  • Mengecek transaksi penjualan dari jarak jauh secara aman

Aplikasi kasir SPOTS bertujuan untuk memudahkan, menghemat waktu dan uang melalui otomatisasi kegiatan penjualan sehari hari serta meningkatkan omzet penjualan. Dengan biaya aktivasi (pendaftaran) *Rp 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp 2.900/hari maka siapa pun bisa menjalankan bisnis, termasuk bisnis kuliner.

Gambaran jelas tentang aplikasi kasir SPOTS bisa dilihat di video ini :


Jadi tunggu apalagi , kalau ada yang memudahkan buat apa membuat repot diri sendiri menggunakan yang masih manual pada bisnis kuliner yang saat ini sedang dijalankan. Saat ini teknologi sudah merambah ke semua bidang, siap tidak siap kita harus menerapkannya lho.



Artikel ini didukung oleh :
https://spots.co.id

96 komentar untuk "Tips Berbisnis Kuliner Agar Sukses di Era Digital"

Jhon simpel 4/14/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner memang menjanjikan, apalagi kita mampu membuat menu2 baru dan resep2 baru? Di tambah lagi dengan tempat yg mendukung dan strategis, terutama instagramable .... pasti sangat menguntung kan...
Tq 4/14/2019 Hapus Komentar
tips yang mantap betul ini kak, cocok banget bagi saya yang baru belajar buka usaha, terutama bisnis kuliner, jadi ingin menerapkan tips tips diatas, biar bisa sukses usaha saya, makasih banyak ya kak udah berbagi :)

izin follow blog nya ya kak agar bisa menjalin persahabatan sesama blogger ;)
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Iya betul sekali mas yang penting tetap berinovasi
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Iya mas semoga bermanfaat, sip terima kasih sudah follow blog saya :)
Aris Armunanto 4/15/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner di era digital persaingan akan semakin ketat ya mbak, jadi kalau nggak berinovasi akan bisa kalah saing dgn usaha orang lain yg sejenis
Lantana Magenta Hermosa 4/15/2019 Hapus Komentar
Di era digital, untuk berbisnis kuliner mesti menguasai teknologi..fasilitas SPOTS bsa membantu kegiatan operasional usaha ini ya mbak?
dear anies 4/15/2019 Hapus Komentar
pada masa sekarang, suka atau tidak kita harus terlibat dengan teknologi walaupun apa jua bidang yang kita suka
blogger parenting 4/15/2019 Hapus Komentar
Teknologi jelas membantu banget ya kak iid..
LinRaNa Mom 4/15/2019 Hapus Komentar
tapi saya lebih suka jadi pembeli, kurang pinter bisnis sayah mah,.... dan jualan online itu sgt membantu saya yang sangat mager ini...
Einid Shandy 4/15/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner memang menjanjikan apalagi kuliner yang disajikan makanan utama. Namun, karena menjanjikan inilah, akhirnya persaingan di bidang kuliner semakin kuat. Sehingga, pelaku bisnis kuliner harus up-to-date dari berabgai sisi. Mulai dari citara rasa, interior-eksterior warung, hingga harus melek teknologi juga agar tidak ketinggalan sama pesaing-pesaing lainnya.

Semoga sotonya Pak Kumis makin laris. Soto itu favoritku banget Kak.

