Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dapat Cuan dengan Berinvestasi via Internet

tips dapat cuan dengan investasi di internet

Gaes, Sahabat Perempuan Berbagi..

Apa kabarnya nih di tengah musim cuaca tak menentu? Sehat-sehat kan semua? Di tengah isu virus Corona (Covid-19) saat ini Indonesia juga tak luput dari virus mematikan ini, Pemerintah memutuskan agar sekolah diliburkan semantara dan belajar di rumah saja.

Begitu juga dengan para pekerja, "Work From Home" begitu istilahnya untuk sebagian instansi atau perusahaan yang menerapkan pegawainya untuk social distancing terlebih dahulu dan tidak bergabung ke pusat kumpul seperti kantor, seminar, dll.

Meski demikian apakah hal seperti ini akan berdampak di sektor perekonomian? tentunya ada, bagi sebagian orang yang bekerja di pusat perbelanjaan, pedagang makanan, pedagang minuman, pedagang aksesoris dan pedagang pakaian yang berjualan di tempat umum pasti terkena imbasnya.

Cuan dari Investasi kenapa tidak?


Beruntungnya kita telah mempunyai teknologi internet yang tetap berjalan di tengah situasi ekonomi lemah saat ini. Akses yang masih terbuka lebar untuk bisa berjualan, berbisnis dan mendapatkan cuan dari internet tentunya bisa kita manfaatkan dengan lebih baik.

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan cuan dari internet? Sebagai seorang ibu rumah tangga sekaligus blogger saya tau, saya tidak bisa hanya mengandalkan gaji suami sebagai sandaran nafkah dalam rumah tangga. Oleh karena itu saya juga berharap mendapatkan cuan dari hasil investasi.

Cuan apaan sih itu? Cuan berasal dari bahasa Hokkian yang artinya untung. Istilah cuan sendiri sering dikaitkan dengan trading saham yang dilakukan oleh seorang trader yang mendapatkan hasil keuntungan dari Capital Gain (hasil dari investasi).

Jenis Investasi yang mendatangkan Cuan 

jenis investasi yang mendapatkan cuan
@akseleran_id

1. Deposito

Deposito merupakan investasi dengan skema pemberian modal dalam bentuk tabungan uang kepada bank, keutungannya berupa bunga bank. Biasanya deposito memiliki jangka waktu tertentu yang mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik sebelum waktu yang telah disepakati.

2. Reksa dana

Reksa dana merupakan investasi dengan cara menyerahkan sepenuhnya modal yang kita punya secara kolektif ke manajer investasi, dan modal akan dikelola ke dalam berbagai instrumen investasi, keuntungan akan diperoleh sesuai dengan jangka waktu tertentu.

3. Saham

Saham merupakan investasi dengan cara membeli aset perusahaan yang bersifat terbuka/tertutup yang diperdagangkan di bursa efek. Dengan minimal pembelian sebanyak 1 lot. Imbal hasil saham di dapat dari performa perusahaan baik dari capital gain maupun deviden.

4. Emas

Emas merupakan investasi dengan membeli emas minimal 1 gram untuk dapat disimpan selama sekian tahun, demi untuk mendapatkan keuntungan dari harga jual. Kelebihannya harga cenderung stabil dan mudah untuk dicairkan

5. Properti

Properti merupakan investasi berupa bangunan seperti tanah, rumah, apartemen, gedung,dll yang mana keuntungan hasil jualnya butuh waktu sekian tahun. Kekurangannya dibutuhkan modal yang besar untuk berinvestasi dan hasil tidak mudah untuk dicairkan.

6. Peer to Peer (P2P) Lending

Salah satu jenis investasi yang populer mendatangkan cuan dari internet adalah Peer-to-Peer (P2P) Lending. Teman-teman mungkin sebagian sudah ada yang tau tentang jenis investasi ini kan? P2P Lending adalah suatu sistem platform yang mempertemukan antara pemberi pinjaman (pendana- lender-investor) dan peminjam (borrower).

