Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Writing Blog Class bersama Blogger SUMUT

blogger sumut medan blogging class
Sumber : @bloggersumut

Sebelumnya selama bertahun tahun mempunyai blog, menghilang dan kembali ngeblog lagi sempat tidak terbersit sedikit pun untuk mengikuti sebuah komunitas.

Dulu saya pikir untuk apa berkomunitas, toh blog saya ini hanya sekedar berisi curhatan, luapan emosi dan informasi gak penting, jadi untuk apalah saya bercapek capek ria untuk mencari sebuah komunitas untuk blog.

Akhirnya selama bertahun tahun, secara otodidak, dari sebuah buku ataupun searching di internet saya mempelajari sendiri untuk mengedit html layout blog hingga tak jarang sering begadang karenanya, akibat tak mengerti dan mata pun hampir dibuat juling. Juga mempelajari SEO agar artikel saya yang gak seberapa penting berada di laman teratas mbah Google.

Namun ternyata belajar sendiri itu malah tidak membuat saya pintar, ilmu hanya sedikit yang saya serap, malah yang ada salah kaprah.. Yah mungkin saya orangnya tak pintar jika belajar sendiri. Saya butuh komunitas. Awalnya menyangkal bahwa saya tak butuh, ngapainlah abisin energi aja, aih sombongnya saya.


Bener juga ya, hmm menyesalkah?
Sumber : ayaocha.com

Senjata makan tuan, dulunya tak butuh blog buat diseriuskan, akhirnya balik ke blog karena butuh. Mungkin jika si blog bisa ngomong, "hey, akhirnya lo balik ya,kalau ada maunya aja butuh gue". Maafin ya blog iya emang gue butuh loe. "Iye, gue maafin dah, percantik dan rawat gue ini dengan ilmu yang lo dapat". Lol si blog jadi ceramah :p

Baca juga : Blogger Part Time atau Full Time?

Komunitas Blog buat apa ?

Kemudian saya masuk ke komunitas Blogger Perempuan Network , Kumpul Emak Blogger dan Estrilook.
Komunitas blog buat saya adalah untuk menambah ilmu dan menambah jaringan pertemanan di dunia maya baik teman sosmed maupun teman blog, menambah pageviews dari program blog walking dan setor artikel, juga istilah istilah SEO dan per-bloggingan yang selama ini tidak saya ketahui dengan baik.

Ada yang berkata, jika ilmu masih belum cukup kau dalami, maka carilah ilmu baru lagi agar kau puas dan kau mengerti. Tiba tiba saya haus dengan ilmu. Tapi bukan sekedar ilmu yang ingin saya dapati, saya butuh ilmu itu untuk segera dipraktekkan, dilatih agar benar dan bertatap muka kalau memungkinkan.

Sewaktu akan pindah dari kota kecil di Sumatera Selatan menuju kota Medan, hati kecil pun berkata alangkah baiknya jika saya ikut komunitas yang sifatnya offline di kota Medan nanti agar ilmu bisa bertambah dan juga hubungan silaturahmi antara blogger. Akhirnya saya pun memutuskan untuk mencari komunitas tersebut lewat dunia maya dan media sosial, kenapa dua duanya? Kenapa tidak satu saja, ya karena saya ingin mendapatkan informasi yang akurat tentang keberadaan komunitas tersebut.

Komunitas Blog yang baik seperti apa?

Didapatlah nama komunitas tersebut dan rupanya komunitas ini sudah lama terkenal di kota Medan, saya pikir kalau komunitas yang sudah lama pasti lebih enak untuk bergabung. Namun ternyata saya salah, ada beberapa kebijakan yang ditetapkan untuk menjadi anggota komunitas. Itu berarti ada beberapa tahapan untuk saya bisa menjadi bagian dari komunitas tersebut. Juga tidak lantas otomatis menjadi anggota dengan hanya daftar dan melampirkan email serta link sosmed layaknya komunitas blogger online yang dengan mudahnya kita bisa menjadi anggota komunitas.

Hmm..saya sebenarnya tidak keberatan tetapi juga tidak paham apakah hanya komunitas ini saja yang melakukan kebijakan tersebut atau komunitas di daerah lain pun menerapkan hal yang serupa untuk menjaring anggota yang berkualitas, mumpuni dan jago di bidangnya. Jika demikan oh ayolah, bagaimana dengan blogger pemula yang awam tidak tau menau tentang dunia perbloggingan sementara ia mempunyai kemampuan menulis yang baik tetapi ia tidah punya wadah untuk belajar.

