Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan Akhir Tahun di Medan? Ke Budayaland Aja

Gaes, sahabat perempuan berbagi..

Tak terasa sudah berada di minggu kedua bulan Desember itu berarti tak lama lagi akan mendekati akhir tahun 2019 ini. Sebagai ibu rumah tangga di kepala saya hanya ada 1 kata yaitu "liburan". Meskipun kenyataannya tiap hari adalah hari libur buat saya tapi saya tidak benar-benar liburan.

Setiap hari ritme pekerjaan domestik selalu menyertai, menyiapkan sarapan buat si kecil, mencuci baju, masak untuk makanan siang, mencuci piring, angkat jemuran, menyiapkan hidangan malam, suapi anak, sampai menidurkan anak setiap harinya. Bosan, aku butuh waktu untuk liburan, paling tidak seharian saja, gak lebih.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Ada tawaran dari teman grup mengenai tempat baru yang rekomen banget untuk dikunjungi sebagai bahan cerita saya di blog. Tempat ini bernama Budayaland. Saya mengernyitkan dahi, perasaan pernah dengar deh, tapi di mana ya? Hmm..sejenak pikiran melayang akan memori di instagram setahun yang lalu, seseorang pernah berfoto ke tempat itu bersama keluarga besarnya.

Owh iya..baru saya ingat, rupanya food selebgram terkenal dari Medan bang Dolly Regar pernah membahasnya. Tanpa pikir panjang segera saja saya menyetujui untuk pergi esok harinya. Kebetulan sekali suami lagi gak di Medan, terus si bocah lagi lengket-lengketnya dengan kakeknya jadi males pergi dengan saya. Yiha! me time yang saya nantikan nih pikir saya. Budayaland saya datang!

Pintu masuk Budayaland


Sekilas tentang Budayaland

Budayaland bertempat di jalan Medan-Tanjung Morawa Km.12,5 No.6, Sumatera Utara. Tidak jauh dari kantor Poldasu Amplas dan sebelum memasuki kota Tanjung Morawa. Letaknya cukup strategis, tidak jauh dari kota Medan tapi juga tidak terlalu dekat dengan kebisingan kota Medan. Letaknya berada di belakang Budaya Resto, mempunyai lahan yang kurang lebih sekitar 15 hektar yang berisi wahana permainan dan tempat untuk bersantai.

Tadinya saya berpikir apakah ini lapangan golf? Karena tempatnya sangat luas untuk dijadikan tempat bermain bersama keluarga. Juga dengan pemandangan danau buatan di tengah-tengahnya yang sungguh indah sekali. Budayaland mengusung wisata asri nusantara, jadi suasananya asri, berbudaya dan bernuansa sejuk juga menyediakan wahana yang seru untuk semua pengunjung, baik untuk anak-anak dan dewasa.

Tiket :

HTM (Harga Tiket Masuk) : Rp 30.000

VIP Pass :
Rp 50.000 ( Senin-Jumat )
Rp 100.000 (Sabtu, Minggu & Libur nasional)

Waktu Operasional :

Senin-Jumat : 10.00 - 19.00 malam
Sabtu, Minggu & Libur nasional : 10.00 - 20.00 malam

Vip Pass masuk Budayaland

Sebagai informasi nih untuk HTM , tiket hanya untuk masuk di area Budayaland saja dan tidak bisa digunakan untuk bermain di wahana. Namun tiket dapar ditukar dengan makanan/minuman yang sesuai dengan harga HTM di foodcourt Budayaland atau Budaya Coffee Cabin.
Sedangkan untuk VIP Pass, tiket masuk sekaligus tiket untuk bermain di wahana sepuasnya di Budayaland. Namun tiket yang dapat ditukar dengan makanan/minuman adalah yang seharga HTM di atas tadi baik di foodcourt Budayaland atau Budaya Coffee Cabin.

Wahana & Fasilitas dalam Budayaland

Budayaland mempunyai 3 area inti, yaitu Centerland, Funland dan Greenfarm. Di dalam area Centerland dan funland ini terdapat lebih dari 20 wahana permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa dengan syarat berat badan dan tinggi badan tertentu. Wahana tersebut antara lain :

ATV, Bebek Dayung, Becak Mini, Flying Fox, Gokart Mini, Hand Boat, Kayak/Kano, Kereta Api, Mini Car, Nine Bot, Obstacle Run, Paint Ball, Panahan/Archery, Sampan, Sepeda, Tree Top, Waterball, Enggrang Bambu, Lari Tempurung, Congklak, Engklek, Bakiak, dll.

