Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Udemy : Kursus online yang berkualitas dan terjangkau

udemy kursus online yang berkualitas dan terjangkau

Sejak zaman kuliah dulu saya suka sekali mengikuti kursus untuk menambah skill yang belum saya punya. Khususnya kursus di bidang komputer. Sebelum memasuki dunia kerja baik pekerjaan secara offline maupun pekerjaan online , skill yang dibutuhkan pada umumnya waktu itu adalah Microsoft office : word, excel dan power point. 3 bidang ini adalah primadonanya kursus komputer pada waktu itu. Tempat kursusnya sudah pasti tempat kursus yang primadona juga karena sertifikatnya sudah pasti terjamin untuk bahan pertimbangan melamar pekerjaan. Tidak perduli macet di jalan, jauh dari rumah dan harus berganti-ganti angkot untuk datang ke tempat kursus setiap 2 kali dalam sepekan.

Itu dulu sebelum menikah, belum ada beban dan tanggung jawab yang lain. Sekarang untuk melangkah ke luar rumah saja sulit buat minta izin sama si kecil. Bisa-bisa dicemberutin kalau ketahuan keluar rumah deh. Padahal saya ingin juga menimba ilmu lagi di luar ilmu yang saya dapatkan selain lewat WAG atau grup telegram. Khususnya segala sesuatu tentang blogging dan mengedit gambar untuk blog, infografis dan belajar buat layoutnya. Siapa tahu kalau belajar lagi saya bisa menguasai bidang tersebut.

Saya teringat waktu masih kuliah mempunyai blog personal dan sering berinteraksi dengan teman-teman dunia maya dari belahan benua lain yang kebetulan hobinya sama. Masing-masing mempunyai blog personal, pada mereka yang sudah ahli akan saling berbagi informasi tentang cara mengedit layout blog agar tampak cantik. Bersama-sama saya ikut mempelajari secara otodidak membuat layout blog dengan menggunakan software Microsoft Frontpage, Adobe Photoshop dan juga Corel Draw melalui tutorial langkah yang telah diberikan. Cuma karena tidak diseriuskan belajarnya akhirnya saya hanya mencomot layout blog yang secara sukarela mereka bagikan. Sayang sekali ilmu gratis tersebut akhirnya saya lewatkan dan akhirnya terlupakan seiring berjalannya waktu.

Mendaftar kursus online di Udemy

Niat dalam hati suatu saat saya ingin belajar lagi, kalau bisa secara online saja belajarnya agar waktu buat keluarga tidak terabaikan. Sampai suatu hari saya melihat ada iklan di laman google ketika saya iseng mengetik kursus online yang bagus. Nama Udemy berada pada urutan paling atas laman pertama pencarian Google. Karena penasaran saya pun mencari tahu tentang kursus online ini juga isi kursus di dalamnya.

Udemy.com is an online learning platform. It is aimed at professional adults who want to add new skills to their resumes, or explore their passions.
Udemy berdiri di tahun 2010 oleh founder-nya Eren Bali, Oktay Caglar dan Gagan Biyani.
dari yang awalnya hanya virtual classroom, Udemy lalu bertransformasi menjadi kelas belajar online terbesar dengan mencapai jumlah 30 juta murid di seluruh dunia dan 50 ribu instruktur kursus ke dalam 60 bahasa yang telah tersedia.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, tidak berapa lama ada tawaran dari teman untuk mengikuti kursus online di Udemy.com dengan harga yang murah. Segera saja saya ambil kursus yang ingin saya pelajari. Ya, apalagi kalau tidak Corel Draw dan Photoshop. Kalau buat profesi desainer grafis ini bidang yang mutlak dipelajari sebelum bidang lainnya. Belajar otodidak terkadang membuat kita tidak pintar yang ada malah jalan di tempat. Saya butuh praktik dalam bentuk videonya agar saya mudah mempelajarinya.
di Udemy rata-rata kursus menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya, tapi tenang saja ada juga terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Sekarang juga banyak yang menggunakan bahasa Indonesia untuk bahasa pengantarnya karena memang ditujukan untuk murid lokal.

