Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saatnya Jualan Pintar dan Menguntungkan di Marketplace Favorit Blibli.com

jualan pintar dan menguntungkan di marketplace blibli


Saat ini kita dimudahkan untuk bisa mempunyai penghasilan yang layak tanpa harus menjadi pegawai negeri ataupun karyawan kantor. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang wirausaha.

Menjadi seorang wirausaha dengan usaha yang selalu laris adalah impian semua orang. Bagaimana tidak, dengan usahanya tersebut ia mampu mencukupi hidupnya bahkan gajinya bisa saja melebihi gaji seorang karyawan karena sukses meraup laba yang banyak.

Tapi ternyata untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah. Saya pernah mencoba berwirausaha setahun yang lalu dengan bisnis online menjual kain jarik karakter dan gendongan bayi (geos) yang siap pakai. Namun usaha saya hanya bertahan setahun saja.

Berbagai hal yang telah saya upayakan demi beroleh omzet yang banyak. Berpromosi ke sosial media tentang produk yang saya jual, juga selalu berpartisipasi mengadakan giveaway agar produk yang dijual dikenal orang banyak dan tidak lupa membuka akun di salah satu marketplace terbesar untuk menjual produk-produknya.

Banyak cara yang telah dilakukan hingga akhirnya saya menyerah untuk berjualan produk saya itu. Memang setahun itu belum ada apa-apanya buat saya yang masih awam berjualan. Ibarat bayi yang masih butuh merangkak dan belajar berjalan.

Butuh waktu untuk menyesuaikan agar bisa berjualan dengan lancar.
Namun, entah apa yang membuat langkah saya terhenti. Saya mencoba untuk mengevaluasi atas kegagalan saya dalam berjualan. Satu kegagalan datang maka jumlah pembeli pun berkurang.

Beberapa faktor yang membuat gagalnya usaha jualan online 

Gaes, pernah gagal dalam berjualan online tidak seperti saya? Hehe bukannya cari teman lho..tetapi biar saling berbagi saja, siapa tau masalahnya sama. Ada beberapa faktor yang saya simpulkan mengapa dulu saya gagal berhenti berjualan online ini, oke check it out!

faktor gagalnya usaha jualan online
Beberapa faktor gagalnya usaha online
Infografis oleh iidyanie.com

Foto produk yang tidak menarik

Foto yang ditampilkan baik dalam situs marketplace ataupun sosial media memegang peranan penting untuk keberhasilan penjualan. Foto produk yang standar ala kadarnya membuat orang mengernyit dan tidak tertarik.

Sedangkan foto produk yang bagus dan menarik akan mengundang orang untuk bertanya hingga kemudian memutuskan untuk membeli. Dibutuhkan skill yang baik untuk membuat foto produk jadi menarik. Jika tidak punya kemampuan tersebut bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh situs marketplace bila mereka mempunyai fitur tersebut.

foto produk tidak menarik
Contoh foto produk yang kurang menarik
Foto : dokumen pribadi


Keterbatasan produk

Produk yang terbatas disediakan oleh si penjual juga mempengaruhi keberhasilan penjualan. Penjual harus jeli akan keinginan pembeli dengan memberikan pilihan ketersediaan produk. Sistem PO sebenarnya memudahkan bagi si penjual tapi tidak semua pembeli mau berlama-lama menunggu produk yang dibeli alias hanya ingin membeli produk yang ready (Ready stock). Nah, saya terjebak di sistem PO ini.

Ongkir produk yang tidak murah

Ongkos kirim produk antara satu tempat ke tempat lainnya tidak sama dan tidak murah. Hal ini yang menyebabkan pembeli mengurungkan niatnya untuk berbelanja hanya karena ongkis kirim yang tidak murah.

Kalaupun ada yang membeli banyak pembeli yang meminta ongkir murah, alhasil saya jadi nombok deh.
Layanan ongkir produk yang murah ataupun gratis merupakan layanan idaman yang seharusnya ada pada setiap situs marketplace. Ongkir produk yang murah bahkan gratis pastinya menguntungkan antara penjual dan pembeli.