Salam.
Anonim 4/15/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner nggk ada matinya ya...menjanjikan as always. Asal menyesuaikan dengan tuntutan zaman now.
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Iya mba bisa banget
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Iya benar mba apalagi mager karena sakit atau cuaca peran online berguna sekali
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Iya teknologi saat ini adalah kebutuhan juga
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Pasti kak
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Benar harus upto date sama perkembangan yang ada mba
dewyanayanis 4/15/2019 Hapus Komentar
Wah bagus ini Mba, promosi via digital dan memakai spot itu aq baru tahu
Lailin 4/15/2019 Hapus Komentar
Menarik nih mbak bisnis kuliner, saya sampai kayak jadi ketinggalan makanan hits di kota saya sendiri saking cepatnya perkembangan bisnis kuliner :D
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Iya mba SPOTS membantu sekali untuk operasional bisnis/usaha UMKM
iidyanie 4/15/2019 Hapus Komentar
Sama mba saya juga suka ketinggalan info nih klo gak buka IG gak akan tau :)
Putu Eka Jalan Jalan 4/15/2019 Hapus Komentar
Menurut saya sich kalau rasanya enak dan terus terjaga rada enaknya, walaupun gimanapun akan tetap dikejar oleh pecinta kuliner
Widodo 4/16/2019 Hapus Komentar
sangat bermanfaat artikel ini
kuanyu 4/16/2019 Hapus Komentar
Menurut saya yang paling penting itu adalah yang nomor 1 dan 4, sebuah mekanan harus enak, kalau enggak enak seunik apapun makanannya enggak bakalan maju usahanya, kemudian promosi di media sosial, tentu sasarannya adalah anak muda dengan begitu bisa di pastikan penjualan bisa meningkat 😀
Uyo Yahya 4/16/2019 Hapus Komentar
Pas bener memang usaha mesti bisa beradaptasi dengan menggunakan teknologi. Jadi bisa menyasar semua target pasar. Mulai dari anak muda hingga orang tua.
Djangkaru Bumi 4/16/2019 Hapus Komentar
Meningkatkan kualitas citarasa itu sangat penting. Jangan sampai turun yang mengakibatkan pembeli kabur.
Aris Armunanto 4/16/2019 Hapus Komentar
Tapi bisnis kuliner banyak konsumennya kok mbak yg penting rasanya enak pasti dicari
eno 4/16/2019 Hapus Komentar
Inovasi emang perlu banget ya supaya bisnis bisa bertahan dan berkembang.
Himawan Sant 4/17/2019 Hapus Komentar
Membantu banget cara kerja SPOTS ini ya .., pemilik usaha ngga perlu dibuat mumet ngatur keuangannya.

