Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman mengikuti kelas daring bersama Google

pengalaman mengikuti kelas daring grow with google

Sahabat perempuan berbagi..

Selama #dirumahaja apa saja nih kegiatan yang kalian lakukan buat menambah ilmu dan informasi?

Pernah ikutan kelas belajar online ataupun webinar melalui media zoom, google meet, live instagram atau live youtube? Tentunya saat pandemi seperti ini kelas belajar online lebih sering diadakan ya. Mungkin sebagian dari kamu kalian pasti pernah mencobanya kan? atau baru sekali seperti saya? hehe..kalau begitu sama dong kita.😁

Sebenarnya saya punya banyak sekali kesempatan buat mengikuti kelas belajar online ataupun seminar online, akan tetapi ada beberapa aplikasi yang belum sreg saya gunakan sampai sekarang. Yaitu aplikasi tatap muka seperti Zoom dan Google Meet. Sedang untuk yang tidak bertatapan langsung saya lebih nyaman memakainya seperti live IG dan live youtube, kenapa ya? apa saya ini orangnya introvert ya? hmm.

Kelas Program Daring Grow with Google


Mungkin sebagian dari kalian pernah mengikuti kelas yang diadakan oleh Google ini secara offline kan? Sama saya juga pernah tapi itu di tahun 2017 dan ilmunya sebagian sudah hilang di ingatan saya, oh iya yang masih saya ingat adalah tentang pelatihan Google Bisnisku yang sangat bermanfaat buat kehadiran bisnis secara online.

Biasanya kelas ini berjalan setiap dua minggu sekali dan bertempat di co-working space yang luas agar bisa menampung puluhan peserta untuk saling berinteraksi. Namun sejak adanya pandemi ini, kelas Gapura Digital yang biasanya bersifat offline kini diadakan secara online alias daring. Kelas Daring Grow with Google kali ini dilakukan melalui saluran Youtube Google Indonesia, setelah sebelum-sebelumnya dilakukan melalui Google Meet setiap minggunya.

Pada kelas ini durasinya sekitar 2 jam kurang. Dengan menonton melalui link YouTube Live Stream yang khusus diberikan oleh panitia sewaktu mendaftar, peserta terlebih dahulu absen kehadiran dan dipersilahkan untuk berinteraksi dengan peserta yang lain melalui fitur live chat yang jumlahnya lebih dari 900 orang.

Jumlah peserta kelas Google ini kalau saya bandingkan dengan kelas Gapura digital yang sifatnya offline tentunya akan memberikan efisien waktu dan tempat ya, karena biasanya peserta dikelompokan dalam satu daerah di satu kota kini bergabung bersama peserta lainnya di seluruh wilayah indonesia. Terus bisa kenalan juga dengan anggota yang lain ya kali aja ada yang jomblo gitu pengen cari jodoh, eh gimana ya hihihi..

kelas daring grow with google saat belajar
kelas daring google via youtube

Kelas Online Grow with Google Program inisiatif Google bersama dengan Google Indonesia menghadirkan 2 pemateri setiap minggunya. Kebetulan waktu saya mengikuti kelas daring tersebut pematerinya adalah seorang pembisnis dan seorang dosen yang keduanya juga fasilitator di Gapura digital dan Women will di kotanya masing-masing.

Bisnis lancar dengan hadirnya Google


Pada Sesi 1 atau di minggu pertama peserta diperkenalkan kepada produk Google yang dapat menunjang kelancaran bisnis secara online. Walaupun hanya di rumah aja di saat pandemi ini, tim bisnis dapat dikelola secara efisien dan efektif. Sedangkan sesi ke 2 akan dilanjutkan pada minggu kedua dengan waktu yang telah ditentukan.
Salah satu penggunaan produk google yang dapat mendukung kelancaran bisnis secara efisien dari rumah adalah dengan penggunaan G Suite secara optimal. G Suite merupakan aplikasi terintegrasi dari google yang dapat membantu memudahkan kolaborasi dan komunikasi bisnis kita. Jadi manfaat G Suite dalam kolaborasi sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan file atau data secara online maupun offline, terhubung dengan email, hemat biaya, mudah digunakan dan juga mendukung kolaborasi tim. 