Proses pengiriman yang sulit

Proses pengiriman yang sulit dan pengemasan produk yang apa adanya akan membuat pengiriman jadi terhambat. Resikonya produk akan terlambat sampai di tangan pembeli, mudah rusak bahkan hilang.  Oleh karena itu dibutuhkan proses pengiriman yang mudah dan packaging produk yang baik agar proses pengiriman berjalan lancar.

Strategi penjualan yang salah

Penjualan yang lancar berarti telah sesuai strategi penjualannya. Sebaliknya kalau strateginya salah penjualan akan berakhir mandek bahkan gagal total. Saat itu saya akui hanya bermodal nekad dan minim ilmu akan strategi penjualan pada jualan online. Untuk itu sebagai seorang penjual butuh serangkaian ilmu dan pengetahuan akan cara penjualan yang baik dan benar agar suatu saat beroleh omzet yang baik pula. Intinya penjual butuh ilmu berjualan secara tepat dan konsisten.

Bagaimana caranya mengatasi kegagalan  tersebut?


Seorang teman menyarankan saya untuk jual online di marketplace yang sudah dikenal dengan baik reputasinya karena semua faktor yang menyebabkan saya gagal bisa diatasi semuanya dengan langkah yang mudah.
Siapa sih yang tidak tahu dengan marketplace berwarna biru ini.

Blibli.com, marketplace ini bekerjasama dengan penyedia jasa teknologi, lebih dari 31 mitra logistik , mitra perbankan juga mitra dagang dengan kriteria tertentu guna memenuhi standar kebutuhan pengguna Blibli.

Tentunya sebelum saya mendaftar menjadi penjual di Blibli.com saya harus mempelajari secara detil keuntungan apa saja yang bisa saya peroleh dengan menjadi penjual/seller di Blibli.com ini, juga keuntungan dan kemudahan yang didapat juga ketika saya menjadi seorang pembeli.

Untungnya berjualan di Blibli.com

Sebuah Marketplace yang baik tentunya selain memuaskan para penggunanya yang dalam hal ini pembeli, juga seharusnya memuaskan para penjual atau mitra dagangnya karena mereka juga bagian dalam kesuksesan sebuah marketplace. Untungnya berjualan di Blibli.com penjual mendapatkan beragam benefit yang tidak sedikit dari fasilitas dan layanan yang oke di Blibli.com Ini yang membuat saya tertarik. Apa sajakah itu?

untungnya berjualan di bliblicom
Keuntungan berjualan di Blibli.com
Infografis oleh : iidyanie.com


1. Gratis foto produk dan upload foto produk di Blibli.com

FYI nih, Blibli.com menyediakan fasilitas spesial untuk Blibli Seller, yaitu foto produk dan upload foto produk.
Produk yang dijual akan difoto dengan kualitas yang sangat baik dan tentunya sesuai dengan standar Blibli. Selain itu juga menyediakan model profesional khusus untuk produk fashion.

Penjual tinggal hubungi Merchant Care untuk mendaftarkan produknya dan mengetahui keterangan lebih lanjut.
Layanan ini bermanfaat sekali buat yang tidak punya skill fotografi produk yang menarik. Blibli sudah menyediakan layanannya, gratis!

gratis foto produk dan model di bliblicom
Gratis foto produk dari Blibli.com
Foto : @blibliseller

Dalam hal upload foto produk juga dimudahkan. Upload foto bisa ditambahkan satu persatu atau secara massal. Produk lebih cepat tampil karena sudah ada data produk yang sudah terdaftar. Kategori produk pun sudah diklasifikasikan dalam 16 kategori utama dan puluhan sub kategori yang sudah disusun secara runut. Hal ini memudahkan bagi penjual dalam menemukan produknya sendiri.

2. Layanan gratis dalam pengiriman

Layanan lainnya yang disediakan oleh Blibli.com adalah gratis ongkos kirim, gratis packaging/kemasan barang pesanan, dan asuransi pengiriman. Layanan gratis ongkir adalah layanan yang sangat disukai pembeli, sama halnya dengan layanan gratis packaging yang sangat menguntungkan bagi penjual.