P2P Lending merupakan alternatif baru untuk investasi pendanaan maupun mendapatkan dana dalam bentuk pinjaman usaha.
Setiap jenis investasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan atau keuntungan dari investasi yaitu : Sebagai penghasilan tambahan, Bertambahnya nilai aset kekayaan yang semakin meningkat, Mempunyai tabungan masa depan, membantu mengembangkan modal bisnis dan lain-lain.

Akan tetapi yang banyak diperhitungkan orang adalah kekurangannya, kerugian, atau risikonya. Seperti risiko turunnya harga, risiko kehilangan, risiko bencana, risiko rusak, risiko likuiditas, risiko bangkrut, risiko inflasi, risiko bunga dan lain-lain.

what is p2p lending
How p2p lending works
 4thway.co.uk

Keuntungan berinvestasi pendanaan di wadah P2P Lending antara lain :

1. P2P Lending menawarkan imbal hasil yang sangat menarik yakni hingga 21% per tahun

2. P2P Lending memberikan diversifikasi portofolio pengembangan dana yang berisiko minim

3. Proses pinjam meminjam P2P Lending dilakukan transparan dilakukan transparan

4. P2P Lending legal adalah yang sudah berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

5. Memperoleh penghasilan yang reguler berupa pengembalian dana dan bunga

Cara Cuan dari Internet dengan Akseleran

Semenjak saya mengetahui ada jenis investasi baru yang modalnya murah selain saham dan reksa dana yaitu P2P Lending, saya jadi kepo banget seperti apa sih cara P2P Lending ini bekerja. Akhirnya saya memilih Akseleran untuk menanamkan modal saya buat mengembangkan uang.

Akseleran adalah P2P Lending yang mempertemukan antara pemberi pinjaman (lender) dan peminjam (borrower) sebagai pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya. Akseleran didirikan oleh para ahli yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi.

Visi Akseleran adalah "Mewujudkan Inklusi Keuangan Menjadi Realitas", oleh karena itu Akseleran berharap dapat berkontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan UKM di Indonesia.

kontribusi akseleran terhadap ukm
Kontribusi terhadap UKM Indonesia

Untuk menjadi peminjam (borrower), Akseleran cukup selektif memilih siapa daftar peminjam, guna mencegah terjadinya terlambat bayar atau gagal bayar. Maka butuh serangkaian prosedur yaitu adanya proposal peminjam, memiliki laporan keuangan yang baik, usaha sudah berjalan selama lebih dari setahun dan sudah mencetak laba bersih selama setahun terakhir.

Sedangkan untuk menjadi pendana (lender) siapapun bisa asalkan telah memiliki KTP, NPWP dan data diri lengkap.

Ada beberapa hal yang membuat saya setuju untuk berinvestasi pendanaan di Akseleran :

- Akseleran adalah salah satu fintech yang legal karena sudah mendapatkan izin dari OJK

- Modal untuk berinvestasi pendanaan terbilang kecil, mulai dari Rp 100.000 dan imbal hasil yang diperoleh hingga 21% per tahun

- Interface Aplikasi Akseleran mudah untuk dipelajari

- Adanya fitur auto lending yaitu pinjaman otomatis yang memudahkan calon lender untuk menentukan kriteria usaha yang akan didanai tanpa harus menghabiskan waktu untuk mencari.

- Akseleran melakukan penilaian kelayakan dan risiko pinjaman pelaku usaha dengan internal credit scoring system yang meliputi : laporan keuangan, agunan dan credit behaviour

credit scoring akseleran
Credit scoring system Akseleran

- Selain credit scoring system juga ada proteksi asuransi dan agunan untuk sebagian usaha, membuat pendana/lender merasa nyaman dan terlindungi untuk memberikan pinjaman.

proteksi asuransi akseleran
Proteksi Asuransi Akseleran

- Sistem referral pada setiap akun memungkinkan lender untuk mendapatkan tambahan penghasilan dan modal untuk berinvestasi pendanaan di Akseleran

- Adanya fitur kalkulator finansial untuk mendapatkan kondisi keuangan yang lebih terencana, yaitu meliputi : proyeksi hasil pendanaan, jangka waktu dan nominal pendanaan bulanan

- Akseleran telah mendapatkan sertifikat ISO 27001 full scope yang menjaga sistem data keamanan informasi sehingga keamanan data peminjam (borrower) juga data pendana (lender) menjadi lebih terjamin.