Menurutku, tempat kuliner dan bentuk kulinernya sendiri ang disajikan di jaman sekarang ini harus tampil instagramble.
Tuteh 4/17/2019 Hapus Komentar
Menjaga standar, dan kalau bisa meningkatkannya :D
kuanyu 4/17/2019 Hapus Komentar
inovasi eskrim, eskri dibuat jadi eskrim kelapa, itu rasanya luar biasa uenak tenan
kuanyu 4/17/2019 Hapus Komentar
iya mas, soal rasa memang yang utama, yang lainnya belakangan
Bimo Aji Widyantoro 4/17/2019 Hapus Komentar
Bener banget mbak, sekarang dunia kuliner sedang rame-ramenya. Gak cuan perusahaan besar tapi juga kreasi olahan dari UMKM juga gak kalah menarik loh. Dan kalau saya pikir hadirnya SPOTS ini malah akan memudahkan lagi transaksi dari UMKM buat menjual bisnis usahanya.
Andrie Kristianto 4/18/2019 Hapus Komentar
Era digital memang memberikan kemudahan yang tak terhingga yaa, dengan adanya teknologi pekerjaan hjadi terbantu :D
Nina 4/18/2019 Hapus Komentar
Setujuuuu... dalam berbisnis makanan emang harus terus berinovasi biar tambah greget yak :)
Agi Tiara | duckofyork 4/18/2019 Hapus Komentar
aku baru mau memulai bisnis di dunia kuliner, SPOTS ini jadi salah satu harapan aku buat membantu memudahkan transaksi non tunai hehehe.. menarik soalnya.
Mugniar 4/19/2019 Hapus Komentar
Mantap tipsnya ini. Apalagi kalo dibarengi pemakaian SPOTS, usahanya bisa lebih maksimal pengembangannya
nurul rahma 4/19/2019 Hapus Komentar
Hwiiks, SPOTS ini jadi bikin semangaaattt utk menekuni bisnis kuliner yaa
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Hafizhah Ramadhani 4/19/2019 Hapus Komentar
Setuju, penggunaan teknologi memang membantu dalam berbisnis, salah satunya bisnis kuliner
Irsyad Muhammad 4/19/2019 Hapus Komentar
Wah zaman makin canggih aja nih, berbagai aplikasi pun satu per satu mulai hadir utk memudahkan kita. Aplikasi SPOTS ini membantu banget pasti buat yang mau bisnis kuliner
Firmansyah 4/19/2019 Hapus Komentar
Wah… sebenarnya salah satu impian saya juga dari dulu bisa kelola bisnis kuliner nih. Hehehe... di zaman yang semakin canggih ini pastinya akan banyak kemudahan.
Joe Candra 4/19/2019 Hapus Komentar
Makin praktis aja yah kak dalam berbisnis hehe
Wiwin Pratiwanggini 4/20/2019 Hapus Komentar
Bener banget, bisnis kuliner memang gak ada matinya. Bersyukur ada SPOTS sehingga ga perlu beli mesin kasir yang besar dan mahal.
Yanti Ani 4/20/2019 Hapus Komentar
Setuju, kalau mau sukses bisnis di era digital sekarang ini, citarasa dan teknologi terkait 2 hal yang wajib diterapkan, kalau gak ya, tergilas zamanlah
Ridsal 4/20/2019 Hapus Komentar
Melibatkan tekonlogi bisa juga untuk meningkatkan promosi kuliner. Selain itu, dengan meningkatnya pengguna teknologi, bisa juga melihat pendapat mereka soal kuliner yang dilakoni. Jadinya sambil promosi, bisa mendapatkan feedback..
Pangeran Muda 4/20/2019 Hapus Komentar
iya kak, saya pernah tau tentang EDC spots, ketika dijelaskan oleh salesnya saya cukup tertarik untuk pengembangan sistem kasir dengan edc ini. namun saat ini saya sudah menggunakan POS sistem lainnya jadi mungkin tunggu habis masanya dulu baru pindah ni
Ceritajalan.com 4/20/2019 Hapus Komentar
Hmmm niatnya untuk kedepan saya dan suami akan berbisnis ini kK. Mudah-mudahan tercapai.
Paradigma 4/20/2019 Hapus Komentar
Saat ini bisnis kuliner makin hari makin menjanjikan, Tips kakak ini sangat membantu buat seorang pemula yg mau terjun berkecimpung usaha kuliner. 👍
Dyah (Author roemahaura.com) 4/21/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner emang yang paling hits sekarang. Menjamur dimana-mana. Memang butuh strategi buat melariskannya. Apalagi apa aplikasi spot yang memepermudah bisnis ini.
vanisa 4/21/2019 Hapus Komentar
makin ke sini makin keren aja ya inovasinya gojek
FIRSTY UKHTI MOLYNDI 4/21/2019 Hapus Komentar
Thanks atas tips usaha kulinernya
Mugniar 4/21/2019 Hapus Komentar
MEningkatkan citarasa, nah ini harus dipahami oleh semua pelaku UMKM. Masih ada yang tidak menerapkannya. Semoga deh mereka ketemu artikel ini.
Maskris | www.maskris.co.id 4/21/2019 Hapus Komentar
Setuju banget mbak sama tips no. 4.. Kalau jaman sekarang pedagang gaptek, maka keuntungannya pun sepertinya akan sedikit karena sekarang banyak orang yang lebih suka cashless.. :-D
Maman Achman 4/22/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner dipadukan dengan kemudahan berbasis IT bisa jadi kolaborasi yang sangat menguntungkan, keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Sukses terus ya mbak Iid.
Bambang Irwanto 4/22/2019 Hapus Komentar
Keren sekali tips-tipsnya, Mbak.
Dan memang benar, pkoknya kalau makanannya enak, pelayanannya ramah dan cepat, lalu terus menjaga kualitas, pasti akan terus dikejar orang, di mana pun berada. Saya suka begitu. Dan tidak mau pindah ke lain hati hehehe.
Bocah Udik 4/22/2019 Hapus Komentar
Menarik sekali ya kak bisnis kuliner dengan memanfaatkan teknologi. Aplikasi SPOTS juga canggih ya.... Bisa membantu kita juga.
Gioveny 4/22/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner di sekitar tempat tinggalku timbul tenggelam nih kak. Mungkin mereka harus memanfaatkan teknologi ya untuk melariskan bisnisnya.
Rani Yulianty 4/22/2019 Hapus Komentar
Selain rasa yang enak ternyata berbisnis kuliner butuh bantuan teknologi juga ya, untungnya sekarang sudah ada spots ya, aplikasi kasir yang memudahkan bisnis
Mechta 4/22/2019 Hapus Komentar
Tips-tipsnya keren mbak. Bisa ikutan nyatet nih..
Elly Nurul 4/22/2019 Hapus Komentar
Oh namanya apikasi SPOTS, beneran sangat memudahkan, menghemat waktu dan uang ya.. biaya aktivasi (pendaftaran) dan biaya pemeliharaan juga relatif terjangkau.. Bismillah.. semoga aku bisa mewujudkan impian punya bisnis kuliner dalam waktu dekat ya mba.. aamiin
Tetty Hermawati 4/22/2019 Hapus Komentar
kata orang enak ya bisnis kuliner, labanya lumayan besar. Tapi emang bener harus bisa jaga rasa tetep enak dan berinovasi juga dari berbagai aspek termasuk teknologi/IT
Linimasaade 4/22/2019 Hapus Komentar
Mantul banget nih tipsnya mbk bisa di bookmark dulu biar gk kelupaan. Thank's banget ya Mbk bermanfaat banget
Tq 4/22/2019 Hapus Komentar
kemajuan teknologi dan informasi bikin semua jadi mudah untuk menjual apa saja di internet ya kak, termasuk kuliner juga bisa dipromosikan lewat online, sehingga bisa menjangkau pelanggan lebih banyak ;)
Rey - reyneraea.com 4/23/2019 Hapus Komentar
Kalau bisnis kuliner itu nomor 1 pastinya rasanya, dan kudu wajib banget dipertahankan rasanya.
Saya sering banget liat beberapa bisnis kuliner yang berani mengorbankan nama baiknya dengan menyajikan makanan yang rasanya berkurang lezatnya entah karena udah sisa kemaren yang diolah kembali atau masalah lainnya.