Memilih kursus desain grafis

Ada 2 cara untuk menggunakan kursus online Udemy ini. Yaitu dengan menggunakan browser atau aplikasi. Jika ingin menonton videonya di laptop/ komputer cukup dengan menggunakan browser saja.
Tapi jika ingin lebih simpel, maka cukup instal aplikasi Udemy dalam smartphone. Lalu tonton videonya melalui aplikasi tersebut.

Belajar desain grafis : Corel Draw & Photoshop

Langkah pertama untuk mengikuti kursus adalah tentu saja saya harus sign up dahulu, daftarkan email yang aktif lalu kemudian pilih kursus yang ingin diikuti dan klik daftar sekarang (enroll) .
Kursus yang saya pilih adalah kursus Belajar desain grafis dengan tim pengajar dari Jubilee Enterprise.

Overview 
Skill level : Beginner Level
Language : Indonesian
Lectures : 12 steps
Video duration : 10 hours

Kebetulan kursus ini menggunakan bahasa Indonesia jadi akan lebih mudah mempelajarinya.
Durasi waktu belajar kurang lebih 10 jam dan dalam bentuk video pembelajaran.
Bidang desain grafis untuk pemula ini antara lain adalah menggambar dengan menggunakan Corel Draw dan Adobe Photoshop. Pembagian waktu untuk keduanya masing-masing 5 jam waktu belajar.
Sedangkan persiapan bagi murid adalah software Corel Draw dan Adobe Photoshop (baik terbitan lama atau yang baru) di dalam laptop ataupun komputer.

kursus desain grafis pemula di udemy
Kursus yang saya ikuti di Udemy

belajar design grafis corel draw di udemy
belajar desain grafis Corel Draw

Konten video pembelajaran desain grafis untuk pemula yang saya pelajari, meliputi :

- Bagian 1 : Dasar-dasar menggambar menggunakan Corel Draw

- Bagian 2 : Menggambar desain yang lebih rumit menggunakan Corel Draw

- Bagian 3 : Desain logo dengan Corel Draw

- Bagian 4 : Desain grafis dengan Photoshop

Video pembelajarannya mudah dicerna, walaupun ada sebagian video yang tidak memiliki suara selama beberapa menit. Itu tidak menjadi persoalan karena petunjuknya sudah jelas dan lengkap dari awal pelajaran.

Berikut adalah contoh Tutorial Desain kado dengan Corel Draw yang saya pelajari dari kursus :

Contoh tutorial Desain kado dengan Corel Draw


belajar tutorial desain kado corel draw di udemy
Sumber : desain grafis pemula
Udemy

1. Sesuai petunjuk buat 1 lingkaran berbentuk elips, duplikatkan ke dalam 3 lingkaran lagi, sehingga menjadi 4 lingkaran. Letakkan ke 4 lingkaran elips dalam tempat yang berbeda.

2. Buat garis lurus antara masing-masing lingkaran, satu berukuran 5 cm satu lafi berukuran 10 cm, sehingga membentuk sebuah kotak tabung 3 dimensi.

3. Beri gambar pita pada kotak yang lebih besar, pita digambar menggunakan lengkungan dengan dibantu tool dalam corel draw. Beri warna merah pada pita yang telah jadi.

4. Pada tutup kotak beri sentuhan pita kecil dengan cara menggambar bidang kerucut yang berposisi terbalik. Beri warna kemudian duplikatkan ke dalam 5 buah kerucut. Beri sedikit warna gradasi merah putih agar sesuai dengan warna pita.

5. Agar tampak semarak, beri gambar hati dalam jumlah banyak pada kotak tabung. Warnai dengan warna yang berbeda-beda.

6. Kado berbentuk kotak tabung pita merah selesai dibuat. Menggambar desain kado menurut saya susah2 gampang, tapi kalau mengikuti instruksinya lebih detil maka akan terasa mudah.