Oke, kita kesampingkan dulu bahwa ada juga fakta orang yang memanfaatkan menjadi seorang blogger untuk mendapatkan barang yang sifatnya gratis sementara ia sendiri malas untuk mereview barang gratis yang ia dapatkan, alias 'blogger bodrex' seperti kata bang alfi si pemilik blog bocah udik.com . Tidak, tidak semua blogger mempunyai mental seperti itu kan, karena dengan sendirinya ia telah merendahkan pekerjaannya sendiri sebagai seorang blogger. Kalau ketemu nanti kita lapor saja ke dewan blogger nasional, sepakat? sudah ada apa belum DBN ini ya (tapi kenapa seperti nama grup MLM ya?

blogger sumut clas blogging perdana
Blogger Sumut kelas perdana
Sumber : @bloggersumut

Kemudian tanpa menghentikan langkah saya terus mencari komunitas lain yang masih menerima saya 'apa adanya' ini sebagai bagian dari komunitas tanpa embel embel sebagai blogger senior/blogger terkenal. Sebuah nama Blogger Sumut diketik dalam sebuah kotak pencarian, yang keluar hanyalah sebuah nama akun di Instagram pada nomor urut pertama halaman Google. Sebuah komunitas yang baru dibentuk akhir tahun 2018 lalu, meskipun masih 'bayi' Blogger Sumut mempunyai orang orang terbaik di bidangnya.

Baca juga :  Ibu, berhenti kerja bukan akhir segalanya

Singkat kata setelah add pertemanan kemudian melakukan DM, hanya sebentar saja chat dengan admin Blogger Sumut, voila saya langsung diterima begitu saja sebagai bagian dari komunitas. Ibarat sebuah cinta tanpa syarat yang membuat hati jadi berbunga bunga, seperti itulah hati saya waktu itu sangat senang karena akhirnya bisa dengan mudah bergabung tanpa sebuah syarat apa pun.

Bergabung dengan seluruh anggota blogger Sumut pada perjumpaan keempat pertemuan Writing Blog Class yang mereka adakan dan itu adalah pertemuan pertama saya dengan mereka. Suasana hangat dan penuh dengan tangan terbuka membuat saya pun gembira mengikuti kelas blogging tersebut sampai akhir acara dengan ditutup oleh foto bersama.

Begitupun juga pada pertemuan kedua saya yang selama acara berlangsung lancar dan seru, dari blogger yang tinggal di Lau Dendang Deli Serdang sampai blogger yang tinggal di kota Stabat Langkat pun datang di pertemuan ini. Hingga akhir acara pun tak ingin pulang karena betah dengan materi yang dibawakan. Semoga di pertemuan selanjutanya juga seperti ini :)

Komunitas Blog pentingkah?

blogger sumut blogging class 2 medan
WBC blogger sumut 2 (pertemuan kelima wbc)
Sumber : @bloggersumut

Ya. Penting buat keberlangsungan dan eksistensi saya hingga saat ini. Walau terkadang saya malas update blog dan melupakan janji janji saya di awal ngeblog untuk rajin menulis blog, juga ternyata harapan dan realita tidak bisa berjalan dengan mulus. Maka dengan komunitas lah saya bisa disentil untuk kembali menulis setiap minggunya dan kembali fokus dengan rencana rencana yang telah disusun rapi dalam target blogging 2019 ini. Apapun komunitasnya baik online atau offline dan tentunya cocok dengan pilihan, pastinya akan membuat kita semangat menulis blog.

Lalu bagaimana dengan mu, apa komunitas blog itu penting buat kesuksesan blog mu? Boleh dong dibagi di sini yah.
Oya mohon maaf bila ada kata dalam artikel ini menyinggung pihak tertentu ya karena saya hanya mengatakan apa adanya.
salam :)

46 komentar untuk "Writing Blog Class bersama Blogger SUMUT"

