Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Pageviews itu Penting?


mengapa pageviews penting


Dua hari ini sebenarnya saya sedang dilanda penyakit Writer's Block , penyakit yang sering dialami oleh para blogger yaitu, mandek ide dan bingung mau isi artikel apa untuk blog.

Inginnya saya sih isi blog dengan sesuatu topik yang evergreen begitu, topik ini dapat menaikkan view blog kita, yang tidak perlu promosi link kesana kemari buat menaikkan view. Cukup tunggu ke indeks sama google sudah langsung aja banyak yang lihatin blog saya dengan topik yg awet sepanjang masa itu, tau tau dalam sehari sudah 100-200 aja orang lihat artikel saya itu, kan seneng banget ya hehe (tapi rasanya tidak mungkin).

Seperti judul artikelnya saungmaman.com yang Hocus Focus Trulala, judulnya tentang mantranya si Masha and the Bear, tapi artikelnya tentang blog, sedikit tidak nyambung ya kalau dilihat sekilas. Tapi pas dibaca memang ada nyambung2nya hehe.

Lihat juga : Tips Blogging Sederhana

Gara gara mantra yang ditulis oleh kang maman tersebut ternyata masuk dalam pageone mbah google lho. Nah lho koq bisa ya? Padahal gak pake ilmu SEO sama sekali menurut beliau. Oke, nanti kita tanyakan sama empunya blog deh kalau dia main ke sini.

Kembali ke masalah menaikkan view, sebenarnya yang membuat view itu naik karena apa ya? Apakah pageviews itu sama pentingnya dengan menaikkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) ? ataukah masing masing berbeda secara fungsinya?

Menurut berbagai sumber, hal yang membuat pageview naik adalah :

1. Konten yang berkualitas
konten yang berkualitas adalah hal mutlak agar artikel kita dibaca dengan baik oleh pengunjung blog.

2. Pemberian link blog yang relevan. Link blog yang relevan seperti link kita sendiri bukan link jualan, link yang sesuai dengan judul artikel dan bukan hanya sekedar landingpage.

3. Kecepatan loading website. Ini adalah salah satu kunci mengapa orang dengan tidak sabar meninggalkan blog kita, kecepatan loading website yang utama, tidak bisa ditawar.

4. Judul artikel yang unik. Judul artikel yang mengandung klik bait sangat mengundang orang untuk berkunjung, tapi jangan sampai zonk juga.

5. Konsisten mengisi blog. Ini hal yang terpenting. Punya blog tapi jarang diisi tidak dapat mengundang pembaca yang datang.

6. Blogwalking.
Dengan blogwalking dan memberi komentar terhadap blog yang kita kunjungi tentu mendapatkan apresiasi dari empunya blog (mungkin saja), terutama pada blogger blogger yang sudah mempunyai DA/PA besar.

Dengan kita kunjungi blog orang dan memberi komentar, siapa tahu terdapat juga feedback yang kembali kepada kita walaupun efeknya tidak langsung sih.

Lihat juga : Blogger Part Time atau Full Time?

Ada juga cara menaikkan pageviews lainnya, yaitu dengan membangun konten pilar. Konten pilar yang saya tahu terutama dari situsnya mba evva, di ewafebri.com adalah artikel inti yang berisi konten berkualitas dan menjadi penopang artikel lainnya dengan jumlah karakter yang banyak minimal 1000 kata dan menambahkan link link internal yang memudahkan untuk navigasi pada artikel yang saling berkaitan.

Konten pilar memberi masukan pada artikel sebelumnya yang telah menyumbang pageview. Dengan hadirnya konten pilar menambah total pageview lebih banyak lagi. Konten pilar ini setidaknya ada pada salah satu artikel kita guna menyaring pengunjung setia.

Konten pilar memberikan manfaat lebih untuk artikel di blog kita, selain menambah artikel yang  berkualitas juga menambah nilai blog kita bagus di mata mbah google yang algoritmanya sunggug sulit ditebak.
Tapi sepertinya mbah google menyukai artikel yang panjang panjang layaknya membaca sebuah novel dalam search engine.

