Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Morinaga Susu Soya, Susu Pertumbuhan Terbaik Untuk Anak Alergi

 

morinaga susu soya susu pertumbuhan terbaik untuk anak alergi


Siapa sih orangtua yang tidak mau melakukan terbaik untuk anaknya? Saya yakin semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Sejak Rizki lahir saya selalu memastikan untuk memberikan nutrisi terbaik untuknya. Mulai dari memberinya ASI selama 2 tahun dan MPASI yang sehat dengan makanan seimbang yang diselingin cemilan berupa buah-buahan dan snack sayur bergizi.

Sesudah Rizki melalui masa menyapihnya saya memberikan nutrisi tambahan selain makanan yaitu berupa susu formula dari susu sapi agar gizi yang didapat seimbang dan berat badannya bertambah. Tanpa saya sadari sepenuhnya apa penyebabnya, selama sebulan susu itu ia konsumsi kadang ia selalu mengalami perut kembung dan juga fesesnya sering encer, berat badannya pun tidak mengalami perubahan. Kemudian di bulan selanjutnya saya sempat stop sufor barangkali tidak cocok dengan sufor tersebut dan kembali minum sufor merek lain di bulan berikutnya.

Ternyata kejadian terulang lagi, tak sampai sebulan Rizki mengalami diare yang parah yang diawali dengan mual dan muntah. Rizki saya bawa ke klinik terdekat terlebih dahulu, setelah tiga jam berselang tak ada perubahan dan makin dehidrasi padahal telah diberi obat, akhirnya saya dan suami membawanya ke rumah sakit untuk segera ditangani oleh ahlinya dokter spesialis anak. Pada dokter kami menceritakan kronologisnya dan dokter melakukan wawancara singkat dengan kami sebagai orang tua. Akhirnya didapat informasi bahwa Rizki mengalami intoleransi laktosa sama seperti yang saya alami juga sedari remaja sampai sekarang.

 

saat si kecil diare karena intoleransi laktosa
Saat si kecil diare karena intoleransi laktosa

Intoleransi Laktosa, apakah itu?

Intoleransi Laktosa menurut Alodokter adalah masalah pencernaan yang terjadi saat tubuh tidak dapat mencerna laktosa, yaitu salah satu bentuk gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya. Orang yang mengalami intoleransi laktosa tidak menghasilkan enzim laktase yang cukup, sehingga laktosa yang tidak tercerna masuk ke usus besar lalu terfermentasi oleh bakteri, dan menimbulkan berbagai gejala. Gejala tersebut antara lain mual, perut kembung, diare, kram perut, sering buang angin dan lain-lain.

Dokter spesialis anak yang menangani anak saya, memberinya terapi probiotik dan buah pisang sebagai sumber prebiotik dalam penyembuhannya agar usus pencernaan dapat sembuh seperti sedia kala. Terapi penyembuhan diarenya tidaklah sebentar, karena probiotik yang diberi bekerja secara alami untuk mengembalikan bakteri baik di dalam ususnya. Akhirnya setelah 5 hari Rizki diperbolehkan pulang dengan catatan ia tidak boleh dulu mengkonsumsi sufor yang berasal dari susu sapi sebagai pencetus intoleran laktosa pada pencernaannya.

Keseimbangan gizi dan kesehatan sangat mempengaruhi pertumbuhan anak dan saya sadar #WaktuTakBisaKembali. Oleh karenanya saya harus mengejar ketertinggalan berat badannya yang menyusut disebabkan diare yang ia alami. Setelah Rizki sembuh total, saya segera mencari susu yang sesuai untuk perkembangan tubuhnya dan sarat akan gizi.

 

Alergi Susu Sapi, mungkinkah?

Saat ini banyak sekali anak yang mempunyai alergi susu sapi yang sering juga dibilang alergi protein susu sapi atau bisa jadi anak tersebut mengalami laktosa intoleran pada susu sapi. Pada kenyataannya laktosa intoleran dan alergi protein susu sapi adalah dua hal yang berbeda.