Pada video yang telah selesai saya tonton adalah video yang diberi tanda centang biru di sisi kiri tulisannya. Sedangkan pada video yang belum selesai warna judul tulisan berwarna merah. Jika video pembelajaran hampir selesai 90% maka akan diberikan sertifikat kelulusan (certificate of completion) dari Udemy. Semudah itu, belajar jadi terasa menyenangkan :)

Pembayaran kursus yang mudah

Kursus online di Udemy memang memudahkan. Mulai dari daftar email user, enroll kursus sampai urusan pembayaran. Sebelum memulai kursus, pembayaran harus terlebih dahulu dilakukan agar bisa membuka kursus yang diinginkan. Kecuali kursus tersebut Gratis atau mendapatkan kupon/voucher dari instansi yang bekerja sama dengan Udemy.

Awalnya saya kira pembayaran hanya melalui cc (kartu kredit) saja, tentu hal ini akan menyulitkan bagi pendaftar (murid) asal Indonesia yang jarang menggunakan kartu kredit. Tapi sekarang tidak lagi beragam metode pembayaran bahkan bisa dilakukan dari smartphone saja.

Ada beberapa metode pembayaran pada kursus Udemy , yaitu dengan membayar melalui browser pada laptop atau dengan aplikasi pada smartphone.
Pada browser membayar kursus bisa melalui :
- Bank Transfer
- Bayar via Alfamart
- Bayar via Indomaret
- Dokuwallet
- PayPal

metode pembayaran udemy di browser
Pembayaran melalui browser

Sedangkan jika ingin membayar melalui aplikasi Udemy di smartphone terdapat perbedaan pembayaran, yaitu melalui :
-  Pulsa telepon prabayar atau pasca bayar
-  Kartu debit atau kartu kredit
-  Saldo GoPay
-  Menukarkan kode kupon
-  Saldo Google Play

metode pembayaran kursus via aplikasi udemy
Pembayaran melalui aplikasi udemy

Pada penggunaaan saldo GoPay atau Google Play dengan mudah saldo bisa diisi melalui minimarket terdekat dengan rumah. Jadi kemudahan untuk membayar terasa sekali. Tidak ada deh istilahnya repot dalam pembayaran.

Keuntungan kursus online di Udemy

Mengikuti kursus online di Udemy menurut saya memberikan banyak manfaat, walau pun saya baru sebentar mencicipinya. Adapun kelebihannya antara lain :

  • Waktu kursus fleksibel bisa dipelajari kapan dan di mana saja. Bisa dipelajari baik lewat smartphone, tab, laptop mau pun komputer
  • Akses belajar yang bisa dipelajari kapan saja seumur hidup (lifetime access) asal selalu diingat email dan sandinya :). Materi kursus dapat diunduh, disimpan dan diputar kapan saja.
  • Pilihan kursus yang bervariasi. Ada banyak pilihan kursus yang ditawarkan dan diupdate secara berkala dalam situsnya. Mulai dari kursus komputer, menulis, blog, investasi, dll. Ada kursus yang berbahasa inggris dengan pilihan terjemahan ke berbagai bahasa. Juga ada kursus yang berbahasa indonesia. Materi kursus dan instruktur yang ada di kursus Udemy sudah terjamin kualitasnya.
  • Harga kursus yang terjangkau. Setiap beberapa hari sekali harga berubah sesuai harga diskon yang diberikan. Kadang kala ada kursus yang diberikan secara gratis, oleh karena itu harus jeli agar bisa mendapatkannya tanpa harus membayar
  • Peserta/murid akan mendapatkan sertifikat kelulusan (certificate of completion) apabila telah menyelesaikan 90% video pembelajaran.
kursus desain grafis di udemy
kursus yang diikuti penulis

Ada beberapa kursus yang saya ikuti juga selain kursus desain grafis untuk pemula, antara lain kursus menulis secret sauce of great writing dan creative writing & storytelling. Keduanya secara gratis saya dapatkan.