Sebenarnya saya juga bingung apakah konten pilar tersebut sudah ada dalam blog saya ya? Saya sendiri kurang begitu yakin, harus ada orang lain yang menilainya.
Mungkin saja sudah ada ciri konten pilar tersebut, tapi dilihat dari jumlah artikelnya yang bisa saja belum mumpuni untuk dibilang suatu konten pilar.

Lah koq saya jadi bingung sendiri ya? Oke deh jadi konten pilar ini masih menjadi pe-er besar bagi saya untuk dapat memperbaiki kualitas artikel blog ke depannya.

Nah, bagaimana dengan teman pembaca apakah ada hal lain yang dapat meningkatkan pageviews untuk suatu artikel bahkan blog secara keseluruhan? Seberapa penting sih pageviews untuk keberhasilan blog yang kita kelola ini? Yuk sharing :)

41 komentar untuk "Mengapa Pageviews itu Penting?"

Rohyati Sofjan 2/20/2019 Hapus Komentar
Konten pilar yang saya lihat dari blog Mbak Iid adalah bahasan mengenai keuangan, entah itu saham maupun peluang usaha lain. Yah, anggap saja demikian jika masih ada konten penunjang lainnya.
Kalau pageview besar itu akan membuat blog seakan punya gengsi di mata pembaca dan Google, menadi blog yang ramai kunjungan meski untuk beroleh banyak pembaca itu hal berat banget.
Saya saja tak tahu konten pilar saya kayak apa. Eh, Englisn-nya Pillart Content atau Content Pillar, sih? Kalau Content Pillar maka Indonesianya pilar konten.
Kita ini sesungguhnya sedang berproses mencari, selalu ada hal baru umtuk dieksplorasi. Jangan risau semoga ke depannya bisa lebih baik. Hanya butuh konsistensi dan fokus.
Oh ya, jangan lupa jaga kesehatan. Sakit akan membuat blog jadi terbengkalai kayak saya kemarin-kemarin.
Soal judul, yah, memang sulit cari kata kunci yang okle bagi SEO. Jalani saja agar kita kian ahli. Saya juga merasa sangat baru dengan blog kala memulainya lagi. Otak seakan lemot dalam memahami topik bahasan tertentu yang berkaitan dengan ilmu blogging serta bahasa kode. Lebih gampang nonton drakor saja, gak usah mikir terlalu dalam, ha ha.
Anisa Arpan 2/20/2019 Hapus Komentar
Cara paling asyik salah satunya ya BW. Selain bisa dapat info dari artikel2 orang lain, juga bisa dapat feedback hihi. Btw informasinya bermanfaat, mbak.
Kuanyu 2/20/2019 Hapus Komentar
Kalau saya sih menulis sebenarnya hanya hobi,cari kenalan,dan cari ilmu juga karna jujur dari blog banyak pelajaran dan ilmu baru yang kudapatkan,mulai dari editing,seo dan banyak lagi lah pokoknya,dan yang membuat blogging itu asik adalah ketika orang baca tulisan kita,itu rasanya bagaimana gitu ya,he-he,ada kebanggan tersendiri yang tidak bisa diungkapkan lewat kata-kata dan setiap ngeblog pasti ada yang namanya hal yang harus terus saya perbaiki,yaitu loading blog,mungkin ada masukan dari blogger lain bagsimana caranya meringankan loading blog agar cepat buanget,he-he
Intan Sudibjo 2/20/2019 Hapus Komentar
enak yah punya artikel evergreen,, pageone sepanjang massa, udh auto kipas itu mah haha, tapi emang sepertinya itu cukup sulit, berusaha aja deh
Ridsal 2/20/2019 Hapus Komentar
Sepertinya saya belum punya konten pilar-lah mbak.. Soalnya tulisan panjang saya, saya tulis 800 kata.. Kira-kira gimana ya mbak caranya bisa nulis 1000 kata??
Rohyati Sofjan 2/20/2019 Hapus Komentar
Setiap narablog punya tujuan dan fokus masing-masing pada blognya. SAda yang bingung dan ada yang sudah mantap betul. Kalau kita yang masih bingung mengenai pilar konten, bisa jadi merupakan bagian dari proses perjalanan hidup kita saja, Mbak.
Kalau dalam pandangan saya selama menjadi pengunjung blog ini sejak beberapa pekan lalu berkat BPN, saya lihat Mbak bahas hal personal dan tips, selain masalah finansial dan saham. Itu adalah pondasi yang kuat Bahwa kisah personal, tips, finansial, bahkan soal saham merupakan topik bahasan yang paling banyak dicari.
Dulu skala pencarian kita terbatas hanya pada resep masakan, parenting, jalan-jalan, dan hal lainnya. Namun seiring waktu tren akan bergeser mengikuti laju gerak dinamika masyarakatnya.