Dan juga masalah kasir seperti SPOTS amat sangat membantu pebisnis kuliner untuk mengembangkan bisnisnya :)
Sri Al Hidayati 4/23/2019 Hapus Komentar
Bisnis kuliner memang bisnis yang gak ada matinya. Dan lagi bukan aspek jualan terus selesai, tapi abis jualan juga gimana caranya biar habis jualan terus bisa dicatet pembelian dan hasil dari usaha. Pake SPOT ini bisa jadi opsi ngebantu pekerjaan bisnis jadi mudah
Nefertite 4/23/2019 Hapus Komentar
aku juga lagi pengin usaha kuliner nih, cuma belum nemu yang pas saja. Bisnis kuliner di era digital mau nggak mau ikuti perkembangan ya. SPOT ini akan membantu tugas kita pastinya
sarrahgita 4/23/2019 Hapus Komentar
aplikasi kasir kayak SPOTS ini memang bisa jadi solusi buat para pengusaha kuliner yah. masalah administrasi keuangan jadi banyak terbantu n lebih praktis
Shofia 4/23/2019 Hapus Komentar
Bener mbak, bisnis di dunia kuliner yg paling penting rasanya ya, meskipun tips2 yg oainnya juga ga kalah penting sih. Apalagi Ada aplikasi kasir, wah baru tahu mbak, mungkin bisa diterapkan di bisnis lain juga Kali ya..
Uniek Kaswarganti 4/23/2019 Hapus Komentar
Klo kuliner mainstream macam soto gitu ga bisa inovasi mba. Justru pelanggan inginnya yg sesuai dengan branding warung itu sejak jaman baheula :))

Kehadiran SPOTS ini sangat ngebantu para pengusaha kuliner dalam hal pembuatan resi maupun laporan keuangan. Senangnya yaaa dibantu oleh kecanggihan teknologi utk hal ini.
Relita Aprisa 4/23/2019 Hapus Komentar
mantap kak... tipsnya coba saya diterapkan kalau mau memulai bisnis kuliner lagi.

