Strategi Bisnis Online Shop dan Kekuatan Media Sosial
Meski pandemi belum usai bisnis tetap harus berjalan. Bisnis fashion adalah salah satu contoh bisnis yang terdampak akan pandemi ini. Banyak bisnis fashion konvensional yang menjadi gulung tikar akibat tidak bisa bertahan dengan bisnis fashion raksasa yang mempunyai backing yang kuat untuk bertahan.
Oleh karena itu cara mempertahankan agar bisnis kamu tetap berjalan adalah menyesuaikan dengan tren permintaan pasar dan gaya hidup yang ada. Seperti membuat masker yang sesuai dengan motif pakaian, membuat hoodie jaket atau hijab trendi yang juga bisa berfungsi menjadi masker. Selain itu juga memproduksi pakaian santai yang nyaman tetapi tetap modis walau di rumah aja.
Menyesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini, strategi bisnis online penting dilakukan karena mobilitas masyarakat sebagai konsumen terhenti pada kegiatan offline dan beralih pada kegiatan online. Tidak berani keluar rumah terlalu sering, menghindari kegiatan berkerumun seperti ke mall atau pasar juga lebih memilih kegiatan di dalam rumah. Ini menuntut banyak bisnis juga beralih ke cara online alias membuka online shop atau toko daring.
Peran Media Sosial Untuk Membantu Promosi Jualan Online
Gaes, sudah tahu kan bahwa media sosial merupakan platform yang efektif untuk mempromosikan jualan online. Tak hanya media sosial seperti facebook dan instagram saja, platform twitter yang dulu hanya tempat sambatan semata oleh penggunanya kini juga mulai dilirik sebagai media sosial yang efektif untuk mempromosikan jualan online di masa pandemi ini. Bagaimana caranya? yuk kita simak informasinya di bawah ini :)
Promosi Melalui Twitter
Sebut saja Mawar, seorang pebisnis yang sukses meraup untung melalui bisnis Triftshop yang ia rintis saat pandemi kemudian ia promosikan dengan cara online. Mawar tau di twitter banyak anak muda yang menyukai kisah sukses akan seseorang yang juga anak muda ataupun berjiwa muda, lalu ia pun membuat thread khusus bagaimana orang bisa mencapai kesuksesan seperti yang Mawar raih dan ia pun akhirnya sukses membuat warga twitter menyukai ceritanya. Indikatornya adalah ia mendapat ribuan like dan retweet dalam sehari, bahkan reply-an yang bertubi-tubi sampai Mawar pun kewalahan dalam menjawabnya.
Promosi Melalui Instagram
Sama halnya dengan Mawar, ada juga Rosa yang menjual dagangannya yang sangat dibutuhkan di masa pandemi ini melalui sosial media Instagram. Strategi bisnis online shop yang ia jalankan adalah dengan membuat konten bermanfaat yang rajin ia share juga di-mix dengan konten video yang kreatif ala Tiktok. Hingga ia menjadi kebanjiran like dan komentar dan ia pun kebanjiran order di saat pandemi ini.
Peran sosmed tidak bisa dianggap enteng, tingkat kebutuhan akan media sosial yang sangat tinggi belakangan ini karena pengaruh pandemi membuat bisnis melalui sosial media menjadi begitu penting sebagai cara yang efektif untuk promosi bisnis online. Namun bila tidak serius dalam menjalankannya, hasilnya juga tidak akan berdampak bagi bisnis yang kita kelola.
Berikut ini adalah tips dan langkah berpromosi di media sosial yang efektif dan mudah diikuti
Tips Sukses Promosi Brand dan Produk di Media Sosial
1. Buat Akun Khusus Untuk Melakukan Promosi
Saat mulai berjualan online, ada baiknya kamu membuka sebuah akun khusus untuk berjualan dan tidak bercampur aduk dengan akun pribadi. Misal di membuat akun di Instagram dan membuat fanpage khusus di facebook. Akun yang khusus menandai bahwa kamu serius untuk berjualan online. Saat sudah membuat akun media sosial di 2 platform tersebut, maka tinggal kamu hubungkan untuk membuat akun Instagram menjadi sebuah akun bisnis.
2. Buat Konten Bermanfaat Untuk Follower
Membuat konten bermanfaat merupakan strategi online shop yang tepat dalam menyebar luaskan informasi produk atau brand kamu lho. Konten bermanfaat yang seperti apa yang dimaksud di sini?.. Yaitu konten yang relevan dengan jualan online kamu.
