Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik Di Indonesia

Assalamu'alaikum..
Halo apa kabarnya teman teman :)
Mumpung masih dalam bulan Juni bulannya lebaran di tahun ini , saya mau bagi informasi nih tentang zakat. Sebelumnya pernah saya bahas tentang zakat pada topik sebelumnya yang mana zakat terbagi atas 2 jenis yakni zakat fitrah dan zakat mal.

Aplikasi kalkulator zakat

Seperti yang diketahui bahwa zakat ini termasuk dalam kategori ibadah wajib seperti sholat, haji, dan puasa yang telah diatur berdasarkan Al-Quran dan Sunah. Bukan hanya itu, zakat merupakan ibadah sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang bisa berkembang dengan perkembangan umat manusia.

Lalu bagaimana cara menghitung zakat yang harus dikeluarkan? Berikut ini 5 aplikasi kalkulator zakat terbaik di Indonesia :

1. Kalkulator Zakat 2017


Aplikasi kalkulator zakat terbaik lainnya di Indonesia adalah Kalkulator Zakat 2017. Aplikasi besutan T Ghazali bisa memudahkan para pengunduh dan penggunanya, khususnya bagi umat Islam dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan.

Dimana dalam aplikasi ini terdapat fitur dan fasilitas yang berfungsi untuk menghitung zakat perak dan emas, zakat mata uang, zakat tabungan dan penghasilan, zakat fitrah, zakat hewan ternak/peternakan, zakat pertanian, zakat harta karun dan barang tambang/pertambangan, dan zakat perdagangan atau harta usaha.
Selain itu, dengan desain dan tampilan warna paduan hijau dan putih ini akan terlihat simpel namun sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh para penggunanya.

2. Aplikasi Perhitungan Zakat

Aplikasi perhitungan zakat

Pada saat anda masuk ke dalam Aplikasi Perhitungan Zakat ini, anda akan ditawarkan dengan beberapa menu seperti Ilmu Zakat, Hitung Zakat, Bantuan, dan Profil. Oleh karena itu, jika anda ingin menghitung zakat maka pilihlah fitur Hitung Zakat. Dimana dalam fitur tersebut anda bisa menghitung semua zakat anda termasuk zakat mall dan zakat fitrah. Aplikasi ini selain untuk menghitung zakat, juga terdapat ilmu-ilmu mengenai zakat di bagian menu “Ilmu Zakat”.

3. ZakatKLIK

Zakat klik!

Memang aplikasi ini bukanlah kalkulator zakat seperti aplikasi-aplikasi di atas. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mencari maklumat zakat. Walaupun demikian, aplikasi ini juga bisa disebut sebagai aplikasi yang sangat baik sebagai kalkulator zakat. Soalnya, dalam aplikasi ini juga terdapat fitue dimana para penggunanya bisa menghitung zakat yang harus dikeluarkan. Sama halnya dengan aplikasi lainnya, di ZakatKLIK ini anda diharuskan mengisi nominal penghasilan dan hal lainnya yang berhubungan dengan zakat, lalu akan muncul jumlah zakat yang harus dikeluarkan.

4. Ayo Bayar Zakat


Perlu diketahui bahwa aplikasi Ayo Bayar Zakat ini dibuat serta digagas oleh Pemerintahan Kota Bandung yang bekerjasama dengan Badan Zakat Nasional (Baznas) dan Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Bandung. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan supaya para warga, khususnya daerah Bandung untuk membayar zakat.

Walaupun aplikasi bukan aplikasi kalkulator zakat yang khusus untuk menghitung zakat , namun pada aplikasi ini terdapat fitur untuk menghitung zakat/kalkulator zakat. Sama seperti aplikasi lainnya, di ZakatKLIK ini anda diharuskan mengisi nominal penghasilan dan hal lainnya yang berhubungan dengan zakat, lalu akan muncul jumlah zakat yang harus dikeluarkan.

5. Kalkulator Zakat – Paling Pertama


Paling Pertama merupakan salah satu pencipta yang membuat aplikasi untuk menghitung zakat. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam menghitung zakat yang harus dikeluarkan setiap bulannya, khususnya bagi umat Islam.

Dalam aplikasi ini terdapat 3 menu utama di bagian atas, yakni Pengaturan, Profil, dan Hitung Zakat. Bagi anda yang ingin menghitung zakat, anda bisa klik pada menu Hitung Zakat. Lalu masukkan jawaban dari beberapa pertanyaan yang tersedia.
Setelah selesai memasukkan semua jawaban anda mulai dari jumlah penghasilan per bulan sampai harta yang dimiliki. Secara otomatis akan muncul nominal zakat yang harus anda keluarkan.