3. Fasilitas Belajar jualan online secara online dan offline

Nah, ini dia salah satu yang saya butuhkan. Dulunya saya hanya berbekal ilmu nekad saja. Karena selama ini saya belum menemukan wadah yang tepat untuk belajar jualan online.Itupun saya lakukan tanpa ilmu yang mumpuni, alias langsung nyemplung saja berjualan hihi..
Sedangkan WAG komunitas berjualan di daerah saya tidak secara spesifik membagikan ilmunya.
Di Blibli.com fasilitas berupa ilmu dan pengetahuan tentang strategi berjualan secara tepat dan konsisten bisa saya dapatkan secara online maupun offline.

belajar berjualan online di blibli university
Belajar di Blibli University
Foto : @blibliseller

Belajar Secara online :

Di Blibli.com ada fasilitas belajar online melalui Blibli University. Di sini saya bisa mendapatkan pelajaran tutorial bagaimana memulai bisnis, video learning juga artikel pengembangan bisnis online yang selalu diperbaharui informasinya. Blibli university juga hadir dalam bentuk seminar offline seperti Google x Blibli yang telah diadakan akhir bulan Juli lalu.

Selain itu bisa belajar dalam Webinar yang diadakan 2 kali dalam seminggu dengan topik yang menarik seperti strategi penjualan, tips dan trik berjualan online, cara mengoptimalkan layanan, cara mengoptimalkan produk, dll. Layanan belajar online lainnya adalah Ngobrol Santai Blibli seller dengan topik yang berbeda beda hari Rabu setiap minggunya di Instagram secara live. Jadwal IGnya bisa dilihat di akun sosial media instagram Blibli.com @blibliseller

Belajar Secara offline :

Selain online, pastinya lebih asyik kalau ada fasilitas belajar secara offline. Bertatap muka langsung dengan tim pengajar dari Blibli.com. Setiap 2 kali dalam seminggu selalu ada Training MTA (Merchant Tool Application) yang ditujukan buat member Blibliseller yang ingin mengikuti pelatihan menggunakan aplikasi berjualan online khusus Blibli seller.

Offline training rutin dilakukan di kantor Blibli.com baik di Jakarta, Surabaya dan Bandung, sesekali juga diadakan di kota Medan. Wah saya tambah tertarik untuk menjadi Blibli seller nih karena pastinya akan bertambah pintar dengan ilmu yang didapat dan berjualan menjadi tambah menguntungkan :)
Belajar online dan offline ini bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri pada MTA Blibli.com (merchant tool application).

4. Komunitas seller Blibli.com tersedia di setiap daerah

Lalu bagaimana dengan komunitasnya? Tenang, Blibli.com sudah menciptakan wadahnya yaitu Komunitas Blibli Seller. Komunitasnya sudah tersebar di berbagai daerah. Setiap sebulan sekali selalu diadakan kopdar antara komunitas penjual dengan tajuk Ngopiyuk#2.

 Ngopiyuk merupakan ajang pertemuan sesama penjual dan tim internal Blibli.com. Melalui acara ini sesama penjual bisa saling berdiskusi, bertukar pengalaman, saling berbagi informasi, tips dan trik seputar berjualan di Blibli.com. Informasi seputar komunitas seller ini bisa dilihat di akun sosial media instagram Blibli.com.

komunitas blibli seller ngopiyuk medan
Kopdar komunitas blibli seller di medan
Foto : @blibliseller

5. Layanan Merchant Care yang selalu tanggap

Layaknya layanan untuk pembeli yang selalu hadir 24 jam, untuk penjual pun juga ada layanannya, yaitu layanan Merchant care. Merchant care melayani keluhan penjual secara tanggap dan ramah dari jam 08.00-22.00 , dari hari senin sampai minggu layanan merchant care selalu ada melayani.

Lalu bagaimana cara menikmati semua keuntungan berjualan di Blibli.com ini?
Gaes tidak perlu pusing lagi deh, tinggal klik-klik saja semua urusan pasti beres.