Langkah mendaftar di Akseleran 


1. Instal Aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS)

2. Buat Akun di Akseleran dengan menggunakan alamat email aktif dan password yang gampang diingat.

3. Jangan lupa masukkan kode Referralnya : AKSLHYDRIANI328245 . Kode referral digunakan untuk mendapatkan saldo gratis Rp 100.000 buat berinvestasi pendanaan.

4. Setelah itu lengkapi profil, berupa data diri yaitu KTP dan NPWP, upload foto KTP, NPWP dan proses KYC berupa foto selfie.
Lalu isi juga data akun bank yang digunakan dan terakhir tanda tangan digital yang bekerja sama dengan PrivyID

5. Setelah semua data terverifikasi, maka saldo gratis akan diberikan dalam akun Akseleran.

6. Saldo gratis bisa kamu gunakan buat berinvestasi pendanaan, lalu pilih mana usaha yang akan kamu danai, semudah itu!

Contoh pinjaman beragunan usaha
di Akseleran
Contoh pemberian pinjaman berhasil
di Akseleran

Tips biar cuan di Akseleran 


πŸ’° Sebelum memutuskan untuk meminjamkan dana maka lihat dahulu secara seksama perusahaan yang akan didanai.

πŸ’° Cek dentitas usaha, Highlight Keuangan, Jadwal Angsuran dan Histori Pinjaman

πŸ’° Cek juga jumlah pinjaman, lama tenor, bunga efektif, frekuensi angsuran pokok dan adanya agunan/tidak.

πŸ’° Lihat juga rating daftar usaha yang ada, rating paling baik menunjukkan bahwa usaha tersebut layak diberi pinjaman

πŸ’° Lakukan Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi Portofolio

Layaknya investasi ada baiknya jika memberikan pinjaman pada jenis usaha yang berbeda-beda berdasarkan jenis atau sektor usaha yang berbeda-beda (maksimal 3-5 jenis usaha).

Seperti kata pepatah "Don't Put All Your Eggs in One Basket". Diversifikasi portofolio investasi P2P dilakukan guna menghindari
proses gagal bayar dari usaha bersangkutan yang kurang optimal,  meningkatkan keuntungan dan juga memperkecil risiko.

Jika kamu tidak punya modal yang banyak untuk berinvestasi sedari awal, maka gunakan strategi investasi dan lakukan pinjaman dana secara rutin dengan jumlah dana yang sama selama setahun , istilahnya dinamakan Monthly Investment atau Dollar Cost Averaging. Lalu lihat hasilnya setelah tenor pinjaman berakhir.

Pengembangan dana kamu akan bertambah banyak dari sebelumnya. Gak percaya? coba aja sendiri. Jadi tunggu apa lagi gaes, yuk segera dapatkan cuan yang banyak di Akseleran.

kode referral akslhydriani328245

Gunakan kode referral ini saat mendaftar di Akseleran dan dapatkan Rp 100.000* Gratis!


Sumber :
- Freepik.com
- Akseleran.co.id
- Akseleran instagram
- Wikipedia :
Peer-to-peer lending
Apa itu cuan
   



66 komentar untuk "Tips Dapat Cuan dengan Berinvestasi via Internet"

