Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikat Gigi Saat Berpuasa

Alhamdulillah tak terasa sudah seminggu kita menjalani ibadah puasa, insyaallah puasanya masih kuat ya. Berpuasa di bulan Ramadhan adalah hal yang wajib dilakukan karena termasuk dalam rukun islam selain menunaikan sholat lima waktu dan mengeluarkan zakat.
Berpuasa pada hakikatnya adalah menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar (adzan subuh) sampai terbenamnya matahari (adzan maghrib).

Oleh karena itu ada waktu khusus dimana kita hanya diperbolehkan menyikat gigi agar hukum berpuasa tidak menjadi makruh. Hal yang menyebabkan makruh adalah secara tak sengaja tertelan air saat sikat gigi.

Waktu yang baik bersikat gigi

Menurut pendapat ulama , anjuran waktu sikat gigi yang terbaik saat berpuasa adalah ketika sebelum adzan subuh, sehabis maghrib (berbuka) dan sebelum tidur. Akan tetapi jika dirasa masih terasa ada sisa sisa makanan yang tersangkut di sela gigi ataupun bau mulut yang cukup mengganggu karena kondisi mulut yang tidak baik (sakit gigi berlubang / asam lambung) , maka ulama pun memperbolehkan akan hal ini.

Akan lebih baik kiranya bagi yang tidak punya masalah dengan bau mulut yang terganggu untuk menahan sikat gigi hingga waktu yang telah ditentukan. Bukankah Allah SWT telah menjanjikan akan ada pahala untuk 'bau mulut'nya orang orang yang menjalankan ibadah puasa secara khusyuk.

Sikat gigi dengan bersiwak

sikat gigi saat berpuasa dengan bersiwak
Sikat gigi dengan bersiwak

Siwak dapat membersihkan mulut dan mendapatkan keridhaan bagi Rabb". (HR: Ahmad, irwaul ghalil no 66 

Siwak atau Miswak, adalah akar dari pohon Salvadora Persica yang dipercaya sejak dulu untuk membersihkan gigi dan mulut. Siwak mempunyai ciri khas memberikan rasa pedas di mulut, karena di dalamnya terdapat zat antibakteri. Siwak bermanfaat membersihkan, menyehatkan dan membersihkan gigi. Memakai siwak hukumnya sunnah , yang artinya dikerjakan berpahala dan tidak dikerjakan pun tidak berdosa. Namun karena ini adalah sunnah-nya nabi akan lebih baik jika kita mengamalkannya.
Bersiwak bisa dilakukan sepanjang hari karena tidak ada unsur air yang terdapat di dalamnya

Apabila tidak bisa menemukan siwak di sekitar kita, maka bisa menggantinya dengan pasta gigi berbahan dasar siwak. Saat ini sudah ada pasta gigi yang berbahan dasar siwak dan insyaallah halal. Tetapi karena bahan dasarnya pasta, sikat gigi hanya bisa dilakukan sesuai dengan anjuran ulama yang saya sebutkan tadi.

Yah memang anjuran ulama ini mungkin saja berbeda beda pemahamannya dengan ulama lainnya. Intinya sih menjaga kebersihan mulut adalah yang utama, dengan syarat tidak mengganggu syarat sah berpuasa dengan menghidupkan hal yang sunnah.

#9thdayRamadhanChallenge

14 komentar untuk "Sikat Gigi Saat Berpuasa"

Evi Erlinda 5/15/2019 Hapus Komentar
Kesehatan gigi dan mulut memang harus dijaga, dalam bentuk apa saja, karena riset terakhir ditemukan bahwa salah satu penyebanb sakit alzheimir (dimentia) juga berasal dari kondisi mulut yang buruk.
Lailin 5/15/2019 Hapus Komentar
ya mbak lebih amannya sikat gigi sebelum adzan, takut ada yang tertelan, hehe :D
Bang Day 5/15/2019 Hapus Komentar
Saya sikat gigi abis sahur. Trs pagi maui ngantor kumu2 dulu dengan kuah rendang.. #eh
Einid Shandy 5/15/2019 Hapus Komentar
Ooh... jadi kalau sikat gigi dan ternyata ada yang tertelan hukumnya jadi makruh.
Aku baru tahu, soalnya selama ini kalau mendengar sih masing simpang siur sebenarnya.
Tapi, aku percaya kalau sikat gigi itu gpp.
Aku sendiri sikat gigi kebiasaan pakai pasta gigi merk siwak.

Terima kasih kak.
Uyo Yahya 5/15/2019 Hapus Komentar
saya doang berarti yang kalo bulan puasa kebiasaan sikat giginya gak berubah. ya pas mandi aja sikat giginya. hehe
iidyanie 5/16/2019 Hapus Komentar
Waduh banyak juga ya penyakit yang disebabkan kondisi mulut buruk ini
iidyanie 5/16/2019 Hapus Komentar
Iya mba benar sekali
iidyanie 5/16/2019 Hapus Komentar
Yhaaa, batal dong wkwk
iidyanie 5/16/2019 Hapus Komentar
Sikat gigi gak pake pasta kalau siang2 mba biar aman hehe
iidyanie 5/16/2019 Hapus Komentar
Yang penting sikat gigi mas :)
Tuteh 5/16/2019 Hapus Komentar
Nah kan, gara-gara pos ini saya jadi pengen mencari lagi kayu siwak ini. Dulu punya, terus sering dipakai kan habis juga ... haha. Makasih Kakak Iied.
kuanyu 5/16/2019 Hapus Komentar
saya belum pernah nyoba sikat gigi pakai siwak,.kira-kira rasnya bagaimana ya,..ha-ha
iidyanie 5/18/2019 Hapus Komentar
Rasanya ya coba aja beli pasta gigi siwak hehe :D
Devina mutia azzahra 5/19/2019 Hapus Komentar
Saya penasaran sama siwak samapai sekarang belum pernah mencoba pakai siwak gimana ya rasanya. Trus kalau pasta gigi yang mengandung siwak baru tahu pas puasa ini kebetulan sering bersliweran di tv hehehe