Keduanya sama-sama disebabkan oleh susu sapi. Reaksi alergi yang muncul karena konsumsi susu sapi bisa berbeda-beda pada setiap anak. Mulai dari anak mudah rewel, marah, gatal-gatal pada kulit, muntah, mencret, diare dalam waktu yang lama serta gejala lainnya. Ayah dan bunda wajib mengetahui hal ini sedari ia lahir atau ketika akan memulai masa menyapih ASI.

Reaksi  yang ditimbulkan akibat alergi atau intoleran susu sapi itu beragam, bisa lebih cepat atau bahkan lebih lambat. Akan tetapi lebih cepat mengetahui akan lebih baik, bukan? Ayah dan bunda bisa mengetahuinya dengan baik melalui Cek Alergi pada anak. Atau bisa juga follow Instagram @MorinagaPlatinum untuk informasi seputar anak alergi lainnya.

Tips untuk anak yang tidak bisa mengkonsumsi susu sapi :

Tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan asupan vitamin D yang layak, karena bisa diganti dengan asupan makanan yang kaya vitamin D dan mengandung kalsium dan protein.

Makanan kaya vitamin D adalah bayam, brokoli, jamur, produk kedelai olahan, ikan haring, ikan salmon, tuna, sarden, minyak hati ikan kod ataupun kuning telur. Menurut penelitian pemberian probiotik dan vitamin D3 dapat menstabilkan sistem imun sehingga dapat menghindari alergi. 

Selain dari asupan makanan, vitamin D bisa didapat dari paparan sinar matahari di pagi hari yang mengandung ultraviolet B. Caranya dengan mengajak anak untuk berjemur, bermain atau berolah raga di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit sehingga anak dapat menghasilkan vitamin D dari tubuhnya.

 

Susu Soya untuk Anak Alergi Susu dan Laktosa Intoleran

Susu soya juga mengandung vitamin D dan bisa menggantikan keberadaan susu sapi yang selama ini kita ketahui mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Ya susu yang berbahan dasar kacang kedelai atau soya ini sangat cocok untuk anak yang mengalami potensi masalah dalam pencernaannya, seperti intoleransi laktosa ataupun anak yang alergi dengan protein susu sapi.

Susu soya mungkin cocok untuk siapa saja, untuk anak dan untuk dewasa. Akan tetapi tidak cocok untuk yang memiliki alergi terhadap jenis kacang-kacangan. Alhamdulillah anak saya Rizki ketika minum susu soya ia tidak mengalami masalah yang berarti. Sehingga ia bisa belajar membaca dengan baik dan fokus tanpa mengalami gangguan pencernaan kembali di dalam tubuhnya.

rizki dan morinaga chil school susu soya
Morinaga Chil School SOYA untuk anak alergi dan laktosa intoleran


Kandungan Gizi Morinaga Chil*School SOYA

Saya pilih susu Morinaga Chil*School SOYA untuk susu pertumbuhan Rizki agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Terbuat dari bahan dasar isolat protein kedelai (nabati) tanpa tambahan laktosa sehingga aman untuk si buah hati yang alergi susu sapi. Dengan dua rasa pilihan vanila dan madu yang enak dan tidak eneg membuat anak jadi tambah senang minum susu.

MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multi talenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal. Morinaga Soya adalah satu-satunya susu formula pertumbuhan dengan protein soya yang diakui BPOM dan dilengkapi dengan kandungan Kolin DHA, AA, AL, AAL, dan zat besi untuk mendukung fungsi otak dan perkembangan sistem saraf dan penglihatan.