Djangkaru Bumi 3/28/2020 Hapus Komentar
Kalau belum punya NPWP bisa kagak ya?
Saya kok sangat tertarik
iidyanie 3/29/2020 Hapus Komentar
Untuk saat ini wajib mendaftar dengan menggunakan NPWP mas, tapi bisa koq mendaftar NPWP online dan prosesnya mudah lagi. Semoga ke depannya proses pendaftaran Akseleran semakin mudah ya :)
Himawan Sant 3/29/2020 Hapus Komentar
P2P ini kelihatannya sangat menguntungkan diikuti. Bisa dapetin cuan lumayan nih ...
iidyanie 3/29/2020 Hapus Komentar
Iya mas him lumayan kan, yuk2 daftar Akseleran jangan lupa pake kode referalnya :)
Djangkaru Bumi 4/03/2020 Hapus Komentar
Mau daftar ah, sempat punya saat masih kerja. Kira-kira masih berlaku kagak ya
iidyanie 4/04/2020 Hapus Komentar
Npwp berlaku seumur hidup mas, cuss daftar
blogger parenting 4/05/2020 Hapus Komentar
Akseleran keren ya kak..
Bisa mulai investasi di angka 100ribu.
Mana kalo pake kode referall bisa gratis 100ribu lagi... Waah makin cuan lohhh
http://kakilasak.com/ 4/05/2020 Hapus Komentar
Aku selama ini ada invest emas sikit, tupum kredit ma bank hehe
Akseleren ni baru tau aku, tar aku pelajari dulu, kayaknya ok juga
Nurhilmiyah 4/05/2020 Hapus Komentar
Bo lui bo ucan looo.... ahaha...bahasa hokkien juga ituu gak ada duit gak ada untung lhooo... keren ini Akseleran ya, gak cuma pinjol legal tp kita bs investasi juga. Tfs Iid
Nurhilmiyah 4/05/2020 Hapus Komentar
Typo, ucan = cuan

buru2 ketik lantaran Ocean udah merengek, minggu pagi minta diopeni hihi
Elsa Hayanin Lubis 4/05/2020 Hapus Komentar
kak id, udh berapa lama pake ini kak? pengen nyobain saham tp masih perlu belajar banyak hehe
iidyanie 4/05/2020 Hapus Komentar
Ini investasi P2P lending elsa bukan saham lho :D
iidyanie 4/05/2020 Hapus Komentar
Tak pe kk, kirain ucan tu anak kk wkwk
Dyah (Author roemahaura.com) 4/05/2020 Hapus Komentar
Aku juga sudah berinvesatasi di akseleran, mudah dan aman ya kak.
Arda Sitepu 4/05/2020 Hapus Komentar
Cari cuan dengan akseleran ini asik banget ya mbak karena memberikan manfaat buat kita apalagi investasinya mulai 100 ribuan.
Himawan Sant 4/05/2020 Hapus Komentar
Kalau pajak NPWP perseorangan itu berkisar berapa pertahunnya sih, kak ?.
Sama untuk semua orang di wilayah manapun atau berbeda wikayah juga berbeda pula besaran nominal pajaknya ?.
Elva Citra Sari, SE 4/05/2020 Hapus Komentar
Terima kasih tipsnya..πŸ€—
Irsyad Muhammad 4/05/2020 Hapus Komentar
Lumayan menggiurkan nih kayaknya
Semoga terpercaya dan dapat cuan ya kak kalau invest di sini
Yanti Ani 4/06/2020 Hapus Komentar
Kalau saham dan Reksadana aku awam banget ttg kedua investasi ini
Shisca Elliza 4/06/2020 Hapus Komentar
Aku kok jadi tertarik ya kak sama Akseleran. Gimana kalo AQ dijapri kak Iid tentang ini. Hehehe

Investasi yang aku tau cuma emas kak. Wuiiih gilaaaa, kemaren sempet hampir sejuta se-gram nya
Anonim 4/06/2020 Hapus Komentar
Baru tau kk id akseleran ini. Bisa untuk investasi dan pinjaman ya...invest nya pun bisa Rp. 100.000 saja. Dan sudah terdaftar di OJK ya..jadi lebih kredibel.
LinRaNa Mom 4/06/2020 Hapus Komentar
Saya mendingan emas aja de..
Saya kurang paham yang laen.
jendelamamak 4/06/2020 Hapus Komentar
Modal awal 100ribu itu murah banget untuk investasi. Patut dicoba nih si akseleran.
Rezky Pratama 4/06/2020 Hapus Komentar
bukan scam ya?
iidyanie 4/06/2020 Hapus Komentar
Scan dari mana mas? Pasti gak baca artikel saya nih
Siska hasibuan 4/07/2020 Hapus Komentar
Luar biasa perkembangan dunia investasi Hari ini ya.. sejak resign jadi banker Saya auto gagap soal menyoal ini hahaha.. thank's for sharing kak Iid..
Riza Alhusna 4/09/2020 Hapus Komentar
Buset lengkap banget ini reviewnya...
Diah Dwi Arti 4/11/2020 Hapus Komentar
Komplit informasinya

Sekilas baca takut juga soalnya berhubungan sama duit, hehe..