Eksplorasi saja tren yang tengah bergerak itu, Mbak. Menciptakan tulisan yang abadi alias evergreen memang tidak mudah, namun siapa tahu kelak bahwa tulisan kita tetap bermanfaat di masa mendatang dan banyak dicari orang. Kuncinya konsisten dan sabar.
Selalu bersemangat dan menebar kebaikan, ya, Mbak iid. Salam.
iidyanie 2/20/2019 Hapus Komentar
Iya enak banget, ya mari kita tanyakan pada suhu kang maman :)
iidyanie 2/20/2019 Hapus Komentar
Saya juga belum banyak artikel yang sampe 1000 kata nih, harus banyak belajar sama blogger pengalaman hehe, mungkin saran dari saya perbanyak riset aja mas ketika menulis artikel
iidyanie 2/20/2019 Hapus Komentar
Iyah betul kuncinya harus sabar ya mba, blog ga akan sukses dalam waktu semalam. Btw makasi pandangannya ya mba, yg mba bilang bener semua hihi
Ujwar Firdaus 2/20/2019 Hapus Komentar
BW itu kaya mengenalkan kita ke orang lain. Awal-awal, aku sering BW juga dan pengunjungku mulai berdatangan :D
anggi 2/20/2019 Hapus Komentar
sampai sekarang saya masih belom menentukan niche untuk blog saya, isinya masih campur-campur :D
Alfan Ismail 2/20/2019 Hapus Komentar
wih inspiratif mba, saya jadi terpacu untuk membuat konten yang lebih berkualitas dan konsisten
iidyanie 2/20/2019 Hapus Komentar
BW cara yang paling awet dan mudah ya
iidyanie 2/20/2019 Hapus Komentar
Ayo mba dibuat aja salah satu topik yang disenangi nanti nichenya terbentuk :)
iidyanie 2/20/2019 Hapus Komentar
Saya juga masih belajar nih membuat konten yang berkualitas
Hermansyah 2/20/2019 Hapus Komentar
Kalau blog download ada konten pilarnya apa ngga kalau ada konten pilarnya seperti apa?
Intan Sudibjo 2/21/2019 Hapus Komentar
setau saya, konten yg banyak gitu konten seperti novel dsb. visitornya pun memang unik karena bener bener suka baca,
Keza Felice (Bintang) 2/21/2019 Hapus Komentar
Emm jadi begitu. Aku belum lama sh tinggal di dlm blog, hehe. Btw, makash infonya kak. Bermanfaat banget buat yang masih baru hehe
Andie 2/21/2019 Hapus Komentar
Saya cukup BW aja mbak wahahahaha.. Soalnya identitas blog saya, susah sekali mau masukin hal-hal yang berfaedah banget gitu :))
Lucky Caesar 2/22/2019 Hapus Komentar
Tantangan terberat sampai skrng rasanya konsisten posting di blog mbaak. . Pasti ada aja hawa malas dan mager buat nulis wkwkw makasih banyak sharingnya mbaak, mau dicoba tipsnya mbak. 6 bulan PA hanya naik satu point wkwkw susahnyaa 😅
Himawan Sant 2/22/2019 Hapus Komentar
Tentang artikel yang bisa nangkring di page one, kadang aku bingung juga.
Karena sering kulihat artikel yang dibuat kurang dari 300 kata saja bisa ada dan bertahan di page one.
Apa penyebabnya ya ?.
Tuteh 2/22/2019 Hapus Komentar
Saya masih belum berpikir sampai ke DA/PA dan lain sebagainya. Tapi melihat pos Evvafebri Mak Bowgel soal pilar blog itu memang menarik. Dan terutama konsistensi menulis/mengupdate blog itu yang perlu terus dijaga hehehe.
iidyanie 2/22/2019 Hapus Komentar
Mungkin judulnya menarik, atau isinya berbobot..entahlah hanya google yang tau mas hehe :)
Lailin 2/23/2019 Hapus Komentar
Mungkin konten pilar blognya mbak ini mengenai finansial mbak. Saya juga bingung nih konten pilar blog saya apa, sejak mbak evva ngepost mengenai konten pilar haha :D yang susah sih kalau tiba tiba kena writer's block itu mbak, hehe
Rohyati Sofjan 2/23/2019 Hapus Komentar
Lebih tepatnya kalau nonton drakor bagi saya pengen mengulasnya, sayang karena panjang jadi bingung mau nulis apa. Mana harus ditonton sampai tamat. Duh.
Yakinlah Mbak iid bisa beroleh pilar utama bagi blog ini dengan tetrap rajin menulis dan mengeksplorasi pengalaman serta pengetahuan.
Mari sama-sama berproses, senang bisa ada kawan seperjuangan yang memulai dari titik bawah.
ewafebri 2/24/2019 Hapus Komentar
Namaku disebuuuuut , saya dataaang ! Hahhaa... Konten Pilar memang membantu untuk urusan visitor. Tapi menjaga konsistensi juga bisa meningkatkan pageview. Terbukti banget, konsisten menulis membuat Blog kita jadi sering dikunjungi. Hihihi..
Mbah Dinan 2/24/2019 Hapus Komentar
menurut saya page view itu penting, tapi yang lebih penting itu artikelnya juga. karena artikel yang bagus juga akan mendapat rank tersendiri dalam serp.