Naik bebek dayung

Untuk sebagian permainan dilakukan di area danau seperti Bebek Dayung, Kayak dan Kano. Saya berkesempatan naik bebek dayung dengan teman saya. Naik Bebek Dayung seperti mengendarai sepeda, meskipun kesannya sederhana tapi lumayan bisa membakar kalori kalau berkeliling danau 1 putaran penuh. Mengoperasikannya juga cukup mudah seperti ibu-ibu yang suk pake lampu sen ke kanan tapi beloknya ke kiri hihi. Yang sudah pernah coba pasti tau deh wkwk. Biar lebih aman setiap orangnya dipakaikan oleh petugas yang berjaga sebuah pelampung sesuai dengan ukuran badannya. Safety banget ya :)

View Budayaland yang asri
Suasana Budayaland sore hari

Pengalaman yang mengasyikkan itu kalau saya bisa melakukannya dengan baik dan ingin mengulanginya kembali. Permainan lainnya yang saya coba yaitu Panahan/Archery dan bersepeda. Awalnya saya dan teman dilatih terlebih dahulu dengan petugas yang berjaga, setelah latihan sekali dua kali barulah saya percaya diri untuk memanah dan ternyata mengasyikkan bahkan ketagihan untuk mencobanya lagi biar bisa memanah ke arah yang tepat.

Bersepeda & memanah
Begitu juga dengan bersepeda, mengendarai sepeda sepanjang jalan di sekitar danau Budayaland membuat nostalgia akan masa sekolah dulu yang senantiasa pergi sekolah naik sepeda boncengan sama teman. Ada banyak jenis sepeda yang bisa dicoba, ada sepeda mini, sepeda keranjang, sepeda olahraga, sepeda bmx, dan sepeda tandem 3.
Sayang saya gak sempat mencoba mengendarai ATV (All-Terrain Vehicle) dan bermain Paintball karena saat itu sedang hujan lebat, next time past akan coba deh pasti akan seru lagi mainnya :)

Bermain ATV & Paint ball

Becak mini di Budayaland
Permainan tradisional

Bicara soal fasilitas yang ada di Budayaland ini sudah sangat lengkap. Ada Musholla, kamar mandi, taman, foodcourt jajanan, stall makanan/minuman Budaya, sitting area, tenda transparan dan juga ada Budaya Coffee Cabin buat tempat ngopi santuy dan bikin betah. Pastinya pengunjung jadi betah berlama-lama menikmati suasana di Budayaland.

Yang Istimewa dari Budayaland

Selain wahana dan fasilitas di dalamnya, Budayaland juga menyediakan paket event yang harganya negotiable buat para pengunjung, seperti :
Family/Corporate/Community Gathering, Prewedding photoshot, Pernikahan, Pesta Ulang tahun, Grup Field trip atau Outbound dari sekolah, dll.

Selain itu Budayaland mempunyai Event mingguan yaitu setiap hari minggu mengadakan acara-acara menarik untuk pengunjung baik anak-anak maupun orangtua yaitu :

1. Budaya Farm Tour : Kegiatan touring area Green farm Budayaland dan kegiatan animal feeding. Setiap hari Minggu jam 15.30
2. Budaya Spesial Activity : Kegiatan interaktif sesama pengunjung yaitu Science Project, Family Quiz & Fun Game. Setiap hari Minggu jam 16.30.

Budayaland juga mempunyai Macam Fauna di dalamnya yang beragam dan unik, yaitu :
🐦 2 Burung macaw : Leo & Rocky
🐴 2 Kuda poni : Jaka & Siti
🐰 Keluarga kelinci Giant bunny
🐟 Ikan Mas & Ikan Patin
🐄 Sapi perah dan Sapi madura

Ragam fauna di Budayaland

Green house dan hidroponik

Macam Area Edukasi Flora Budayaland :
🌱 Hidroponik & Greenhouse
🌻 Kebun Bunga Matahari
🌳 Area Pohon buah : Mangga, rambutan  dan durian
🌾Area Persawahan Terasering

Waw lengkap banget kan gaes! Gimana jadi pengen liburan kan?!


PARODY (Party For Everybody) di Budayaland

Poster Parody

Gaes, sahabat perempuan berbagi..Akhir tahun sudah punya ide mau liburan di mana selama di Medan?? Jangan bingung deh..kalau bosan mau adain acara yang seru di tempat yang itu-itu terus, mendingan pindah ke Budayaland saja. Acara tahun baruan kamu pasti akan lebih seru lho karena akan ada banyak ragam atraksi menarik dari Budayaland.