Cara berjualan di Blibli.com

  • Klik daftar sebagai Penjual di halaman merchant corner Blibli.com
  • Lengkapi data diri sebenarnya dengan melampirkan KTP dan NPWP untuk merchant perorangan dan untuk merchant perusahaan sediakan dokumen yang lebih lengkap. (NPWP perusahaan, Akta, SIUP, dll)
  • Tunggu proses validasi menjadi seller maksimal 2x24 jam kerja
  • Bila telah divalidasi sebagai penjual saat nya upload foto dan isi data produk pada aplikasi seller yang telah disediakan
  • Respon pesanan dalam bentuk sms dan email. Segera proses pesanan sesuai dengan produk yang dipesan
  • Pembayaran produk akan terkonfirmasi setelah barang diterima dengan baik oleh pembeli

Nah, mudah sekali alurnya kan gaes, kapan lagi bisa berjualan pintar karena sudah menggunakan full fasilitas dan layanan menarik dan juga mendapatkan "ilmu" yang banyak di Blibli.com, alhasil berjualan jadi tambah menguntungkan deh. Kok jadi seller begitu dimanjakan dengan segudang benefitnya begini ya, saya jadi tidak sabar nih mau berjualan lagi. Yuk berjualan di Blibli.com, Jualan untung gak tanggung tanggung !!!

Credit : 
Infografis by Canva
Foto dokumen pribadi 
dan foto @blibliseller IG




52 komentar untuk "Saatnya Jualan Pintar dan Menguntungkan di Marketplace Favorit Blibli.com"

blogger parenting 8/14/2019 Hapus Komentar
Kalo gak punya npwp cemana ya kak iid?
iidyanie 8/14/2019 Hapus Komentar
Klo untuk perorangan npwp optional kak icha
Ursula Meta Rosarini 8/14/2019 Hapus Komentar
Pengen bgt rasanya aku resign dr kantro trs jualan onlen dr rumah gitu, tp masih byk pertimbangan, belum berani nglepas kerjaan hahaha
www.jejakbunda.com 8/14/2019 Hapus Komentar
Wah,perlu berguru tatap muka sekian SKS nih sama kak iid
iidyanie 8/14/2019 Hapus Komentar
Disambi saja mba selagi kerja asal gak keganggu kerjanya :)
iidyanie 8/14/2019 Hapus Komentar
Ilmu berjualan saya masih cetek kak shisca hehe
Syafriana Sitorus 8/15/2019 Hapus Komentar
Pengen nyoba pake bibli.com juga kak. Selama ini selalu optionnya s*ope* .. Makasi infonya kak.
Bang Doel 8/15/2019 Hapus Komentar
Di BliBli ada layanan foto studio gratis juga ya buat penjualnya. Sayangnya kalau penjualnya di daerah jadi berat di ongkos buat photoshoot. Hmmm
jendelamamak 8/15/2019 Hapus Komentar
Belum pernah pake blibli.com. Ada gratis ongkir nya juga ternyata ya. Kirain cuma lapak tetangga yang punya promo free ongkir. Makasi infonya ya kak..
Djangkaru Bumi 8/15/2019 Hapus Komentar
Kalau saya keterbatasan produk yang ingin dijual.
blibli mantap, ada fasilitas belajar online. Jadi ingin ikut nih
iidyanie 8/15/2019 Hapus Komentar
Cabang Blibli sudah tersebar di beberapa kota bang, jadi ongkos gak terlalu berat :)
iidyanie 8/15/2019 Hapus Komentar
Ya kak sekali2 pake marketplace yg lain biar tau fasilitasnya apa aja :)
iidyanie 8/15/2019 Hapus Komentar
Ya kak skrg gratis ongkir udh wajib buat marketplace hihi
iidyanie 8/15/2019 Hapus Komentar
Yok bang belajar online bareng di blibli.com
Anonim 8/16/2019 Hapus Komentar
Id...kalau jualan di blibli ini kudu nyetok apa bisa dropship juga?
LinRaNa Mom 8/16/2019 Hapus Komentar
Pernah nyoba jualan di marketplace, tapi sbntr aja, terkendala waktu, gak bisa terus mantengin.