Oiya, untuk tingkat mahir pada kelas desain grafis yang menggunakan Photoshop, saya merekomendasikan untuk mengikuti kelas Illustrator CC 2019 Masterclass : Master Adobe Illustrator CC with this-in depth training for all levels.
Dengan instruktur kursus Mr. Martin Perhiniak. Instruktur berpengalaman yang sudah memiliki 75 ribu murid di kursus Udemy dan ratingnya 4,6/5. Jumlah murid yang banyak dan rating yang bagus adalah salah satu indikator bahwa kursus dan instrukturnya well recomended untuk diikuti.

Kursus online di Udemy saya rekomendasikan bagi kamu yang ingin meng-upgrade ilmu untuk masa depan dan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda daripada sebelumnya dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang sangat baik. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri dan pilih kursus yang kamu minati ya :)

Sumber :

Udemy
Wikipedia/udemy





47 komentar untuk "Udemy : Kursus online yang berkualitas dan terjangkau"

Aldhi Fajar 9/18/2019 Hapus Komentar
Aku pgn belajar desain grafis,, tapi lebih ke ngegambar manualnya :D
iidyanie 9/18/2019 Hapus Komentar
Wah keren itu mas, saya mah gak pinter gambar manual
Evi Erlinda 9/18/2019 Hapus Komentar
Wah keren nih, online design graphics.
iidyanie 9/19/2019 Hapus Komentar
Yuk belajar online di udemy :)
Priyo harjiyono 9/20/2019 Hapus Komentar
Eh bisa pake doku juga buat bayarnya ya... Mumpung ada saldo gak kepake hehee
Rohyati Sofjan 9/21/2019 Hapus Komentar
Saya varu tahu tentang Udemy, namanya unik. Artinya you academy? Selamat bisa ikut kursus, saya mana bisa ikutan meski pengen karena ilmu blog juga butuh bimbingan, sayangnya sikon gak memungkinkan. Sibuk kelas berat sampai sulit istirahat.
Desain grafis adalah hal yang harus kita kuasai agar bisa mandiri dalam hal mendesain blog. Gak sia-sia belajar karena akan ada ilmu yang diperoleh secara bermanfaat banyak.
Lala 9/23/2019 Hapus Komentar
Wih sudah pakai udemy ya mbak, saya baru tertarik kemarin gara-gara nemu iklan paket buat belajar bahasa di udemy terus bingung ini bayarnya lewat apa, ternyata bisa lewat indomaret juga :D
Dyah (Author roemahaura.com) 9/23/2019 Hapus Komentar
Oh no, kok aku tertarik juga ikut kursusnya kk. Terutama desain grafis untuk pemula, karena memang itu sejalan dengan kegiatan blogger kita ya. Biar bisa bikin gambar sendiri.
Elsa Hayanin Lubis 9/24/2019 Hapus Komentar
Wawaaa dulu dikit kali yg tau udemy. Bahkan saya tau stlh dikasi tugas dikerjaan dibandingin platform ruangguru sm ini. Eh eh skrg makin bagus ajaaa ya dia. Jd lbh mudah jg digunakan hehe thanks for sharing kak. Btw udh pernah ikut kelasnya?
jendelamamak 9/26/2019 Hapus Komentar
Jadi pengen tau lebih tentang udemy. Kalo mau belajar tentang blog writing bisa juga kali ya kak Id. Makasi infonya kakak...
Nurhilmiyah 9/27/2019 Hapus Komentar