FYI, Akhir tahun 2019 ini Budayaland kembali menggelar acara perayaan akhir tahun baru dengan nama acara PARODY #PartyForEverybody. Selama 2 tahun berturut-turut Budayaland sukses menarik pengunjung buat menikmati malam pergantian tahun dengan jumlah pengunjung sampai 4000 orang lebih pada tahun 2018 lalu.

Tahun ini Budayaland lewat PARODY #PartyForEverybody, menghadirkan hal-hal baru dari tahun-tahun sebelumnya. Apasaja kah itu?


❤️ Food Carnival : Sebanyak 20+ tenants yang menyajikan beraneka ragam sajian kuliner untuk pengunjung PARODY

❤️ Street Performance : Berupa pertujukan Magic Show, Pantomime dan Battle Dance

❤️ Festivities : Berupa Fun Games yang berhadiah mainan lucu, Special Activities, Face Painting, Live Music dan Outdoor Cinema

❤️ New Year's Eve Special Party : Ada kembang api yang dinyalakan sepanjang acara, light dance untuk sesama pengunjung dan BBQ Night.

BBQ Night at Budayaland New Years's Eve

Nah acara BBQ Night ini sistemnya All You Can Eat. Tetapi sebelumnya wajib beli tiket BBQ Night dulu ya.
Tanggal 6-15 Desember 2019
🍔 Harga Tiket BBQ Night (Early Bird) Dewasa : Rp 168.000, anak : Rp 99.000.
Setelah lewat tanggal 15 Desember 2019,
🍔 Harga Tiket BBQ Night Dewasa : Rp 199.000, anak : Rp 128.000.

New years eve party poster

Nah, khusus menyambut akhir tahun 2019 ini HTM Budayaland agak berbeda dari biasanya ya karena pastinya acara yang disuguhkan akan lebih menarik.

Tiket Budayaland khusus untuk PARODY #PartyForEverybody tanggal 25-31 Desember 2019 :


1. HTM Budayaland Rp 30.000

Dapat ditukarkan dengan makanan/minuman di Budayaland maupun Coffee Cabin, tidak dapat ditambahkan dengan uang tunai juga tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.

2. HTM Budayaland Rp 50.000 (khusus 31 Desember 2019)
Dapat ditukarkan dengan Welcome Drink, tidak dapat ditukarkan dengan makanan/minuman dari stand food carnival, maupun coffee cabin, dan penukaran tiket hanya berlaku di kasir games Budayaland saja.

3. VIP Pass Holiday Season Rp 100.000 (Berlaku mulai dari tanggal 25 Desember 2019 - 5 Januari 2020)
Dengan ketentuan : Tiket main sepuasnya di Budayaland dan dapat ditukarkan dengan cash back 20%.

4. Promo VIP Pass Mahasiswa Rp 40.000 (Promo berlaku mulai tanggal 10 - 24 Desember 2019) | Masa pemakaian dari tanggal 25 - 31 Desember 2019.
Dengan ketentuan : Hanya berlaku untuk mahasiswa dari universitas yang sudah ditentukan oleh Budaya Resto. Untuk pemesanan via online melalui Web Budaya Resto dengan menyertakan kode promo dan pembayaran melalui transfer.

Nah gaes, tunggu apalagi segera deh putuskan acara tahun baru kamu mau diadain di mana?
Untuk informasi lebih lengkapnya dan Reservasi tiket BBQ Night kamu bisa kunjungi Web Budaya Resto atau Sosial Media Budayaland
Catat ya alamatnya di bawah ini :)

Web Budaya Resto  : www.budayaresto.com
Instagram Budaya  : @budayaland
No. Telp Budaya      : (061)7944333