adakalanya kita menulis suatu artikel itu malah menjadi artikel yang evergreen. kadang kita juga bertanya kok bisa ya? padahal kita tidak menerapkan masalah seo sema sekali, alias asal tulis aja. namun secara tidak sengaja kita mungkin sudah membuat kata kunci yang bagus dilihat dari persaingan kata kunci dimesin pencari, mungkin juga quality content yang dianggap bagus oleh mesin pencari, dan banyak kemungkinan lagi. makanya kalau mau dikaji ulang masalah seo, sebenarnya yang dibutuhkan adalah seo onpege sederhana, namun kita konsen menulis dengan mengedepankan kualitas konten itu sendiri. sederhana, nyaman dibaca, gak kebanyakan, dan menerapkan seo sederhana. maka, hasilnya yakin bagus untuk serp
Bang Doel 2/25/2019 Hapus Komentar
Kang Maman emang joss hihi

saya juga kayaknya ada konten yang evergreen kayak gitu, jadi nyumbang hampir 50% views blog. Setiap hari, ya dari artikel itu blog saya dapet pengunjung. Pengin nulis hal yang sama juga, jadi kalo lagi males nulis bisa tenang karena selalu ada views yang konsisten masuk.
iidyanie 2/25/2019 Hapus Komentar
Hmm bisa jadi ya mbah, saya belum pandai menerapkan kata kunci yang pas dgn seo apalagi seo onpage hehe
iidyanie 2/25/2019 Hapus Komentar
Wah keren, itu semacam investasi dalam blog ya gak perlu capek2 nulis, viewsnya terus aja ada :)
Agus rusdi 2/26/2019 Hapus Komentar
saya nulis aja mbak karena kalau berharap pengunjung yang banyak seperti susah sekali
Himawan Sant 2/26/2019 Hapus Komentar
Rahasia google punya itu namanya hehehe ... :)