LinRaNa Mom 4/25/2019 Hapus Komentar
mba iid... sebenernya itu pertemuan ke enam komunitas lho...
pertemuan keempat buat saya. karena saya ada dua kelas yang gak hadir....
iidyanie 4/25/2019 Hapus Komentar
Hehe maaf mba saya salah, rupanya pertemuan ke 5 tadi sudah konfirmasi sama bang alfi
Evi Erlinda 4/25/2019 Hapus Komentar
Ngumpul buat nambah wawasan dan teman
Rohyati Sofjan 4/25/2019 Hapus Komentar
Kalau saya bisanya cuma ikut komunitas daring saja, Mbak. Lebih leluasa. Belum bhisa melakukan keliling sana-sini saat ini. Lagian aktivitas saya juga kerap tak terduga jadinya gak berani ikut komunitas narablog yang mengharuskan temu tatap muka. Ikut WAG penulis saja saya tak aktif meski ada acara pertemuan seminar.
Ada insan tertentu yang belum bisa mobilitas karena sikon.
Saya senang Mbak Iid bisa ikut komunitas yang sesuai. Semoga tetap konsisten, ya. Ngeblog berat jika kit jadikan beban, akan terasa ringan dan menyenangkan jika kita memang menikmatinya. Asal jaga kesehatan saja. Jangan sakit ya. Itu akan berpengaruh banget.
Orang sakit dan sedang berobat mah tak bisa sepenuhnya fokus isi blog. Kalau blogwalking tak masalah, tetapi soal menulis bisa terkendala hal lain. Kayak harus minum obat jadi malah ngantuk melulu dan tak fokus menulis kayak saya, he he.
blogger parenting 4/25/2019 Hapus Komentar
Yes mba iid, komunitas bisa jadi cambukan buat kita biar rajin nulis.
tahun ini awak mau fokus nulis dulu, kalo emang awak konsisten, baru deh beli domain.. hehehehe
Aldhi Fajar Maudhi 4/26/2019 Hapus Komentar
aku pengen ikut komunitas juga nih,,
di jogja banyak juga sih tapi kayaknya mati suri hehehe
Lantana Magenta Hermosa 4/26/2019 Hapus Komentar
Saya juga sependapat kalo komunitas blog ini sangat penting, kita bisa langsung saling beramah tamah dan share tentang apa saja demi meningkatkan kualitas dan daya "jual/tarik" setiap article dan tampilan blog
iidyanie 4/26/2019 Hapus Komentar
Gpp mba utamakan dulu kesehatannya ya, mudah2an nanti bisa ikut komunitas di kota mba juga ya :)
iidyanie 4/26/2019 Hapus Komentar
Betul kak, tetap semangat nulisnya ya
iidyanie 4/26/2019 Hapus Komentar
Di Jogja saya cuman taunya Komunitas Blogger Jogja mas
iidyanie 4/26/2019 Hapus Komentar
Betul mba
Aris Armunanto 4/26/2019 Hapus Komentar
Asyik mbak bisa tergabung dlm komunitas blogger.
Kalau saya hanya sekedar melampiaskan hobi nulis aja mbak jadi blum terpikir ikut komunitas blogger
Tq 4/26/2019 Hapus Komentar
wah saya belum pernah nih kak ikutan komunitas blogger getu, pengen juga ikut gabung getu biar nambah wawasan ngeblog dan dapat teman baru . Di daerah ane kayaknya ada tapi apa nama nya lupa kak :D
Dika_zikria.mua 4/26/2019 Hapus Komentar
iya..dulu juga mikir ah ngeblog sendiri aja..ketik2 doang..trnyata banya banget ilmunya.. ni aja agak sibuk dibela2 in ikot demi ilmu.demi.ilmu
Ceritajalan.com 4/26/2019 Hapus Komentar
Ingat silahturahmi mendatangkan rezeki,, sihiyy.. Semangat menulis kk,, maapkan daku tukang sentil paling cerewet ini hahah
idwarta 4/26/2019 Hapus Komentar
wah asyik ya kalau ada komunitasnya... selamat
Anonim 4/26/2019 Hapus Komentar
Bener banget mb id...seneng bisa gabung di sebuah komunitas yang selalu spreadkindness ahh salut deh sama founder2 blogsum ini. Tak lelah berbagi sama siapa aja. Semoga menjadi berkah dan lahan kebaikan ya mb...
Uyo Yahya 4/26/2019 Hapus Komentar
liat keseruan di postingan ini saya langsung googling komunitas blogger di jogja. ayeee... langsung daftar!

makasih mbae tulisanmu langsung mentriger diriku.
Michael "Dije" David 4/27/2019 Hapus Komentar
Penting! Komunitas blog itu penting buat gue. Banyak temen-temen baru yang gue temui di sana. Dan... traffic blog juga naik. Hehe
dudukpalingdepan 4/27/2019 Hapus Komentar
Bagi saya komunitas blog penting banget. Bisa bertukar informasi, bahkan berbagi rezeki. Bikin semangat blog yang kendor jadi ngegas lagi.
Hafizhah Ramadhani 4/27/2019 Hapus Komentar
Bagus dan bermanfaat ikut komunitas, nambah teman dan nambah ilmu ya kak, tapi saya gak bisa sering ikutan kelasnya, baru sekali ikutnya hiks hiks
kuanyu 4/27/2019 Hapus Komentar
Wah, enak yah mbak ada perkumpulan para bloggernya,..bisa sharing bareng, makan bareng, berbagi ilmu bareng dan blogging bareng,..enggak kebayang takinsilaturahminya bisa kuat banget itu ya mbak,...tapi yang menjadi pertanyaan saya sampai sekarang kira-kira penghasilan blogger itu di dapatkan dari mana saya ya teh

Apakah hanya dari iklan ?