Tapi dari reviewnya, aplikasi SPOTS ini meskipun kecil bentuknya tapi manfaatnya luar biasa. sangat membantu pelaku usaha kuliner.. kalau merintis usaha kuliner lagi spot jadi pertimbangan utk kita pakai
susie ncuss 4/23/2019 Hapus Komentar
Bener banget tipsnya,
Aplikasi kasir ini bisa mengakselerasi bisnis kecil agar tertata rapi dan terus berkembang <3
Siska Dwyta 4/23/2019 Hapus Komentar
Tipsnya oke banget Mbak. Boleh juga nih diterapin kalau buka usaha kuliner, hehe. Karena zaman semakin canggih maka tak ada salahnya juga mengikuti perkembangan zaman ya mbak. Apalagi dengan adanya aplikasi kasir seperti SPOTS. Tentu akan sangat membantu para pelaku UMKM khususnya yang membuka usaha bisnis kuliner.
Bibi Titi Teliti 4/23/2019 Hapus Komentar
Semua tipsnya jleb banget sih Kak,
Zaman sekarang mah, selain rasanya tempat makan juga harus asthetic sih soalnya kelakuan pelanggan tuh sebelum makan harus foto makanan dan ootd dulu hahaha.

Tapi aplikasi SPOTS ini keren dan bisa membantu banget sih!
Keke Naima 4/23/2019 Hapus Komentar
Kalau kata suami saya, selama orang masih butuh makan maka bisnis kuliner gak akan mati. Tetapi, memang butuh inovasi. Banyak busnis kuliber yang bertahan sekian lama karena citarasanya enak. Nah akan semakin nyaman kalau juga sistemnya mengikuti perkembangan zaman
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 4/24/2019 Hapus Komentar
Aku kapan itu ngeliat penjual gorengan di pinggir jalan ada Spotsnya di atas meja. Aku sampe takjub sendiri. Keren ya teknologi zaman now. Membantu para umkm banget
Ida Tahmidah 4/24/2019 Hapus Komentar
Jadi pengen bisnis kuliner lagi nih...mdh2an bs ada kesempatan dan semangat serta semakung semesta mendukung...
lendyagasshi 4/24/2019 Hapus Komentar
Jaman sekarang, semua-mua sudah cashless, jadi dengan adanya SPOTS makin mudah dalam bertransaksi.
Ada yang bantu catat pemasukan dengan cara simple.
Yoanna Fayza 4/24/2019 Hapus Komentar
Aplikasi SPOTS ini keren banget, nggak cuma menguntungkan pelaku UMKM kuliner saja, tapi juga menguntungkan kaum pemuja cashless kayak saya yg jarang bawa uang banyak tapi pingin jajan kaki lima
Indah Nuria Savitri 4/24/2019 Hapus Komentar
So then what we need nowadays is a good strategies, continued innovation, and supporting application for all of those businesses
Hadi 4/24/2019 Hapus Komentar
Bener Banget mbaaa kualitas rasa memang harus nomer satu. Nah inpvasi jiga penting biar pembeli nggak bosen ya. Apalago ada spots semakin dimudahkan
Nia Haryanto 4/24/2019 Hapus Komentar
Keren nih inovasi SPOTS ini. Bikin pelaku UKM bisa mengelola sistem perkasiran dengan mudah. Alat dan aplikasi yang biasanya gede dan komples, jadi ringkes dan sederhana. Dan mungkin harganya juga lebih terjangkau ya
Dian farida ismyama 4/24/2019 Hapus Komentar
Sepakat banget mbak. Jadi pingin share tulisan ini nih. Lengkap tipsnya ga hanya soal aplikasinya saja.
Dian Radiata 4/24/2019 Hapus Komentar
Waaaah cocok banget ini tipsnya, mbak.. Kebetulan aku ama suami lagi pengen mulai bisnis kuliner. Makasih udah sharing
Dian Radiata 4/24/2019 Hapus Komentar
Waaaah cocok banget ini tipsnya, mbak.. Kebetulan aku ama suami lagi pengen mulai bisnis kuliner. Makasih udah sharing
Rohyati Sofjan 4/25/2019 Hapus Komentar
Perkara uang kembalian tak bisa dianggap remeh. Jangan sampai pembeli kesal jika uang kembalian tak ada atau harus menunggu agar bisa ditukarkan di tempat lain. Saya telah belajar dari itu. Ribet juga karena transaksi tradisional akan membutuhkan uang kembalian. Adanya SPOTS sangat membantu di era digital. Konsumen tak perlu bete menunggu. Transaksi digital ala cashless mendukung mobilitas pelaku bisnis dan konsumen agar sama-sama puas da transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tak perlu ribet. Cocok banget bagi masyarakat dinamis..
Riska Ngilan 4/26/2019 Hapus Komentar
Di era digital seperti sekarang, adanya aplikasi kasir dari SPOTS ini sangat membantu para penjual dan pembeli saat sedang bertransaksi.
Swastikha 4/26/2019 Hapus Komentar
ya, pelaku bisnis makanan juga harus memperhitungkan dengan kehadiran teknologi baru sehingga mereka bisa bersaing dengan pelaku usaha yang lain. Biar kalau kalah saingan yang disalahkan adalah teknologi
Ainhy Edelweiss 4/30/2019 Hapus Komentar
Memiliki usaha di era digital itu jauh lebih mudah yah mba. Semua ada pendukungnya, dan yang paling penting kecanggihan aplikasi yang mendukung pelaku usaha. 😊
Heri Heryanto 5/02/2019 Hapus Komentar
ternyata ada ya alat kasir yang praktis seperti itu..