Tapi meski pernah lihat ada artikel ditulisnya kurang dari 300 kata bisa nangkring di page one, ada baiknya kita tetap menulis sebisa mungkin mencapai 1000 kata agar publik juga tau kalo kita punya keahlian menulis.
Ya kan kak :) ?.
Jane Reggievia 2/27/2019 Hapus Komentar
Selain nulis konten berkualitas, kayaknya BW itu yang paling efektif sih buat saya pribadi. Selain bisa baca-baca artikel bagus, jadi bisa kenal dengan blogger lainnya juga (:
iidyanie 2/27/2019 Hapus Komentar
Iya betul sekali agar terasah kemampuan menulis, siapa tau ada yg melirik kita buat nulis buku gara2 blog :)
iidyanie 2/27/2019 Hapus Komentar
Betul sekali mba
dewyanayanis 2/27/2019 Hapus Komentar
Bermanfaat sekali untuk pemula seperti aku, makasih mba artikelnya
Devina mutia azzahra 2/28/2019 Hapus Komentar
Konsistensi itu memang merupakan pr pr be buat saya kadang pas semangat bisa sampe 3 artikel sehari tapi pas buntu sebulan gak muncul2 idenya
Rohyati Sofjan 3/03/2019 Hapus Komentar
Saya cuma mengulaa drakor secara garis besarnya saja, kesimpulan dari isi cerita. Duh, mengulas itu kadang susah juga, mau yang mana, ha ha.
Semangat, Mbak. Semoga nanti bisa lancar setelah bersusah payah dulu.
Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com 3/09/2019 Hapus Komentar
Bisa kok mbaaa..
Punya PV ribuan perhari juga bisa kok asal kita konsisten.
Kalau saya, terus terang, penyumbang PV otomatis justru dari postingan2 yang lama yang sama sekali saya tulis dengan kacau, gak pakai tehnik seo dll.
Gak tau kenapa kok ya keindex Google dan nyumbang PV selalu tiap hari

Kalau saya, tips agar ga mandek, saat ada ide,saya langsung tulis di draft, judulnya ama poin2 pentingnya.
Jadi saya punya banyak simpanan ide yang bisa ditayangkan saat sedang blank.

Masalah saya cuman satu.
Andai anak2 bisa ngasih emaknya waktu 2 jam saja tanpa diganggu, sebel kadang masih nulis dipanjatin anak hiks
Maman Achman 11/13/2020 Hapus Komentar
Eh, ada nama blog saya di postingan keren ini, mantap mbak Iid bisa membawa saya meluncur kesini. Makasih juga buat Bang Doel yang sudah 'mencolek' saya, hehee..

Seperti saya jelaskan di artikel soal Marsha dan beruangnya, memang artikel tersebut saya tulis tanpa seo-seoan, hanya tulisan biasa saja. Tapi kalo menurut Google itu cukup baik dan bisa mendatangkan banyak pengunjung, hal tersebut merupakan kebahagiaan tersendiri buat saya.

Jadi intinya kita menulis mengalir aja, soal hasilnya biar pembaca yang menentukan, gitu aja sih dari saya mbak.

Terimakasih 🙏
iidyanie 11/13/2020 Hapus Komentar
Saya pikir waktu itu sudah mencolek mang maman untuk baca artikel saya ini, mungkin saya lupa ya wkwk. Benar mang menulis mengalir aja dan mudah-mudahan ada kata kunci di dalamnya buat datangin pengunjung organik :D