Tapi kalo shopping saya suka di blibli.com
Sering ada free ongkir nya hehe
Dyah (Author roemahaura.com) 8/16/2019 Hapus Komentar
Bukan sekedar jadi 'tempat' jualan aja ya kk. Blibli juga mengedukasi penjual dan pembeli. keren deh blibli.com ini
Evyta Ar 8/16/2019 Hapus Komentar
lumayan juga ya jualan di blibli. perangkat dan support pendampingannya buat seller bagus gitu. saya baru tau kalo edukasi ke sellernya lengkap,
ceritagadiskecil.com : Lifestyle Travel Blogger Medan 8/17/2019 Hapus Komentar
Kalau jualan online ini, harus telaten dan tekun ya kakak. Beberapa kali pernah coba tapi gak bertahan lama karena gak sabaran hihi
Andrie Kristianto 8/17/2019 Hapus Komentar
Wahhh ak jadi lupa kalo masih ada beliian ku yang lupa kubayar hahaha, go to blibli wkkw
lrdailyroutine 8/17/2019 Hapus Komentar
kebanyakan yakan kak, kalau aplikasi belanja gitu lebih banyak nguntungin si pembeli yakan kak. nah blibli ini keknya beda dengan yang lain. Blibli juga sangat memberi kenyamanan pada sellernya yakan kak dengan kasih edukasi selengksp-lengkapnya pada penjual. semua bahagia deh kalo kedua pihak nyaman ngegunainnya
Weni Agustianingsih 8/18/2019 Hapus Komentar
Kak. Mau dong sharing-sharing tentang marketplace lain.
poetrider 8/18/2019 Hapus Komentar
harusnya bisa donk jualan lagi geosnya
poetrider 8/18/2019 Hapus Komentar
siap membantu dari sini hihihihi
Nurhilmiyah 8/18/2019 Hapus Komentar
Dulu pernah juga jualan online tp sblm ada marketplace blibli.com ini. Senang sih dpt tampolan transfer dr para cust. Cm capek juga n mau gak mau terus²an cek hp.
Andi Telaumbanua 8/18/2019 Hapus Komentar
Wirausaha dengan bergabung di marketplace untuk saat ini memang samgat menjanjikan. Dengan adanya perusahaan marketplace, konsumen bisa datang dari semua daerah.
Rohyati Sofjan 8/18/2019 Hapus Komentar
Saya tidak tahu bahwa untuk berjualan harus ada bekal ilmu memadai dari teori yang merupakan hasil praktik
Salut pada kegigihan Mbak Iid untuk kembali bangkit. Jangan nyerah, ya. Kendala yang pernah dialami dan Mbak paparkan bisa sangat membantu orang awam untuk belajar langkah bisnis yang benar. Detailnya merupakan hasil pengalaman pribadi.
Saya bisa tahu bahwa Blibli ternyata marketplace yang lengkap pelayanannya. Soal foto produk itu memang kelemahan penjual. Bikin foto bagus butuh ilmu.
Dan asyiknya ada belajar bisnis bareng. Itu sangat membantu untuk booster semangat juga 😘
nurul rahma 8/18/2019 Hapus Komentar
Blibli kok baeeekkk banget yaa
Kasih kelas workhop online, offline, bikin komunitas juga
ehhh plus gratis photo produk!
Keren buangeeett ini mah
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Bocah Udik 8/19/2019 Hapus Komentar
Baru tau ada Komunitas seller di setiap daerah. Ini gunanya saling mendukung ya kak. Bukan saling saing. Hahaha keren mah
Una El-Anshari 8/19/2019 Hapus Komentar
Kepo dengan layanan foto produk ini deh kak, maksudnya kita kasih barang terus mereka yg fotoin biar cakep kan,
Apakah sudah ada di setiap kota atau gimana?
Dizaz 8/19/2019 Hapus Komentar
Ternyata Blibli ada menyediakan jasa foto produk dan juga modelnya. Ini kan kebutuhan utama berjualan online ya. Keren punya marketplace satu ini.
Herva Yulyanti 8/19/2019 Hapus Komentar
asik nih ada blibli university ya mba jadi bisa nambah knowledge buat jualan, aku ya pengen nih jadi seller :D
Mechta 8/19/2019 Hapus Komentar
Menurutku, berwirausaha itu bakat2an dan aku merasa tak berbakat utk itu. Tapi, membaca post ini kok jd tertarik juga ytk mencoba bermitra dg blibli.com.. hehe..
Lusi 8/19/2019 Hapus Komentar