63 komentar untuk "Liburan Akhir Tahun di Medan? Ke Budayaland Aja"

http://kakilasak.com/ 12/13/2019 Hapus Komentar
Ah.. pengen ksana lagi haha
Blm main paint ball
iidyanie 12/13/2019 Hapus Komentar
Lain kali harus main bang drpada terngiang2 hahaha
blogger parenting 12/14/2019 Hapus Komentar
Enaknya kalo ke sana bawa anak-anak trus kita kopdar ya kak. ...
Jadi anak-anak gak ganggu acara kopdar, soalnya pada asik main, hehe
iidyanie 12/14/2019 Hapus Komentar
Iya pas kali tuh kopdaran member blogsum pastinya rame kalau ngumpul 😁
Rohyati Sofjan 12/14/2019 Hapus Komentar
Seru main di Budayaland. Tempatnya asyiok banget untuk dikunjungi bareng keluarga soalnya lengkap dan mewakili banget pilihan permainan yang kita butuhkan. Apa ada rencana tahun baruan di sana? :)
iidyanie 12/14/2019 Hapus Komentar
Pengennya sih mba hihi 😁
Riawani Elyta 12/15/2019 Hapus Komentar
Tempatnya asyik, banyak wahana alam dan tiketnya juga bersahabat ya harganya. Yg ke medan harus kesini nih
Irsyad Muhammad 12/15/2019 Hapus Komentar
Kalau ke sini paling pas emang rame2 kak. Aku sih penasaran sama main paint ball. Semoga kapan2 nnti bisa main deh
Okti Li 12/16/2019 Hapus Komentar
Wah terbayang Parody nya bakalan sukses nih. Secara tahun baru kan emang masanya liburan ya. Ini ada lokasi bagus, plus bakal ada stand kuliner dan street performance pula. Pasti seru dong ya...
HTM pilih yang cepek sekalian saja, sudah all in one hehehe
Nurul bukanbocahbiasa 12/16/2019 Hapus Komentar
Kece bangeett ih tempatnyaaa
Ini pas buangeett utk lokasi family time, gathering dll yaaakkk
Dyah (Author roemahaura.com) 12/16/2019 Hapus Komentar
Seru ya kak, kalau masih di medan liat review begini dah meluncurlah kami ke sana. Sayangnya dulu belum tahu kalau budaya land secakep ini.
ceritajalan.com 12/16/2019 Hapus Komentar
Lengkap ya all in one entertainment,, asik banget udah sepuasnya cuma segitu
Chela Ribut Firmawati 12/16/2019 Hapus Komentar
Seru yaaa .. liburan rame-rame apalagi pas akhir tahun.
Nurhilmiyah 12/16/2019 Hapus Komentar
Iss pas x lah ini,, anak² pesantren kk udah pulang liburan ni, bisalah ke Budaya Land, mantap ni baca tulisan Kak Iidyanie
Rach Alida Bahaweres 12/16/2019 Hapus Komentar
Mau banget ke Medan trus mampir ke Budayaland. Ajak anak sih kayaknya lebih pas dan dia pasti happy banget
Mechta 12/16/2019 Hapus Komentar
Waah...ada greenhouse & hidroponik dan tempatnya luaaaas yaa.. Ih, jadi pengen ke sini juga deh..
ellynurul 12/16/2019 Hapus Komentar
Aku ada saudara jauh tinggal di medan, dan memang keluarga kami belum pernah ke medan.. liat tulisan mbak ini jadi ingin berkunjung ke medan juga.. sudah masuk liburan sekolah nih.. ke budayaland aja kali yaa
Linimasaade 12/16/2019 Hapus Komentar
Rame banget liburannya mbak. Budayaland tempat-tempatnya keren.
Hidayah Sulistyowati 12/16/2019 Hapus Komentar
Kirain Budayaland itu semacam tempat mengenal budaya yang ada di Medan dnegan cara asik, seperti kampung budaya di daerah Bogor. Ternyata isinya wahana permainan ya. Seru sih kalo anak-anak udah besar, bisa ikut juga ya
lendyagasshi 12/17/2019 Hapus Komentar
Seruu....mainannya banyak pilihannya.
Kalau untuk anak-anak dibawah 10 tahun, aga kurang wahananya yaa...
Tapi karena banyak tenant jajanan, masih oke bangeett~ menikmati liburan akhir tahun ke Budayaland.
April Hamsa 12/17/2019 Hapus Komentar
Ternyata selain buat keluarga juga bisa buat outbond2 gtu yaa. Lokasinya lumayan luas dan banyak wahana ya, anak2 pastinya seneng nih kalau diajak sama orang tuanya piknik di sini ya mbak :D
Bibi Titi Teliti 12/17/2019 Hapus Komentar
Wah seru sekali tempatnya nih mbak, kalau lagi main ke Medan harus mampir nih!
Super lengkap, anak-anakku pasti kegirangan deh kalau dibawa ke sana
Rini Novita Sari 12/17/2019 Hapus Komentar
bagus mbak tempatnya keknya nyaman buat anak main,,