saya juga lagi nyari testimoni pedagang yg sudah pakai spots nih.. biar lebih mantep. karena ada rencana pake ini alat

munasya 5/02/2019 Hapus Komentar
di zaman sekarang, melibatkan teknologi dalam usaha itu emang wajib hukumnya. biar makin mudah dan cepat dalam melayani
Monica Anggen 5/02/2019 Hapus Komentar
SPOTS ini hanya untuk pengusaha kuliner aja atau pengusaha di bidang lain bisa menggunakan aplikasi kasir ini juga nggak ya? Sekarang kan ke mana-mana udah enak bisa bayar pakai GoPay soalnya.
iidyanie 5/02/2019 Hapus Komentar
Seharusnya bisa mba, karena fitur di SPOTS bisa utk mencatat rekapan transaksi harian usaha seperti umkm dan disupport pula oleh Gojek (Gomart/Goshop)
iidyanie 5/02/2019 Hapus Komentar
Benar sekali mba agar tidak tertinggal dengan usaha lainnya yg sudah melek teknologi
Sandra Hamidah 5/04/2019 Hapus Komentar
Hal yang ga kepikiran sama kita malah kepikiran sama gojek, salam kenal mba minta follback blognya yah
iidyanie 5/05/2019 Hapus Komentar
Iya betul mba gojek memikirkan kebutuhan pebisnis kuliner, terima kasih sudah di follow ya mba, sudah saya folback juga blognya :)
poetrider 5/09/2019 Hapus Komentar
Jangan hanya terpaku pada inovasi saja menurut saya. Yang paling penting dalam bisnis kuliner yaitu rasa, harga, dan jumlah. Bisa saja rasa enak tapi seporsi terlalu dikit dengan harga lumayan mahal ya tetep aja ga terlalu bagus. Jadi ingan tetap pada kepuasan pelanggan baru permudah pelanggan. Sekedar curhat
Agus rusdi 6/29/2019 Hapus Komentar
mungkin suatu hari nanti saya akan berbisnis kuliner setelah pulang ke Indonesia