Wah menarik banget. Aku belum pernah nyoba Blibli. Harus dicoba nih. Paling susah memang sistem respon dari e-commerce nya. Kalau sistemnya bagus, apalagi bantuin sellernya kayak gitu patut dicoba.
Noviahimsa 8/20/2019 Hapus Komentar
Wah aku baru tahu blibli.com sampai ada layanan foto produk. Ini keren banget lho edukasi ke penjualnya
Desri Desri 8/20/2019 Hapus Komentar
Blibli salah satu marketplace andalan ku juga, seller nya recommended dan lengkap juga produk dan layanannya. aku sering beli perlengkapan elektronik by Blibli.
Rizka Edmanda 8/20/2019 Hapus Komentar
layanan blibli seller ini mantul ya, seller jadi bisa dapat foto produk yang menarik, penting banget tuh agar orang tertarik membeli
Ainhy Edelweiss 8/20/2019 Hapus Komentar
Wah selengkap itu yah menjadi seluler di Bibli, kalau kayak gini mah aku juga pengen, apalagi ada komunitasnya, mau deh daftar merchant madu saya di sini
Nia K. Haryanto 8/20/2019 Hapus Komentar
Marketplace kayak Blibli ini memang memudahkan banget ya buat yang jualan. Banyak kelebihannya pula. Duh... aku jadi kepengen jualan juga jadinya :D
Lidya Fitrian 8/20/2019 Hapus Komentar
Jaman dulu ortu maunya punya anak kerja jadi pegawai negeri ya mbak, tapi sekarang pilihan pekerjaan banyak tinggal niat dan usahanya aja. jadi wirausahapun dipermudah apalagi ada market place yang bisa bantu kita usaha juga.
Aku pelajari tips-tipsnya supaya bisa jualan online ya mbak, tapi aku aja masih bingung mau masarin produk apa :)
Asyik banget ya Blibli sekarang menydiakan fasilitas foto produk bisa bantu orang yang kurang ahli dalam fotografi
lendyagasshi 8/20/2019 Hapus Komentar
Jadi pengin jualan lagi kalo semudah ini bekerja sama dengan blibli.
Laris manis yaa..
Dengan banyak ilmu marketing yang dipelajari bersama-sama di tim.
Diah Kusumastuti 8/20/2019 Hapus Komentar
Banyak banget ya keuntungan kalau berjualan di Blibli. Ada semacam pelatihannya juga. Makin banyak yang tertarik nih buat jualan di Blibli :)
Ida 8/20/2019 Hapus Komentar
Wah mantap membantu banget ya saya jg pengen ih jualan tp bingung jualan apa lagi...hehe. udah punya jualan khusus sih tp yg bs dijual di Blibli gitu..
Agus rusdi 8/20/2019 Hapus Komentar
nanti kalau pulang k Indonesia aku mau coba juga mau jualan online
Irawati Hamid 8/20/2019 Hapus Komentar
Banyak banget keuntungan jualan di Blibli yaa, yang punya bakat jadi pedagang bisa memanfaatkan Blibli ini untuk menjual dagangannya nih 😁
Irawati Hamid 8/20/2019 Hapus Komentar
Banyak banget keuntungan jualan di Blibli yaa, yang punya bakat jadi pedagang bisa memanfaatkan Blibli ini untuk menjual dagangannya nih 😁
Diah Woro Susanti 8/20/2019 Hapus Komentar
Wiyyh mantul banget Blibli. Aku juga pernah jualan online tp ga jalan krn cuma iseng aja sih. Klo begini jd pengen jualan lagi atuhlah hihii
Uniek Kaswarganti 8/20/2019 Hapus Komentar
Istimewa banget nih Blibli ada fasilitas pemotretan juga ya untuk seller yang kurang bisa memotret barangnya. Nyenengin banget ada panduan2nya juga.
Diah Alsa 8/20/2019 Hapus Komentar
Woow kereenn, layanan untuk seller ini memudahkan banget ya, gak perlu repot foto2 sendiri pula, packingnya pun bisa dibantu Tim Blibli ya, mantul dah. Sukses jualannya ya Mbak :)
Noorma Fitriana M. Zain 8/20/2019 Hapus Komentar
Aku selama ini cuma jadi buyer doang ya. Belum ada pengalaman jadi seller. Boleh dicoba nih.
Yanti Ani 8/20/2019 Hapus Komentar
Ya benar, foto produk yang bagus , bisa jadi salah satu faktor produk dibeli oleh customer
Risna 8/31/2019 Hapus Komentar
Abis baca jadi pengen juga ikut jualan, cuman muncul pertanyaan besar dikepala sis, "apa yang bisa dijual, kan gak punya produk?" Ada saran sis