Misalnya konten yang memberikan informasi tentang bahan dari produknya, siapa saja yang membutuhkan produknya, serta benefit dan kelebihan dari produk yang dijual. Sebaiknya sampaikan dengan cara story telling atau teknik bercerita yang ringan dan imajinatif yang lebih menekankan soft selling dan bukan hard selling.
3. Rajin Posting dan Bangun Interaksi
Lakukan promosi di jam-jam tertentu saat masa produktif pengguna dengan minimal 2-3 kali dalam sehari. Pada Instagram perhatikan konten berupa feeds foto, atur foto serapi dan sebagus mungkin. Terkadang selipkan kata-kata motivasi untuk follower, selipkan juga konten berupa video yang menarik perhatian agar calon pembeli tertarik untuk memfollow akun online shop kita. Jangan lupa bangun interaksi yang baik dengan follower dengan menjawab pertanyaan dengan santun tapi asyik. Semoga dengan ini follower pun semakin bertambah.
4. Siapkan Bujet Khusus untuk Giveaway dan Iklan
Jika bujet lebih sisihkan setiap bulannya untuk mengadakan giveaway kecil-kecilan kepada follower setia atau dengan memberikan hadiah diskon menarik untuk follower yang beruntung. Sisihkan juga jika kamu ingin merasakan beriklan melalui sosial media. Menggunakan jasa influencer juga bisa kamu pertimbangkan untuk membrandingkan akun atau sekedar promosi produk.
5. Platform Online Shop yang Terintegrasi dengan Sosmed
Terkadang pembeli lebih percaya dengan marketplace karena lebih aman saat berbelanja dibanding belanja langsung lewat sosmed. Tapi tau sendiri kan ya persaingan penjualan di marketplace itu sangatlah besar, apalagi kalau bisnisnya fashion.
Maksud hati ingin branding akun di marketplace dan mendapatkan hasil yang maksimal tapi ternyata tenggelam dengan saingan brand yang lebih besar. Belum lagi dengan aturan-aturan yang sangat ketat yang bisa saja membekukan akun di marketplace jika melakukan kesalahan. Duh, rugi bandar :'(
Nah, membangun website toko online menjadikan bisnis kamu terlihat profesional dengan branding, dan calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang diinginkan. Ingin beralih ke online shop alias toko online yang khusus tanpa meninggalkan sosial media yang telah mempromosikan produkmu? AVANA solusi terbaik buat mu lho...
AVANA Pilihan Terbaik Untuk Membangun Online Shop
AVANA adalah platform social commerce yang membantu para pebisnis dan UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui media sosial seperti facebook, instagram, line, telegram hingga whatsapp yang dapat terintegrasi dengan website toko online. Inovasi teknologi yang dihadirkan oleh AVANA membuat pebisnis lebih mudah mengoperasikan toko online dan menjadi lebih fokus pada penjualan.
Benefit dan Fitur AVANA
AVANA menawarkan benefit seperti dapat berjualan langsung melalui Facebook Store, Instagram Shopping, Messenger Store, Whatsapp Commerce. Juga dilengkapi fitur dengan kelola stok dan pesanan, fitur manajemen reseller yang dapat mengatur database reseller dengan baik dan terotomasi. Lalu juga ada fitur digital marketing untuk melihat performa trafik website toko seperti SEO, Facebook Pixel dan Google Shopping. Beragam manfaat lainnya bisa kamu lihat di situs AVANA.
Coba Gratis AVANA
Untuk mencobanya kamu bisa mendaftar secara gratis selama 14 hari lho dan juga tersedia 4 level lainnya seperti Beginner, Business, Agent, dan Enterprises. Lebih dari 60.000 toko online yang telah bergabung dengan AVANA dan siap untuk bersaing untuk mendapatkan peringkat global karena AVANA juga ada di Malaysia dan Singapura. Yuk, tunggu apalagi gaes, segera buka toko online-mu dan dapatkan berbagai kemudahan yang mungkin tidak kamu dapatkan di tempat lainnya, untuk informasi lengkapnya kunjungi https://avana.id/ .
Sumber :
- Gambar gratis menggunakan freepik.com
- blog.avana.id
16 komentar untuk "Strategi Bisnis Online Shop dan Kekuatan Media Sosial"
Untuk avana sepertinya menarik ini untuk belajar bisnis online.
Info baru nih kalau ternyata ada e commerce nama AVANA.
Jadi dapat tambahan pengetahuan lagi nih. 👍
Mohon maaf Link Hidup, juga Link langsung menuju artikel dan user UNKNOWN tidak akan saya tampilkan karena akan menyebabkan broken link bagi blog saya.
Terima kasih atas pengertiannya 🙏😊