produk pendukung bisnis G suite kelas google
Produk pendukung bisnis G Suite

Produk yang termasuk dalam G Suite sendiri yaitu : Google Drive, Google Docs, Google Sheet, Google Slides dan Google Form. Sedangkan untuk mengkolaborasinya dengan tim bisnis pasti butuh dong koneksi seperti Gmail juga aplikasi meeting atau tatap muka seperti Google Duo yang dapat memuat percakapan video sampai 32 orang, bahkan Google Meet yang dapat memuat percakapan video maksimal 250 orang. 

Aplikasi lainnya adalah Google Calendar yang terintegrasi saat ingin melakukan meeting, juga aplikasi untuk belajar secara gratisnya seperti Google Primer? Gratis 100% lho. Ngomongin tentang produk-produk Google memang gak habisnya ya, apalagi sebagian platform blog yang kita pakai juga bagian dari search engine terbesar ini.

Manfaat kelas belajar online


1. Tentunya banyak manfaat yang didapat sehabis mengikuti kelas belajar secara online, seperti hemat biaya ya diluar penggunaan kuota tentunya ya, karena sebagian besar kelas online itu gratis jadi manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk bertanya dan menyimak dengan baik.

2. Efisien secara waktu dan jarak.  Kelas belajar online pastinya lebih efisien karena bisa dipelajari di manapun dan kapan pun sesuka hati kita. Sambil makan atau tiduran juga bisa.

3. Sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan kondisi. Tidak perlu persiapan secara khusus, kecuali nih kalau ada kelas online yang mewajibkan komunikasi dua arah seperti perkuliahan online atau ujian secara online.

4. Mengikuti kelas belajar online pastinya menambah pengetahuan, menambah pengalaman dan meningkatkan produktifitas karena kegiatan pun bertambah. 

5. Secara tidak sadar kelas belajar online memberikan dampak positif bagi lingkungan, karena sama sekali tidak ada penggunaan kertas atau paperless selama kelas berlangsung, selain itu juga dapat mengurangi mobilitas yang selama ini menimbulkan polisi udara. Apalagi di masa pandemi yang memang mengharuskan pengurangan mobilitas.

Ternyata kelas belajar online ini bermanfaat ya bagi kita sebagai individu ataupun dalam berbisnis, apalagi kalau difasilitasi secara lengkap sama penyelenggaranya, bisa tambah lebih bermanfaat lagi kan. Bagaimana dengan kalian, suka atau tidak dengan adanya kelas belajar online ini? atau lebih suka yang langsung ketemuan alias kopi darat, eh tapi jangan sekarang ya si corona masih ngintip2 tuh dibalik po'on hihi. 

Oh iya gaes, ngomongin tentang kelas belajar online..kalian ada di tim mana nih? tatap muka atau non tatap muka?



16 komentar untuk "Pengalaman mengikuti kelas daring bersama Google"

Agus Warteg 7/06/2020 Hapus Komentar
Saya belum pernah mengikuti meeting atau belajar online gitu mbak. Soalnya ngeblog cuma untuk hobi saja. Bukan berarti banyak uang tapi karena belum tertarik bisnis online. Masih fokus jualan cilok sajalah.

