Saatnya Jualan Pintar dan Menguntungkan di Marketplace Favorit Blibli.com
Saat ini kita dimudahkan untuk bisa mempunyai penghasilan yang layak tanpa harus menjadi pegawai negeri ataupun karyawan kantor. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang wirausaha.
Menjadi seorang wirausaha dengan usaha yang selalu laris adalah impian semua orang. Bagaimana tidak, dengan usahanya tersebut ia mampu mencukupi hidupnya bahkan gajinya bisa saja melebihi gaji seorang karyawan karena sukses meraup laba yang banyak.
Tapi ternyata untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Saya pernah mencoba berwirausaha setahun yang lalu dengan bisnis online menjual kain jarik karakter dan gendongan bayi (geos) yang siap pakai. Namun usaha saya hanya bertahan setahun saja.
Berbagai hal yang telah saya upayakan demi beroleh omzet yang banyak. Berpromosi ke sosial media tentang produk yang saya jual, juga selalu berpartisipasi mengadakan giveaway agar produk yang dijual dikenal orang banyak dan tidak lupa membuka akun di salah satu marketplace terbesar untuk menjual produk-produknya.
Banyak cara yang telah dilakukan hingga akhirnya saya menyerah untuk berjualan produk saya itu. Memang setahun itu belum ada apa-apanya buat saya yang masih awam berjualan. Ibarat bayi yang masih butuh merangkak dan belajar berjalan.
Butuh waktu untuk menyesuaikan agar bisa berjualan dengan lancar.
Namun, entah apa yang membuat langkah saya terhenti. Saya mencoba untuk mengevaluasi atas kegagalan saya dalam berjualan. Satu kegagalan datang maka jumlah pembeli pun berkurang.
Daftar Isi
Beberapa faktor yang membuat gagalnya usaha jualan online
Gaes, pernah gagal dalam berjualan online tidak seperti saya? Hehe bukannya cari teman lho..tetapi biar saling berbagi saja, siapa tau masalahnya sama. Ada beberapa faktor yang saya simpulkan mengapa dulu saya gagal berhenti berjualan online ini, oke check it out!![]() |
Beberapa faktor gagalnya usaha online Infografis oleh iidyanie.com |
Foto produk yang tidak menarik
Foto yang ditampilkan baik dalam situs marketplace ataupun sosial media memegang peranan penting untuk keberhasilan penjualan. Foto produk yang standar ala kadarnya membuat orang mengernyit dan tidak tertarik.Sedangkan foto produk yang bagus dan menarik akan mengundang orang untuk bertanya hingga kemudian memutuskan untuk membeli. Dibutuhkan skill yang baik untuk membuat foto produk jadi menarik. Jika tidak punya kemampuan tersebut bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh situs marketplace bila mereka mempunyai fitur tersebut.
![]() |
Contoh foto produk yang kurang menarik Foto : dokumen pribadi |
Keterbatasan produk
Produk yang terbatas disediakan oleh si penjual juga mempengaruhi keberhasilan penjualan. Penjual harus jeli akan keinginan pembeli dengan memberikan pilihan ketersediaan produk. Sistem PO sebenarnya memudahkan bagi si penjual tapi tidak semua pembeli mau berlama-lama menunggu produk yang dibeli alias hanya ingin membeli produk yang ready (Ready stock). Nah, saya terjebak di sistem PO ini.Ongkir produk yang tidak murah
Ongkos kirim produk antara satu tempat ke tempat lainnya tidak sama dan tidak murah. Hal ini yang menyebabkan pembeli mengurungkan niatnya untuk berbelanja hanya karena ongkis kirim yang tidak murah.Kalaupun ada yang membeli banyak pembeli yang meminta ongkir murah, alhasil saya jadi nombok deh.
Layanan ongkir produk yang murah ataupun gratis merupakan layanan idaman yang seharusnya ada pada setiap situs marketplace. Ongkir produk yang murah bahkan gratis pastinya menguntungkan antara penjual dan pembeli.
Proses pengiriman yang sulit
Proses pengiriman yang sulit dan pengemasan produk yang apa adanya akan membuat pengiriman jadi terhambat. Resikonya produk akan terlambat sampai di tangan pembeli, mudah rusak bahkan hilang. Oleh karena itu dibutuhkan proses pengiriman yang mudah dan packaging produk yang baik agar proses pengiriman berjalan lancar.Strategi penjualan yang salah
Penjualan yang lancar berarti telah sesuai strategi penjualannya. Sebaliknya kalau strateginya salah penjualan akan berakhir mandek bahkan gagal total. Saat itu saya akui hanya bermodal nekad dan minim ilmu akan strategi penjualan pada jualan online. Untuk itu sebagai seorang penjual butuh serangkaian ilmu dan pengetahuan akan cara penjualan yang baik dan benar agar suatu saat beroleh omzet yang baik pula. Intinya penjual butuh ilmu berjualan secara tepat dan konsisten.Bagaimana caranya mengatasi kegagalan tersebut?