Saya ikut kursus ol udah beberapa kali. Tp kl Udemy ini blm pernah sih. Btw mmg sih gak perlu ninggalin si kecil, tp saya parno kl liat mata anak minta waktu ibunya asik online melulu, huhuu. Pinginnya one day kl anak² udah mandiri br belajar betul², ah entahlah... Selama ni smua-muanya dikerjain sambil jalan. Ups curcol nih yaa... Tfs Id, mantul tulisannya.
blogger parenting 9/27/2019 Hapus Komentar
Saya kalo desain grafis agak manja kak.. hahaha, gak mau dibilang gaptek. Maunya harus ada orangnya langsung biar semakin ngerti.
Tapi dengan biaya lumayan terjangkau patut dicoba ya udemy ini.
nurul rahma 9/27/2019 Hapus Komentar
Asyik nih UDEMY
Bisa diikuti siapa aja, kapan aja dgn biaya terjangkau ya Mak
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Bang Day 9/27/2019 Hapus Komentar
Gak perlu susah payah ke tempat kursus biasa yah. Dan belum tentu ada di dekat kita.
Saya pernah ngikut kursus onlen english. Lumayanlah nambah ilmu hehe
Indah Nuria Savitri 9/28/2019 Hapus Komentar
Kalau banyak pilihan untuk kursus online begini asyiiik yaaa.. aku pengen ceeek aaah
Raisa Hakim 9/28/2019 Hapus Komentar
Aku baru baca juga di postingan lain tentang udemy dan takjub disini bahas kursus online desain grafis nya, benar-benar lengkap
Riawani Elyta 9/28/2019 Hapus Komentar
Wah terima kasih banget infonya. Desain grafis memang sangat dibutuhkan sekarang ini utk pekerja digital
Bibi Titi Teliti 9/28/2019 Hapus Komentar
Wah, untuk emak-emak yang susah keluar rumah seperti kita emang butuh banget lho kursus online kayak gini yah mbak. Apalagi desain grafis, wah super berfaedah banget sih. Mau lihat-lihat dulu ah ke Udemy.
Farida Pane 9/28/2019 Hapus Komentar
Enak dong ya kursus online di sini. Mudah, fleksibel dan yang pastinya bermanfaat
Dewi adikara 9/28/2019 Hapus Komentar
Wah pingin cobain juga Udemy, paling suka kalau belajar lalu bisa keluarin sertifikat. Jadi bisa referensi buatvlangkah berikutnya��
Dizaz 9/28/2019 Hapus Komentar
Wah,,, keren banget bisa belajar desain grafis secara online.
Jadi ikutan penasaran dengan Udemy ini, sepertinya banyak pilihannya juga ya, mba.
Syafriana Sitorus 9/28/2019 Hapus Komentar
Wah pantesan blog kaka designnya bagus ya kk. Terus baru tau juga ada kursus yg gek gitu di platformnya. Tak kirain hanya ruangg*** doang kak. Itu pun utk anak sekolah.
Makasi kak infonya. Langsung tak screencapture
Herva Yulyanti 9/29/2019 Hapus Komentar
Belum pernah kursus online sih mba penasaran nih sama corel dulu belajar pas sma aja sih bari ga bisa juga hahaha
Nurul Fitri Fatkhani 9/29/2019 Hapus Komentar
Kita memang harus terus up grade kemampuan kita ya, terus belajar.
Kalau memang gak bisa keluar rumah memang lebih baik online aja
Jiah Al Jafara 9/29/2019 Hapus Komentar
Ya ampun! Baru tahu kita bisa Belajar desain grafis secara online gini. Kukira yang ada hanya kursus bahasa. Aku dulu belajar corel, photoshop secara otodidak. Sekarang malah lupa karena udah jarang pake
lendyagasshi 9/29/2019 Hapus Komentar
Waah...pemilihan cara pembayarannya ada banyak macamnya yaa..
Jadi pengin ikutan belajar jugaa...