Apakah dari afiliasi ?

Apakah dari shortlink ?

Dan apakah menjadi seorang narablog bisa menjanjikan mbak,...terutama untuk kebutuhan hidup keluarga

Jujur kakau hntuk dapat setiap bulan hanya mengandalkan iklan saya rasa enggak cukup teh ya

Sampai sekarang aku masih penasaran dengan para blogger, tapi setidaknya menjadi seorang blogger atau membuat blogger menjadi sebuah hobi adalah suatu perbuatan yang mulia, ia tidak mba,..iya aja lah ya,..,ha-ha
noviahimsa 4/28/2019 Hapus Komentar
Saya juga baru gabung di komunitas kak. Dulunya udah sempet males ngeblog, tp komunitas bikin semangat lagi meskipun jarang nongol utk offline 🙈
Oem Dilla 4/28/2019 Hapus Komentar
Banyak komunitas. Banyak teman, banyak relasi. Banyak informasi juga yg bisa di bagi. Apa lagi komunitas blogger. Banyak info yg bisa di bagi
Tuteh 4/28/2019 Hapus Komentar
Alhamdulillah akhirnya Kak Iied ikut Komunitas Blogger. Saya dulu tergila-gila sama komunitas blogger. Pertama ikutan Blogfam (Blogger Family), terus Angingmammiri, dan akhrnya mendirikan Komunitas Blogger NTT (Flobamora Community). Manfaat mengikuti komunitas blogger sangat banyak saya rasakan, mulai dari menerima ilmu/informasi, sampai dengan membagi ilmu/informasi. Itu sangat luar biasa. Punya banyak teman dari seluruh Indonesia hehehe.

Mantap Kakak Iied!
Icha Afriza 4/28/2019 Hapus Komentar
Saya juga baru gabung komunitas pas akhir tahun 2018 di Blogger Perempuan terus diajak gabung di AngingMammiri karena dari Makassar juga dan baru sekali ikut acaranya karena bertepatan dengan hari libur. Selanjutnya ada tapi saya malah ada kegiatan lain.

Enaknya menambah teman dan juga ilmu kita nambah apalagi saya yang hanya bertuliskan perasaan2ku selama ini.
iidyanie 4/28/2019 Hapus Komentar
Seperti investasi mas kuanyu begitu juga dengan blog, tidak secara mudah kita mendapatkan hasilnya, tapi kita percaya aja kalau dilakukan secara serius akan kelihatan hasilnya. Bisa kita pelajari dari blogger senior yang bertahun2 berkutat dengan blog, sekarang mereka dapat nikmati hasilnya sembari tetap ngeblog, jangan pantang menyerah mas, ini juga sebenernya kata2 yang pas buat saya koq hehe :)
iidyanie 4/28/2019 Hapus Komentar
Mantap juga buat kak tuteh telah berhasil mendirikan komunitas blogger di daerah kakak, yuk semangat kakak, maafkan aku jarang bw ke blog kk hiks ;)
Irsyad Muhammad 4/28/2019 Hapus Komentar
Menurut aku komunitas itu penting banget kak, lagian kita juga nggak bisa kan sendiri2 tanpa ada yg membimbing dan mengarahkan kita. Lagian, bagi aku berkumpul sama org2 yg punya minat dan hobi yang sama itu sangat menyenangkan :)
Einid Shandy 4/28/2019 Hapus Komentar
Hai Kakak... Ada kesamaan dengan aku... Aku juga nggak niat fokus di blog. Eh, tapi akhir-akhir ini pengen fokus. Sampai bela-belain baca buku juga.
Kalau komunitas belum ketemu.
Huhu...
Tahunya cuma komunitas daring.
Padahal kalau ikut komunitas bisa sharing langsung.