Seorang teman menyarankan saya untuk jual online di marketplace yang sudah dikenal dengan baik reputasinya karena semua faktor yang menyebabkan saya gagal bisa diatasi semuanya dengan langkah yang mudah.
Siapa sih yang tidak tahu dengan marketplace berwarna biru ini.
Blibli.com, marketplace ini bekerjasama dengan penyedia jasa teknologi, lebih dari 31 mitra logistik , mitra perbankan juga mitra dagang dengan kriteria tertentu guna memenuhi standar kebutuhan pengguna Blibli.
Tentunya sebelum saya mendaftar menjadi penjual di Blibli.com saya harus mempelajari secara detil keuntungan apa saja yang bisa saya peroleh dengan menjadi penjual/seller di Blibli.com ini, juga keuntungan dan kemudahan yang didapat juga ketika saya menjadi seorang pembeli.
Untungnya berjualan di Blibli.com
Sebuah Marketplace yang baik tentunya selain memuaskan para penggunanya yang dalam hal ini pembeli, juga seharusnya memuaskan para penjual atau mitra dagangnya karena mereka juga bagian dalam kesuksesan sebuah marketplace. Untungnya berjualan di Blibli.com penjual mendapatkan beragam benefit yang tidak sedikit dari fasilitas dan layanan yang oke di Blibli.com Ini yang membuat saya tertarik. Apa sajakah itu?![]() |
Keuntungan berjualan di Blibli.com Infografis oleh : iidyanie.com |
1. Gratis foto produk dan upload foto produk di Blibli.com
FYI nih, Blibli.com menyediakan fasilitas spesial untuk Blibli Seller, yaitu foto produk dan upload foto produk.
Produk yang dijual akan difoto dengan kualitas yang sangat baik dan tentunya sesuai dengan standar Blibli. Selain itu juga menyediakan model profesional khusus untuk produk fashion.
Penjual tinggal hubungi Merchant Care untuk mendaftarkan produknya dan mengetahui keterangan lebih lanjut.
Layanan ini bermanfaat sekali buat yang tidak punya skill fotografi produk yang menarik. Blibli sudah menyediakan layanannya, gratis!Penjual tinggal hubungi Merchant Care untuk mendaftarkan produknya dan mengetahui keterangan lebih lanjut.
![]() |
Gratis foto produk dari Blibli.com Foto : @blibliseller |
Dalam hal upload foto produk juga dimudahkan. Upload foto bisa ditambahkan satu persatu atau secara massal. Produk lebih cepat tampil karena sudah ada data produk yang sudah terdaftar. Kategori produk pun sudah diklasifikasikan dalam 16 kategori utama dan puluhan sub kategori yang sudah disusun secara runut. Hal ini memudahkan bagi penjual dalam menemukan produknya sendiri.
2. Layanan gratis dalam pengiriman
Layanan lainnya yang disediakan oleh Blibli.com adalah gratis ongkos kirim, gratis packaging/kemasan barang pesanan, dan asuransi pengiriman. Layanan gratis ongkir adalah layanan yang sangat disukai pembeli, sama halnya dengan layanan gratis packaging yang sangat menguntungkan bagi penjual.3. Fasilitas Belajar jualan online secara online dan offline
Nah, ini dia salah satu yang saya butuhkan. Dulunya saya hanya berbekal ilmu nekad saja. Karena selama ini saya belum menemukan wadah yang tepat untuk belajar jualan online.Itupun saya lakukan tanpa ilmu yang mumpuni, alias langsung nyemplung saja berjualan hihi..Sedangkan WAG komunitas berjualan di daerah saya tidak secara spesifik membagikan ilmunya.
Di Blibli.com fasilitas berupa ilmu dan pengetahuan tentang strategi berjualan secara tepat dan konsisten bisa saya dapatkan secara online maupun offline.
![]() |
Belajar di Blibli University Foto : @blibliseller |
Belajar Secara online :
Di Blibli.com ada fasilitas belajar online melalui Blibli University. Di sini saya bisa mendapatkan pelajaran tutorial bagaimana memulai bisnis, video learning juga artikel pengembangan bisnis online yang selalu diperbaharui informasinya. Blibli university juga hadir dalam bentuk seminar offline seperti Google x Blibli yang telah diadakan akhir bulan Juli lalu.
Selain itu bisa belajar dalam Webinar yang diadakan 2 kali dalam seminggu dengan topik yang menarik seperti strategi penjualan, tips dan trik berjualan online, cara mengoptimalkan layanan, cara mengoptimalkan produk, dll. Layanan belajar online lainnya adalah Ngobrol Santai Blibli seller dengan topik yang berbeda beda hari Rabu setiap minggunya di Instagram secara live. Jadwal IGnya bisa dilihat di akun sosial media instagram Blibli.com @blibliseller
Belajar Secara offline :
Selain online, pastinya lebih asyik kalau ada fasilitas belajar secara offline. Bertatap muka langsung dengan tim pengajar dari Blibli.com. Setiap 2 kali dalam seminggu selalu ada Training MTA (Merchant Tool Application) yang ditujukan buat member Blibliseller yang ingin mengikuti pelatihan menggunakan aplikasi berjualan online khusus Blibli seller.