Dan yang terpenting diajarin bener step by stepnya.
Soalnya kalau bahasa tulisan, kadang suka bingung. Pakai video lebih memudahkan...
Lina W. Sasmita 9/29/2019 Hapus Komentar
Pengen banget daftar. Baru ingat ingin belajar coreldraw dan photoshop soalnya banyak ilmu desain grafis yang belum saya bisa sama sekali.
Rohyati Sofjan 9/29/2019 Hapus Komentar
Sepertinya saya harus coba belajar di Udemy juga, gak bisa desain apa pun padahal kegiatan blogging butuh ilmu tambahan agar tampilan blog cakep. Mbak Iid keren sudah ikutan. Saya jadi pengen kalau ada dananya. Semoga saja ada, ya. Tapi lupa, nih. Netbook saya ternyata tidak menunjang untuk belajar karena sudah uzur dan aplikasinya kerap hang. Semoga ada rezeki untuk beli laptop baru.
Rach Alida Bahaweres 9/29/2019 Hapus Komentar
Aku jadi pengen belajar online nih mba. Soalnya biar bisa menyempatkan buat belajar online nambah ilmu uya mba. Kalau harus hadir di kelas, kuatir nggak cukup waktu
April Hamsa 9/29/2019 Hapus Komentar
Zaman sekarang makin banyak ya kursus online. Ini kyk memfasilitasi org2 yang sibuk bekerja, gak ada waktu, tp masih pengen mengembangkan hobi dan pengen punya skill tertentu TFS
Nia K. Haryanto 9/29/2019 Hapus Komentar
Duh, baca-baca tentang Udemy bikin penasaran. Jadi kepengen tahu ada kursus online apa aja di sana. Kepengen deh nambah skill baru. Biar gak cepet tua dan gak kudet. Segera ke tekape aaaaaah...
Arda Sitepu 9/29/2019 Hapus Komentar
Mau banget kursus online di Udemy ini mbak, apalagi bisa belajar desain yang menambah pengetahuan untuk mempercantik konten.
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 9/29/2019 Hapus Komentar
Senang Mbak pasti kalau bisa kursus online
Apalagi bisa nambah ilmu soal blog
Saya sendiri pengen nanti pasca lahiran mau fokus biar expert
Kurnia amelia 9/29/2019 Hapus Komentar
Jadi dimana pun kita bisa ambil kursus seuai yang kita ingin kan ya,, praktis banget nih ga perlu keluar rumah.
Ainhy Edelweiss 9/29/2019 Hapus Komentar
Wah ad aplikasi nya jg yah Udemy td aq pikir cma bsa di Web, q jg pengen nih kak kursus belajar infografis cz pntg bgt punya skill itu sebagai Blogger
Diary Harumpuspita 9/29/2019 Hapus Komentar
Wuah. Mantap sekali.
Susie Ncuss 9/29/2019 Hapus Komentar
Wuahhh asik banget nih belajar online pake udemy. Jadi penasaran nih buat nyobain sendiri <3
Nyi Penengah 9/29/2019 Hapus Komentar
Udemy keren bisa online juga
Yang jauh dimato aman ya bisa tetep belajar banyak hal dari Udemy. Mau kenalin ke suami ahhh
Ida Raihan 9/29/2019 Hapus Komentar
Dengan adanya Udemy, siapa saja bisa belajar dengan mudah ya Mak, tanpa harsu keluar rumah. Mantap.
Dewi Natalia 9/29/2019 Hapus Komentar
aku udah daftar mbak. Tapi baru sempet belajar 1 modul aja hehehe.
Monica Anggen 9/29/2019 Hapus Komentar
Keren ya, Udemy. Lengkap pilihan materinya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Evyta Ar 9/30/2019 Hapus Komentar
Wahhh ada ya kursus desain grafis online. Indonesia pula. Saya udah lama nyari nyari ini nih. Bookmark dulu infonya. Makasih banyak yaaa kak. Keren infonya
Jeanette Agatha 9/30/2019 Hapus Komentar
Harga kursusnya tidak terlalu mahal juga ya, mbak. Aku jadi penasaran, apa lagi ini kursusnya online. Jadi bisa lebih maksimal juga. Terima kasih informasinya, mbak :)
Yanti Ani 9/30/2019 Hapus Komentar
Ya kakak jaman online sekarang ini, belajar gak harus hadir di ruangan secara fisik, secara online juga bisa dan kalah efektif dengan yang offline
Una El-Anshari 9/30/2019 Hapus Komentar
Ajarin kak Id
Praktekkan ilmunya ke Una hahhaha
Ajarin buat info grafis buat mempercantik artikel di blog
Natara 10/01/2019 Hapus Komentar
Alhamdulillah skarang mah udah erba gampang ya kak, jadi ga ada alasan lagi buat ga belajaar
Citra 10/02/2019 Hapus Komentar
Ini rekomendasi banget untuk teman aku, dia lagi nyari kursus untuk design grafis pemula