Juga terdapat kandungan kalsium yang merupakan salah satu komponen membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Pendukung tumbuh kembang anak sejak awal kehidupannya dan vitamin D yang memiliki fungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh dengan membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

Kemudian mengandung 16 asam amino dengan komposisi seimbang dan diforti-fikasi dengan L-Metionin, Sistein, dan Taurin yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Serta mengandung kombinasi nutrisi sinbiotik (sinergi dari probiotik dan prebiotik) dengan 3 jenis Bifidobacteria HRB (Human Residential Bifidobacterium) yang berasal dan hidup di usus manusia.

Ketiga jenis Bifidobacteria itu antara lain :

1. Bifidobacterium Longum BB536 untuk mendukung sistem imun dan mencegah infeksi saluran pernafasan seperti mencegah penyakit Ispa

2. Bifidobacterium Breve M-16V untuk mencegah alergi dan mendukung kesehatan saluran pencernaan seperti mencegah penyakit diare dan sembelit

3. Bifidobacterium Infantis M63 yg berfungsi untuk memperbaiki mikroflora usus di dalam saluran cerna sehingga penyerapan nutrisinya menjadi lebih optimal.

 

petunjuk dan kemasan susu morinaga chil school soya
Kemasan Morinaga Chil School SOYA

Petunjuk Penyiapan Susu Morinaga Chil*School Soya :

  1. Cuci tangan dengan sabun dan cuci bersih semua peralatan dengan air mengalir
  2. Tuangkan 180 ml air matang hangat (kurleb 40oC) ke dalam botol atau gelas bersih
  3. Tambahkan 6 sendok takar peres (46g) Morinaga Chil*School Soya dengan menggunakan sendok takar yang tersedia di dalamnya.
  4. Aduk sampai larut, kemudian periksa suhu larutan yang telah larut. Morinaga Chil*School Soya siap dihidangkan dan diminum segera.
  5. Segera diminum susu setelah dilarutkan. Jangan diminum jika lebih dari 2 jam susu tidak disentuh.
  6. Simpan kemasan susu di tempat yang kering, bersih, dan jangan terkena sinar matahari langsung. Jangan simpan produk dalam lemari pendingin.

Nutrisi yang lengkap dan bergizi untuk anak tersayang semua saya dapatkan dapatkan dari susu Morinaga Chil*School SOYA, merupakan susu pertumbuhan terbaik yang komplit akan nutrisi, rekomendasi untuk anak yang memiliki potensi dan alergi susu sapi sedari usia 1 tahun.

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk Morinaga Chil*School SOYA bisa langsung cek di :

Instagram : @morinagaplatinum

Facebook : Morinaga Platinum Fanpage

Twitter : @morinagaid

Ayah Bunda, yuk berikan nutrisi yang terbaik untuk si buah hati dengan nutrisi yang tepat dan sarat akan gizi.

morinaga susu soya chil kid banner


Sumber :

www.alodokter.com/intoleransilaktosa
www.hellosehat.com/alergisususapi

 

45 komentar untuk "Morinaga Susu Soya, Susu Pertumbuhan Terbaik Untuk Anak Alergi"