Semangat blogging Kak!
Terima kasih.
Agus rusdi 4/29/2019 Hapus Komentar
jadi inget blogger bertuah pekanbaru mereka masih utuh sampai sekarang dengan berbagai kegiatan positif semoga komunitasnya juga akan semakin berkembang dek
Yanti Ani 4/29/2019 Hapus Komentar
Sayang mba Iid, gak ikut, tapi banyak manfaat yg didapat ya, pertemuan berikutnya, mudah-mudahan bisa ikut
jendelamamak 4/29/2019 Hapus Komentar
Aku juga baru sadar ikut komunitas itu penting. Paling nggak biar kita tetap semangat dan konsisten dlm melakukan sesuatu mbak.
Una El-Anshari 4/29/2019 Hapus Komentar
Termasuk resolusi ku 2019 itu pengen ngeblog serius dan gabung komunitas. Berharap disitu belajar sebagai newbie. Dan Alhamdulillah ternyata Allah Ta'ala kabulkan ketemu dengan blogger Sumut dan diajarkan dari awal sama kek kak iid nih .....
Aihh aku cinta komunitas pertamaku di Medan ini 💕
ceritagadiskecil.com : Lifestyle Travel Blogger Medan 4/29/2019 Hapus Komentar
Pengen datang ke acara BlogSum... Hikss,, apa daya
Paradigma 4/29/2019 Hapus Komentar
Pengen lah bisa kumpul sama rekan2 Blogger Sumut 😌😌
Bocah Udik 4/29/2019 Hapus Komentar
Sebagai blogger, yang paling penting adalah kembangkan blog dan buat brand sendiri kak. Komunitas itu penting dan buat sebagai saling berbagi informasi, keluarga, relasi, dan sebagainya.

Semangat terus kak... Jujur ngetiknya gemeteran. Senang banget bacanya dan terharu. Bangga sama kakak
Pangeran Muda 4/29/2019 Hapus Komentar
setuju dengan ini. komunitas blog sangat penting. ya salah satu motivasi saya menulis yaitu agar di baca orang dengan adanya komunitas seperti ini paling tidak tulisan saya bisa di baca pada komunitas itu
agi pranoto 4/29/2019 Hapus Komentar
komunitas blog menurut aku membantu banget sih, sedikit banyak konten-kontenku juga berkembang karena banyak bergaul dengan teman-teman di komunitas sehingga selalu mendapatkan info-info terupdate seputar blogging (dan job blogging tentunya)

salam kenal ya kak, meski kita satu komunitas tapi belom pernah bersua di darat sepertinya hehehe
u_niuna 4/29/2019 Hapus Komentar
Suka bgt sama kalimat kak iid yg diatas
"ternyata belajar sendiri itu gk buat pintar, hanya sedikit ilmu yg bisa diserap, yg ada malah salah kaprah"😅

Bersama2 lebih indah ya kak 😄
t h y a 4/29/2019 Hapus Komentar
ikut komunitas seru ya mba, banyak ilmu yang bisa didapat..

ku juga pingin ikut2an begitu, tatap muka langsung ketemu temen2 blogger, tapi waktu nya belum kesempetan..
Himawan Sant 4/30/2019 Hapus Komentar
Baiklah, aku akan bercerita,eh# tepatnya curhat sih ..., kalo .. selama ini tiap kali baca artikel acara komunitas blogger ...
Whoaaaa .. aku cuma ngiler 😰

Ya abisnyaaaaaa, dikotaku ngga ada komunitas blogger sih ...
Jadi, belum pernah ngerasain gimana serunya ikutan acara kumpul temu blogger 😢
Hendri Hendriyana 4/30/2019 Hapus Komentar
Saya malah belum pernah gabung komunitas blogger hehehe
Padahal kalau gabung komunitas pasti banyak positifnya seperti ilmu ngeblog jadi bertambah :)
Bisa kopdar dan saling mengunjungi antar blog
Tuteh 5/01/2019 Hapus Komentar
Tetap semangat Kakak Iied, blogwalking itu bisa dilakukan kapan-kapan kan? Yang penting pekerjaan/aktivitas utama beres dulu hehehe.
Aul Howler's Blog 5/02/2019 Hapus Komentar
Waaah, salam kenal Kakk.
Aku Aul, dari komunitas blogger Palanta, Sumbar.
Tapi base utamanya di padang.

Nanti kalau main ke Padang hubungi Aku yaaa
Mari kita kopi darat hihihi
kotanopan.com 5/05/2019 Hapus Komentar
ternyata sumut punya komunitas blogger juga ya mbak? saya juga di sumut (ujung sumut tepatnya), hehehe