Banyak juga ya manfaat dari kelas belajar online ini, waktu jadi lebih efesien termasuk juga biaya karena tidak usah ke tempat belajar itu. Cuma mungkin jika aku ikut kelas seperti itu, aku lebih milih yang tatap muka saja, entah mengapa lebih suka ngobrol langsung dengan orang.😄
iidyanie 7/07/2020 Hapus Komentar
Jualan cilok juga bisa dibuat bisnis online koq mas agus, dicoba yuk belajar bisnis online biar usaha ciloknya semakin meluas sampe medan hehe..wah saya malah kebalikannya nih malu buat bertatap muka introvert sih saya 🤭
Evi Erlinda 7/11/2020 Hapus Komentar
Saya selama di rumah aja malah jadi gaptek, hanya enjoy nonton #stay at home di Youtube, lucu2 dan creative.
Sebelumnya sering mengakses kelas online, dan kursus2 gratis online, oya beberapa reports kita juga menggunakan fasilitas google.
iidyanie 7/13/2020 Hapus Komentar
Kebalikan ya mba, tapi emamg seru juga loh akses kelas online saat #dirumah aja seperti ini :)
Diary Harumpuspita 7/14/2020 Hapus Komentar
Lebih suka daring sebenarnya. Tapi sayang banget enggak bisa menyesuaikan. Apalagi zoom. Bolak-balik install di laptop tetap enggak bisa juga.

Kalau offline suka juga. Apalagi dapat foto-foto cantik. Eh.
Lantana Magenta Hermosa 7/14/2020 Hapus Komentar
Mbak Id makin banyak ilmunya nih, nambah terus selama #dirumah aja. Lagian, belajar online ini ternyata emang banyak banget manfaatnya.
DARINA 7/16/2020 Hapus Komentar
sekarang semua daring yaa, mulai dari belajar, rapat, keren kali mak iid ni semangat belajarnya di ancungi jempol.
Arenapublik 7/16/2020 Hapus Komentar
yaa ini yang dinamakan new normal sih. tapi masih kurang kalau tidka bisa tatap muka ehehe
jendelamamak 7/17/2020 Hapus Komentar
Pernah ikut kelas fotografi youtube online. Bermanfaat banget sih ilmunya. Untuk yang mau belajar usaha, kelas gapura digital dari google sangat membantu. Banyak fitur dari google yang bisa dimanfaatkan.
ceritagadiskecil.com : Lifestyle Travel Blogger Medan 7/17/2020 Hapus Komentar
Bagaimana pun ya kak. Sebagus apapun fasilitas belajar online. Tetap beda sama offline. Kalau offline duh, bisa tau atmosfer orang-orangnya. Bisa tukaran sosmed wkwk.
Nurhilmiyah 7/18/2020 Hapus Komentar
Id kk ikutan jugalah tp pas bulan puasa kemaren, narsumnya beda sama yg Id tuliskan, senang ya bs nyobain Google Meet ikutan kelas daring Google
Elsa Hayanin Lubis 7/19/2020 Hapus Komentar
wah mantep kak iid belajar google bisnis. dulu pernah ikut tp offline gitu lbh berasa sm pematerinya lgsg. tp kalo 900 org iya wajarlah pake youtube ya kak, gak muat pake meet :"
blogger parenting 7/19/2020 Hapus Komentar
Nah kak id, awak ini tipe yang harus tatap muka gitu kak . Apalagi yang belajar soal teknologi gini. Sekarang agak lemot kak.. hahaha, apa karena anak tambah banyak jadi agak lambat ya mikir.. hihihi
LinRaNa Mom 7/19/2020 Hapus Komentar
Kayaknya saya suka dua duanya mba id.
Online dan offline, yg penting topiknya sesuai minat kita ye kan.
Saya sndr cuma pernah pake live IG saja.
Eh pernah pake zoom juga bbrp kali tp kebanyakan mendampingi kelas anak sih.
Yanti Ani 7/19/2020 Hapus Komentar
Kapan ikut kelasnya ini kak? Pandemi ini aku rasa ada hikmahnya juga, aku hampir tiap Minggu ikut kelas online. Belajar terusss
Dyah Ummu AuRa 7/20/2020 Hapus Komentar
Keren ih kk iid, Meski dalam keadaaan pandemi ini tetap menimbah ilmu. Kalau saya pribadi suka dua-duanya kan. Dulu sih sukanya tatap muka. Tapi karena kondisi yang kurang memungkinkan sejak menikah susah keluar rumah ditambah lagi dengan kondisi pandemi ini jadi sudah terbiasa ikut kelas daring juga.