Vicky Cahyagi 9/07/2020 Hapus Komentar
Produk ini solusi bagi anak yang alergi dan mungkin juga benci susu sapi. Proteinnya tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Jujur, saya juga lebih senang olahan kedelai, seperti susu kedelai, puding tahu kedelai, kembang tahu, sampai mendoan hehe...
Munasyaroh 9/07/2020 Hapus Komentar
Alhamdulillah, keadaan alergi susu sapinya bisa langsung diketahui dan ditangani. Gak kebayang kalau terus-terusan dikasih susu sapi karena tidak tau. Keberadaan susu Soya tentu sangat membantu anak yg alergi susu sapi
Kata Nieke 9/09/2020 Hapus Komentar
Morinaga ini punya kualitas bagus dari dulu. Zaman adik saya masih bayi juga pakai Morinaga. Bagus juga merek ini bikin inovasi untuk yang punya alergi susu sapi, yakni dengan susu soya.
Rohyati Sofjan 9/09/2020 Hapus Komentar
Saya pertama kali baca kisah alergi susu sapi dari cerpen sastra. Soya menang yang terbaik bagi anak. Kasihan sekali jika anak kita alami alergi padahal penting'untuk minum susu.
Syukurnya ada solusi untuk mengatasi intoleransi laktosa dengan adanya Morinaga.
Mei Daema 9/09/2020 Hapus Komentar
sodara saya ada yang alergi dengan susu sapi kak, jadi mamanya sangat hati-hati kasih dia minum susu, dan baru beberapa bulan ini dia nyobain susu ini, gara-gara direkomendasiin sama tetangganya
iidyanie 9/10/2020 Hapus Komentar
Benar mas, susu soya solusi terbaik buat yang gak bisa minum susu sapi rasanya enak gak bau kedelai malah
iidyanie 9/10/2020 Hapus Komentar
Iya mba kasian dipaksakan kalau pencernaan gak cocok, untungnya ada susu soya morinaga yang dapat menggantikan susu sapi
iidyanie 9/10/2020 Hapus Komentar
Sudah terpercaya sejak dulu ya mba susu Morinaga ini :)
iidyanie 9/10/2020 Hapus Komentar
Iya mba beruntungnya sekarang sudah ada susu soya yang dapat menggantikan susu sapi bagi anak alergi
iidyanie 9/10/2020 Hapus Komentar
Syukurlah ya mba, kasian memang kalau dipaksakan minum susu sapi yang bikin dia alergi
Nchie Hanie 9/10/2020 Hapus Komentar
Alhamdulillah ya Rizkii kembali sehat, ada solusi susu soya yang nutrisinya pun ga kalah bagus dengan susu sapi.
Suka banget dengan catatan petunjuk menyiapkan susu , yang kadang ada hal yang terlupakan, hihi.

Sehat selalu ya adek Rizki.
Dessy Achieriny 9/10/2020 Hapus Komentar
Anak adikku alergi susu sapi mbak, jadi kalau minum susu sapi mukanya jadi gatal2 merah. Kalau ada pilihan susu Soya gini membantu bgt memang apalagi yg kaya nutrisi.
Reyne Raea 9/11/2020 Hapus Komentar
Sedih ya kalau anak alergi susu sapi, namun untungnya inovasi terus maju hingga hadir susu buat anak alergi dengan kandungan yang tidak jauh beda dari susu sapi dan tentunya aman :D
nurul rahma 9/11/2020 Hapus Komentar
Anak alergi tetep bisa tumbuh kembang secara optimal ya
Asalkan didukung nutrisi yg paripurna, serta cinta kasih dari ortunya
ginanelwan 9/11/2020 Hapus Komentar
Aku pernah punya pengalaman juga ttg alergic pada anak, disaat anakku masih bayi..eh krn gak ASI ekslusif...aku berikan sufor...dan.......timbul merah2 akibat alergi laktosa. Sempat minum susu soya, yang sangat membantu untuk asupan nutrisinya.
Keke Naima 9/11/2020 Hapus Komentar
Anak yang alergi susu sapi pun sekarang sudah bisa mendapat asupan terbaik. Ada susu soya Chil Kid
Elly Nurul 9/11/2020 Hapus Komentar
Punya anak dengan riwayat alergi memang ngga mudah, butuh jadi orangtua yang tanggap, karena jika salah mengkonsumsi bisa jadi hal yang kurang baik juga bagi anak, maka harus diperhatikan asupan nutrisinya salah satunya susu pertumbuhan dengan kandungan soya
Mechta 9/11/2020 Hapus Komentar
Alhamdulillah sudah ketemu susu yg cocok utk anak yg alergi susu sapi ya.. Trmksh infonya mba..
Mugniar 9/11/2020 Hapus Komentar
Walaupun intoleransi laktosa dan tidak bisa minum susu sapi, alhamdulillah ada susu soya yang rasanya enak ya, Mbak. Jadi gak khawatir dengan kecukupan nutrisinya.
Okti Li 9/11/2020 Hapus Komentar
Kualitas dan kandungan nutrisi Morinaga memang bagus. Fahmi putra saya usia dua sampai empat tahun juga konsumsi Morinaga. Bahkan UHT nya, ChilGo itu suka banget...