6. Aplikasi Kitabisa


Kitabisa adalah sebuah crowdfunding terbesar di Indonesia. Merupakan sebuah portal untuk berdonasi dalam hal kemanusiaan dan keagamaan. Dulu kitabisa berkembang melalui website, secara perlahan Kitabisa mengembangkan diri dengan membangun aplikasi untuk memudahkan penggunanya.

Seiring dengan berjalannya waktu, Kitabisa tidak hanya sebatas untuk berdonasi saja, melalui aplikasi Kitabisa kini bisa membayar zakat secara online terlebih juga disediakan fasilitas kalkulator zakat dalam aplikasinya. Selain itu juga kelebihan utamanya yaitu berbagai lembaga amil zakat terpercaya sudah bekerjasama dengan layanan Kitabisa sebagai portal untuk membayar zakat. Seperti Badan Amil Zakat Nasional, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Griya Yatim dan Dhuafa, LAZIS Muhammadiyah, Global Zakat ACT, Nu-Care LAZISNU, hingga Yayasan Baitul Maal Hidayatullah.


Itulah 6 aplikasi kalkulator zakat terbaik di Indonesia, semoga informasi ini ada manfaatnya khususnya bagi anda yang kebingungan untuk mengetahui berapa besar zakat yang harus dikeluarkannya.

15 komentar untuk "6 Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik Di Indonesia"

Himawan Sant 6/16/2019 Hapus Komentar
Ohh,itu ide penamaannya kok kedengerannya rada bikin deg-degan ya, kaak .. 'ayo bakar zakat' 😆

Tapi bagus program ini,mengingatkab kita untuk selalu berzakat, peduli dengan kekurangan orang lain.
iidyanie 6/16/2019 Hapus Komentar
Bayar zakat atuh mas himawan, masnya mungkin lagi lelah hayati abis jalan2 hehe :)
Ursula Meta Rosarini 6/17/2019 Hapus Komentar
Wah, aplikasi2 ini bnr2 memudahkan kita kalau mau berzakat ya mbak
Elsa Hayanin Lubis 6/17/2019 Hapus Komentar
Kak, boleh saran? Masukin tampilan aplikasinya biar lbh eye catching hehehehe makasih infonya kaaaak
Nurhilmiyah 6/17/2019 Hapus Komentar
Artikel yg bermanfaat Kaka... 😊😊
blogger parenting 6/17/2019 Hapus Komentar
Udah kangen tulisan mba iid.

praktis sekarang ya mba, hitung zakat pun udah mudah.
Tinggal klik sana sini, pencet ini itu.
Jadi gak ada alasan untuk mangkir bayar zakat ya.. hehehe
jendelamamak 6/17/2019 Hapus Komentar
Wahhh,, keren ya ada aplikasinya. Kudet akutu... Makasi infonya mbak..
iidyanie 6/17/2019 Hapus Komentar
Sudah kak makasih sarannya ya :)
Fajarwalker.com 6/17/2019 Hapus Komentar
Artikel yang bermanfaat sekali kak. Tapi aku tiap kali mau zakat pasti orang tuaku langsung nyuruh ke masjid, meskipun zaman sekarang banyak aplikasi zakat bermunculan, ehehehe.

-Fajarwalker.com
Lailin 6/18/2019 Hapus Komentar
Saya baru coba pakai aplikasi sya'ban sama yang punya pemkot bandung itu aja mbak, pilihan aplikasi hitung zakat pun sekarang banyak banget ya :D
Tq 6/20/2019 Hapus Komentar
wah baru tahu nih ternyata ada juga ya kak aplikasi yang memudahkan kita untuk menghitung besaran zakat yang harus dikeluarkan kita, sangat membantu nih aplikasinya ;)

minal aidin wal faizin ya kak, mohon maaf lahir dan batin atas salah dan khilaf selama ini ;)
Nufa Zee 6/24/2019 Hapus Komentar
Mantab aplikasinya, memudahkan mamak ini yg agak rumit jumpa angka angka 😎👍
Bang Doel 6/27/2019 Hapus Komentar
Alhamdulillah saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa dipakai menghitung zakat. Di aplikasi marketplace dan i-banking juga ada fasilitas ini.
Bang Day 7/02/2019 Hapus Komentar
Kemaren saat bayar zakat online via DD, ada menu kalkulator zakatnya juga mba. lumayan memudahkan kita menghitung kewajiban kita
dear anies 7/03/2019 Hapus Komentar
lepas downlods apps ni jangan lupa bayar zakat ya haha