Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mainan Favorit Masa Kecil Dulu


Bicara tentang kenangan masa kecil bagi saya adalah hal yang tak terlupakan. Banyak kenangan lucu yang membuat saya ingin mengingatnya kembali. Mengingat masa kecil sering dihubungkan dengan mainan masa kecil dulu. Seperti permainan jaman saya kecil yang saya lakukan bersama saudara kandung, saudara sepupu ataupun dengan tetangga sewaktu masa kecil.

Mainan mainan ini menurut saya tak lekang sepanjang masa, sampai sekarang pun masih ada yang memainkannya, meskipun frekuensinya tak sesering dulu, karena digeser oleh hadirnya gadget. Mainan apa sajakah itu?

Mainan Orang orangan / Bongkar Pasang

Sumber : dolananjadul blogspot.com

Mainan ini sering saya lakukan bersama adek kandung saya waktu jaman SD dulu, membeli bongkar pasang setiap harinya dengan harga yang sangat murah waktu itu hanya 100 perak saja 😂 untuk mendapatkan baju baju yang bervariasi dan karakter perempuan yang cantik cantik.

Seringkali saya harus bermain agak sedikit kreatif untuk membuat ceritanya sedikit hidup, seperti bermain story telling agar mainannya jadi bertema, terus memakai kotak korek api yang dibungkus rapi dengan kertas untuk tempat duduk orang orangan.

Memakai bungkus rokok bekas milik ortu untuk tempat tidur orang orangan dan juga memakai kardus indomie yang dipotong potong untuk membuat rumahnya.
Cukup kreatif sekali saya rasa waktu itu hanya untuk bermain orang orangan saja. Hihihi..

Mainan Game boy (Gimbot)

Sumber : bagusadisatya blogspot.com

"Main Gimbot bikin pusing, dulu gembrot sekarang langsing", entah siapa yang mempopulerkan kata itu ya, sampe memasukkan kata gimbot, mungkin dia adalah fans berat gimbot atau anti fans karena dia bilang gimbot bikin pusing. Bukan pusing sih menurut saya tapi mainannya nyebelin 😂

Dibeliin ortu hanya satu saja padahal kan ada saya, abang dan juga adek. Mungkin karena pada jaman itu masih mahal kali ya saya lupa berapa harganya. Jadi karena hanya satu jadinya kami bermainnya ganti gantian, kalo menang dia lanjut kalau kalah baru deh gantian.

Kebayang kan kalau menang terus mainnya ya lanjot aja, yang menunggu bosennya kayak apa wkwk. Isi mainannya padahal hanya tetris dan tembak tembakan bom saja, tapi malah bikin kecanduan, ini nih asal mula gadget sepertinya karena bikin yang main seperti lupa waktu dan lupa keadaan. Yang bikin mood itu kalau main dan menang si gamenya bilang 'pinter juga lu', tapi kalau kalah dia bilang 'bego lu', set dah ah saya dikatain bego, auto lempar ke lantai jadinya wkwk tapi untung ga rusak, emang mainan jaman dulu awet banget ya

Mainan Boneka Barbie

Barbie dan temen temennya

Sempet nih main Boneka Barbie waktu jaman SD dulu tapi gak lama sih, karena untuk beli bonekanya aja gak murah, belom beli set baju, tas dan sepatunya, harus rayu rayu ortu dulu buat belinya. Untungnya untuk kayak gini ortu masih mau beliin, tapi uang jajan agak sedikit berkurang, hiks.

Untuk mainnya lebih enakan main bersama temen sekolah yang notabene anaknya orkay yang punya rumah rumahan Barbie orisinil yang besar, karena isi rumahnya sudah pasti komplit ada meja makan, tempat tidur , dapur dan juga mobilnya, wow!! Suka banget liat perintilannya, tapi nggak untuk harganya, mihil banget bok!! Bisa nangis ortu buat beli tapi untungnya saya pun gak tega merengek buat minta hihihi. Jadi inget kalo sekarang saya ke Mall lihat segala macam aksesoris Barbie yang macam macam. Tapi sekarang yang bikin saya tertarik bukan Barbie tapi The Sylvanian Families pada imut banget soalnya hihi..