cuman 30rb mah worth it ini...
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Iya bener mba tiketnya ramah di kantong :)
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Haha sama bang saya pun penasaran mau main paint ball
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Iya bener mba pasti banyak yang ingin berkunjung ke sana :)
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Betul banget mba kece abis
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Cuss ke medan mba dyah :)
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Yoih kak lengkap bet
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Benar bgt mba
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Cuss kak mia liburan ke Budayaland
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Yuk mba mampir ke medan :)
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Iya mba ada area greenfarmnya juga
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Yuk mba mampir ke Medan :)
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Yoih keren bet
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Buat anak2 kecil juga ada wahananya mba
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Buat anak2 kecil juga ada mba, iya banyak tenant jajanan pas akhir tahun nanti
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Pastinya mba, saya juga pengennya ke sini lagi hehe
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Bener bgt mba, yuk mampir ke medan :)
iidyanie 12/17/2019 Hapus Komentar
Iya mba nyaman dan asri banget tempatnya
Ekamustikasari 12/17/2019 Hapus Komentar
Jiahhh telat banget taunya. Huhu kami waktu kemarin ke Medan wisuda adekku bingung mau jalan ke mana. Jadi cuma ke istana Maimun terus kemasjid terus ga jelas wkwkwkw
Indriyanti 12/17/2019 Hapus Komentar
Aih, murmer tapi cukup lengkap ya. Ini mAh anak2 bakalan suka banget karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini
Indah Nuria Savitri 12/17/2019 Hapus Komentar
Budaya land ya mba namanya.. bagus ya fasilotas dan hiburan yang ditawarkan. Good for family
Diah Woro Susanti 12/17/2019 Hapus Komentar
Ini di kota Medannya mba? Seger banget liat foto-fotonya jadi pengen liburan hihih
Uniek Kaswarganti 12/17/2019 Hapus Komentar
Bagi masyarakat Medan dan sekitarnya kudu banget nih tahun baruan di Budayaland. Tawaran acaranya menarik semuaaa.. Tempatnya pun asri gitu ya mba, bisa kerasan main di sana berlama-lama
Monica Anggen 12/17/2019 Hapus Komentar
Budayaland bagus ya, pengen deh ke Medan. Aku belum pernah euy. Mudahan ada waktu, kesempatan, dan dana juga biar bisa eksplorasi ke Medan, khususnya ya main di Budayaland
Dewi adikara 12/17/2019 Hapus Komentar
Wah serunya, semoga Dewi bisa ke Medan suatu saat nanti lalu berlibur ke Budayaland
Sekar 12/17/2019 Hapus Komentar
Permainan tradisionalnya dooong kereen! Jarang-jarang ada tempat berlibur buat keluarga yang nyuguhin kayak warisan budaya kayak gitu. Menghibur sekalian mengedukasi juga kan.
Leyla Hana 12/17/2019 Hapus Komentar
Baru tau nih ada BudayaLand. Oh jadi itu 30K itu cuma tiket masuk ya. Kalau main di wahana harus bayar lagi.
Natara 12/17/2019 Hapus Komentar
Serius aku baru denger soal budayaland ini kak, fix lah kalo ke Medan kudu mampir ke sini
Tira Soekardi 12/18/2019 Hapus Komentar
wah keren ya tempatnya
lita chan lai 12/18/2019 Hapus Komentar
wow, keren banget nih destinasi wisata budayaland...pengen deg kesana. tapi harus medan dulu ya. oke, sip...semoga bisa ke sana. harga tiket vipnya kenapa beda jauh ya kalau weekend
Diary Harumpuspita 12/18/2019 Hapus Komentar
Jadi pengen liburan beneran. Hihi ... Saya sangat tertarik dengan tanaman yang ada di sana.
Bacasinikak.com 12/19/2019 Hapus Komentar
Wih.. asik x main2 kesini.. kalaus ama keluarha apa lagi pas momen parody itu
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Waduh sayang sekali ya mba
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Benar sekali kak
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Yes, that's right mom :)
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Benar banget mba, betah banget bermain di Budayaland
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Yuk sekali2 mampir ke kota Medan mba
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Bener mba biar bisa mengenalkan ke anak2 juga
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Karena weekend lebih banyak pengunjungnya mba jadi beda harganya
iidyanie 12/19/2019 Hapus Komentar
Waduh kalaus tu apa ya dek zik?
Mba Tengu 12/24/2019 Hapus Komentar
Termasuk murah, ya harga tiket masuknya. Padahal di dalemnya lengkap dan asik buat liburan bareng keluarga