Offline training rutin dilakukan di kantor Blibli.com baik di Jakarta, Surabaya dan Bandung, sesekali juga diadakan di kota Medan. Wah saya tambah tertarik untuk menjadi Blibli seller nih karena pastinya akan bertambah pintar dengan ilmu yang didapat dan berjualan menjadi tambah menguntungkan :)
Belajar online dan offline ini bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri pada MTA Blibli.com (merchant tool application).
4. Komunitas seller Blibli.com tersedia di setiap daerah
Lalu bagaimana dengan komunitasnya? Tenang, Blibli.com sudah menciptakan wadahnya yaitu Komunitas Blibli Seller. Komunitasnya sudah tersebar di berbagai daerah. Setiap sebulan sekali selalu diadakan kopdar antara komunitas penjual dengan tajuk Ngopiyuk#2.Ngopiyuk merupakan ajang pertemuan sesama penjual dan tim internal Blibli.com. Melalui acara ini sesama penjual bisa saling berdiskusi, bertukar pengalaman, saling berbagi informasi, tips dan trik seputar berjualan di Blibli.com. Informasi seputar komunitas seller ini bisa dilihat di akun sosial media instagram Blibli.com.
![]() |
Kopdar komunitas blibli seller di medan Foto : @blibliseller |
5. Layanan Merchant Care yang selalu tanggap
Layaknya layanan untuk pembeli yang selalu hadir 24 jam, untuk penjual pun juga ada layanannya, yaitu layanan Merchant care. Merchant care melayani keluhan penjual secara tanggap dan ramah dari jam 08.00-22.00 , dari hari senin sampai minggu layanan merchant care selalu ada melayani.Lalu bagaimana cara menikmati semua keuntungan berjualan di Blibli.com ini?
Gaes tidak perlu pusing lagi deh, tinggal klik-klik saja semua urusan pasti beres.
Cara berjualan di Blibli.com
- Klik daftar sebagai Penjual di halaman merchant corner Blibli.com
- Lengkapi data diri sebenarnya dengan melampirkan KTP dan NPWP untuk merchant perorangan dan untuk merchant perusahaan sediakan dokumen yang lebih lengkap. (NPWP perusahaan, Akta, SIUP, dll)
- Tunggu proses validasi menjadi seller maksimal 2x24 jam kerja
- Bila telah divalidasi sebagai penjual saat nya upload foto dan isi data produk pada aplikasi seller yang telah disediakan
- Respon pesanan dalam bentuk sms dan email. Segera proses pesanan sesuai dengan produk yang dipesan
- Pembayaran produk akan terkonfirmasi setelah barang diterima dengan baik oleh pembeli
Nah, mudah sekali alurnya kan gaes, kapan lagi bisa berjualan pintar karena sudah menggunakan full fasilitas dan layanan menarik dan juga mendapatkan "ilmu" yang banyak di Blibli.com, alhasil berjualan jadi tambah menguntungkan deh. Kok jadi seller begitu dimanjakan dengan segudang benefitnya begini ya, saya jadi tidak sabar nih mau berjualan lagi. Yuk berjualan di Blibli.com, Jualan untung gak tanggung tanggung !!!
Credit :
Infografis by Canva
Foto dokumen pribadi
dan foto @blibliseller IG
52 komentar untuk "Saatnya Jualan Pintar dan Menguntungkan di Marketplace Favorit Blibli.com"
blibli mantap, ada fasilitas belajar online. Jadi ingin ikut nih
Tapi kalo shopping saya suka di blibli.com
Sering ada free ongkir nya hehe
Salut pada kegigihan Mbak Iid untuk kembali bangkit. Jangan nyerah, ya. Kendala yang pernah dialami dan Mbak paparkan bisa sangat membantu orang awam untuk belajar langkah bisnis yang benar. Detailnya merupakan hasil pengalaman pribadi.
Saya bisa tahu bahwa Blibli ternyata marketplace yang lengkap pelayanannya. Soal foto produk itu memang kelemahan penjual. Bikin foto bagus butuh ilmu.
Dan asyiknya ada belajar bisnis bareng. Itu sangat membantu untuk booster semangat juga 😘
Kasih kelas workhop online, offline, bikin komunitas juga
ehhh plus gratis photo produk!
Keren buangeeett ini mah
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Apakah sudah ada di setiap kota atau gimana?
Aku pelajari tips-tipsnya supaya bisa jualan online ya mbak, tapi aku aja masih bingung mau masarin produk apa :)
Asyik banget ya Blibli sekarang menydiakan fasilitas foto produk bisa bantu orang yang kurang ahli dalam fotografi
Laris manis yaa..
Dengan banyak ilmu marketing yang dipelajari bersama-sama di tim.
Mohon maaf Link Hidup, juga Link langsung menuju artikel dan user UNKNOWN tidak akan saya tampilkan karena akan menyebabkan broken link bagi blog saya.
Terima kasih atas pengertiannya 🙏😊