Semoga putra-putri kita sehat selalu ya
Demia Kamil 9/12/2020 Hapus Komentar
susu soya ini jadi solusi banget buat anak anak yang punya alergi susu sapi yaaa, anaknya temenku juga nih ada yang alergi susu sapi jadinya susu soya pakenya hihi
Monica Anggen 9/12/2020 Hapus Komentar
Ikut bahagia dengar Rizki sehat kembali ya. Ada memang anak-anak yang tak tahan susu sapi dan jadinya alergi. Tapi tak mungkin juga kalau mereka tak minum susu kan ya. Syukurlah Morinaga sekarang udah ada yang kedelai, jadi bisa untuk konsumsi anak yang alergi susu sapi. Ngomong-ngomong, Morinaga ini memang bagus loh sejak lama.
Lidya Fitrian 9/12/2020 Hapus Komentar
Khawatir ya kalau anak lagi sakit apalagi punya alergi susu sapi takut nutrisinya gak tercukupu. Untunglah sekarang ada Morinaga Soya ya yangbisa bantu mencukupu nutrisi anak-anak. Rizki sehat selalu ya
Ceritajalan.com 9/12/2020 Hapus Komentar
Ya syukurnya oza selama ini minum susu gada alergi nya kk, mudah2an sampe besar cocok lah. Bang rizki sehat2 ya
Herva Yulyanti 9/12/2020 Hapus Komentar
untunglah teratasi dengan cepat ya mba, dan inovasi dari morinaga hadirkan susu soya jadi anak2 terpenuhi nutrisinya
Ida 9/12/2020 Hapus Komentar
Bersyukur banget ada susu alternatif untuk yang alergi susu sapi ya Mba jadinya bisa tetap minum susu hingga kebutuhan akan nutrisi yang memadai terpenuhi dengan baik...
andyhardiyanti 9/12/2020 Hapus Komentar
yeayy..solutif banget deh Morinaga Susu Soya ini. Kebutuhan si kecil akan susu pertumbuhan pun bisa terpenuhi meski si kecil alergi yaa~
Arda Sitepu 9/12/2020 Hapus Komentar
Dulu waktu si kecil selesai ASI saya langsung kasih Morinaga mbak. Nah, kalau susu sapi enggak cocok bersyukurnya ada soya jadi lebih cocok sampai sekarang minum ini mbak.
Ida Raihan 9/12/2020 Hapus Komentar
Saya baru tahu nih mengenai intoleransi laktosa. Thanks sharingnya Mbak Iid, semoga sehat selalu ya anak-anaknya.
Naqiyyah Syam 9/12/2020 Hapus Komentar
Dulu gak tahu apakah anakku alergi susu sapi atau tidak pernah mencoba sih dan dan mengalami diare karena minum susu formula sejak itu cari informasi deh tentang susu yang cocok untuk anakku
Uniek Kaswarganti 9/12/2020 Hapus Komentar
Alhamdulillah sudah tak perlu khawatir lagi ya anak kita kekurangan nutrisi karena tak bisa minum susu sapi. Sudah ada susu soya dari Morinaga yang bantu atasi problema anak dengan kecenderungan alergi lactosa gini.
Leyla Hana 9/12/2020 Hapus Komentar
Anakku juga minum susu Morinaga Chil School ini tapi yang biasa aja. Bukan yang soya. Semoga sehat selalu ya dedeknya.
lendyagasshi 9/12/2020 Hapus Komentar
Hati suka auto lemes yaa, kak...melihat anak-anak yang intoleran laktosa, karena baru taunya setelah konsumsi.
Semoga bersama Morinaga, tumbuh kembang anak tetap bisa berjalan sesuai usianya.
Nurhilmiyah 9/12/2020 Hapus Komentar
Morinaga Childkid susu keempat anak kami lho,, dr Chilmill, Chilkid sampai Chilschool nih sekarang. Br aja Ocean ganti susu ke Chilschool krn udah lebih 3 thn.
Morinaga ini ada MoriCare+ Zigma Triple Bifidus nya yaa,, yang mendukung kecerdasan multi talenta anak.
Kurnia amelia 9/12/2020 Hapus Komentar
Alhamdulillah anak yang alergi susu sapi bisa minum susu soya ya jadi pilihan untuk mencukupi nutrisinya.
Nufa Zee 9/12/2020 Hapus Komentar
ya Allah kak, kasianya si kecil kena diare, memang kalau udah alergi susu sapi gak enak banget deh, sehat sehat si kecil ya kak ee
http://kakilasak.com/ 9/12/2020 Hapus Komentar
Untung ada susu soya hehe
Apalagi susu soya ini nutrisinya gak kalah ya kan kak...
Pilihan terbaik 🙏
blogger parenting 9/13/2020 Hapus Komentar
Di rumah kami yang alergi susu sapi cuma kakak kami. Alhamdulillah awak gak kak.. suami juga gak.. dan anak-anak gak ada yang intoleran laktosa. Tapi yang bayi, kalo digigit nyamuk langsung deh jadi gatal dan luka .
Elsa Hayanin Lubis 9/14/2020 Hapus Komentar
nah iya sering denger jg kalo alergi susu sapi diganti ke yg berasal dr kacang2an. maha besar Allah ya kak mnciptakan banyak sumber makanan di bumi ini.
Shisca Elliza 9/14/2020 Hapus Komentar
Kakak yang mana itu?