Main lompat karet

Sumber : merahputih com

Hayoo siapa yang dulu suka main lompat karet?? Suka main pake celana pendek atau pake rok??hahaha. Main lompat karet emang lebih seru kalau dilakukan sama teman sekolah sehabis pulang pulang sekolah tentunya. Main lompat karet ini enaknya bertim. Jadi sambil main sambil bersosialisasi sama teman teman.

Permainan ini dimulai dari hompimpah dulu untuk menentukan urutan pemain dan awalnya mudah karena dimulai dengan lompat yang rendah dulu, dari semata kaki, terus selutut, terus sepinggang, terus seperut, terus sedada, terus sekuping, nah dari sekuping ini ke atas ini jadi agak susah deh, belum lagi kalo sekupingnya temen yang tingginya lebih tinggi dari kita, waduh jingkat jingkat jadinya. Permainan ini seru banget sebenernya karena bikin greget maunya nyampe aja gitu lompat karetnya. Kalau main lompat karet bagusnya pake celana aja dibandingkan pake rok, karena resiko yang ngintip pasti ada aje deh hahaha

Main Setatak / engklek


Sumber : masaginews com

Mainan rakyat ini masih populer sampai sekarang. Saya suka main ini bersama dengan temen tetangga di lapangan terbuka dekat rumah. Permainannya memakai batu/gaco untuk tanda dan digambar dengan kapur tulis untuk ruang permainannya. Dulu suka main itu tapi tetep gak ngerti aturan permainannya smpe sekatang cuman ingat kita harus lompat dengan satu kaki untuk berjalan dan 2 kaki ketika ketemu rumahnya.

Main masak masakan

Sumber : yukkepo com

Main masak masakan disini bukan dengan mainan yang alat alatnya seperti sekarang ini terbuat dari plastik semua. Tetapi memakai alat seadanya aja seperti dari kaleng.
Lebih enak bermain dengan tetangga karena perlengkapan dan bahan bahan untuk masak tinggal diambil aja apa yang ada di sekitar rumah, ketemu batu bata merah ya ambil utk kompornya, ketemu kaleng makanan ya ambil untuk kualinya, terus aduknya pake sendok besi yang besar diambil dari rumah, palingan nanti emak nyariin kemana sendok nasinya.

Senengnya tuh main masakan tapi makanannya beneran bisa dimakan, dengan bahan yang seadanya aja, seperti masak nasi goreng di kaleng, atau goreng kentang ataupun bakar ubi, nanti semuanya ikut icip tak ketinggalan anak laki lakinya yang cuman numpang makan hihihi seru banget kalau diingat ingat deh.

Selain mainan yang saya sebutkan diatas tadi, mainan lain seperti Bola bekel, main ular tangga, nintendo dan tamagochi juga saya suka. Hehe udah ketauan belum saya angkatan berapa? 😁
Lalu bagaimana denganmu, apa mainan favorit masa kecil dulu? Sharing dong :)

#DAY25  #BPN30DaysChallenge2018

2 komentar untuk "Mainan Favorit Masa Kecil Dulu"

Doorslag 6/20/2019 Hapus Komentar
Baju boneka kertas biasanya dijual di depan SD tuh dulu. Dan sekarang pun masih ada yang produksi ternyata, barusan cek di marketplace masih banyak jual. Lalu untuk game gimbot, kalau sekarang mau nostalgia pun bisa pakai Android. Yaa... kendati tidak semodern game baru, tapi ada kesan gimana gitu.
iidyanie 6/21/2019 Hapus Komentar
Iya mas walaupun skrg udh bisa pake emulator dgn hp tapi emang asyik pake gimbot yg dulu :)