Kali aja awak kenal sama kakaknya

Hahahha

Kondisi alergi susu sapi ini memang sangat memprihatikan sekali kak Iid

Awak mengalami saat anak sulung kami.
Evyta Ar 9/14/2020 Hapus Komentar
Ponakan kami susunya Morinaga soya ini, Kak. Dia alergi makanannya banyak, termasuk susu hewan. Nah, yang paling cocok sama dia cuma soya yang dari Morinaga. Kalau merk lain, dia ga bisa, karena suka ada campuran jagungnya. Dia alergi jagung juga. Kalo merk Morinaga, dia murni kedele aja, ga ada tambahan bahan alergi lain buat ponakan.
jendelamamak 9/14/2020 Hapus Komentar
Kalo udah alergi susu sapi rasanya bingung pasti ya kak. Karena yang banyak beredar di pasaran adalah susu yang berasal dari susu sapi. Untung sekarang ada morinaga susu soya, kebutuhan anak akan vitamin dari susu dapat tetap terpenuhi.
Eni Martini 9/15/2020 Hapus Komentar
Jadi anak alergi susu sapi tidak takut kekurangan nutrisi ya mba. Karena susu soya ini sudah diformulakasn nutrisinya. Jadi bikin lega ibu yang anaknya alergi susu sapi
Bocah Udik 9/18/2020 Hapus Komentar
Ponakan di rumah alergi susu sapi. Kemarin sempat bingung cari susu dan ditawari produk ini. Dan setelah miNum susu soya ini, ga alergi dan malah serasi.
fanny_dcatqueen 9/23/2020 Hapus Komentar
Morinaga itu susu yg dulu paling aku suka pas aku kecil mba. Dari sebanyak sufor yg diksh mama, yg aku pilih Morinaga kata mama :p. Susu lainnya dilepeh. Pas udh ada anak, si Kaka sempet lama minum Morinaga. Walopun kemudian stlh 4 THN dia bosen dan minta susu lain.

Aku blm coba yg soya sih, Krn anak2ku ga alergi . Tapi aku percaya ini sama bagusnya dengan Morinaga yg lain ;)