Ya maklum di saat kyk gini harus hati-hati ngolah uang.

Tapi ternyata terdaftar di OJK, ya

Linimasaade 4/12/2020 Hapus Komentar
Tipsnya mantul mbak. Memang kalau berinvestasi harus pandai-pandai cari cuan. Btw baru tahu Akseleren nih.
Mechta 4/12/2020 Hapus Komentar
Trims infonya..insya Allah berguna bagi yg tertarik untuk ikut Akseleran nih..
nurul rahma 4/12/2020 Hapus Komentar
Akseleran ini favorit kita semuaaaaa
start invest mulai dari 100K aja, ini ringan banget ya Mba.
Semoga semua bisa melek investasi!
indahjuliarti.com 4/12/2020 Hapus Komentar
wah sifatnya peer to peer bagus banget tuh kak inimah sifatnya komplit banget nggak tau lagi apa kekurangannya yah kak, saat pandemi ini emang harus pintar mengolah keuangan yah
Keke Naima 4/12/2020 Hapus Komentar
Salah satu kelebihan di zaman digital. Investasi pun bisa melalui internet. Bener juga kalau digunakan dengan baik, internet memang banyak manfaatnya
Okti Li 4/12/2020 Hapus Komentar
Baru daftar saja sudah punya modal awal seratus ribu ya. Disimpan setahun bisa jadi berapa tuh? Belom kalau simpan sejuta. Hem... Menggiurkan ya..
Indah Nuria Savitri 4/12/2020 Hapus Komentar
Imbal hasil yang ditawarkan memang sangat menarik yaa mba.. dan lumayan besar sampai 21%. Tapi aspek resiko harus benar - benar diperhatikan yaaa
mardanurdin.com 4/12/2020 Hapus Komentar
Wah lumayan murah yah, tapi saya masih kurang pede soal investasi-investasi kayak gini. Semoga nanti bisa ketemu investasi yang bisa bikin saya pede
Lusi 4/12/2020 Hapus Komentar
Sepertinya menarik ya. Bingung juga mau invest apa saat wabah begini karena konsumen nyaris hold semua.
Diyanika 4/12/2020 Hapus Komentar
Aku baru kenal Akseleran ini, Mbak. Jadi masih perlu mendalami. Sejauh ini masih nyaman investasi emas.
Hidayah Sulistyowati 4/12/2020 Hapus Komentar
Aku masih belum nyoba investasi di P2P, baru nyoba reksadana karena pilihanku juga yang resiko kecil. Kudu baca lagi tentang akseleran nih apalagi modalnya bisa juga pilih yang paling kecil dulu ya
winda - dajourneys.com 4/12/2020 Hapus Komentar
daridulu saya tu pengen investasi mbak tapi bingung harus milih yang mana, seandainya daridulu sudah berinvestasi sepertinya sekarang sudah mulai memetik hasilnya ya :)
Arda Sitepu 4/13/2020 Hapus Komentar
Asik banget kalau dapat cuan dari akseleran ini mbak karena memang menyenangkan dan mudah pula investasinya.
Desri Desri 4/13/2020 Hapus Komentar
beberapa ada yang sudah dijalankan, maunya sih diproperti tapi butuh modal agak banyak hehe kecuali mungkin dalam bentuk saham patungan dengan yang lain, emas kali ya yang cukup mudah dibeli sendiri.
lendyagasshi 4/13/2020 Hapus Komentar
Investasi menarik yang bisa kita lakukan di mana saja dengan modal minimum 100 ribu saja.
Makin banyak modalnya, cuannya makin gede.
Nyi Penengah 4/13/2020 Hapus Komentar
Emas lagi naik ya kan ini mba, buat investasi emang cocok banget ya
selain itu banyak banget investasi lain yang bisa dicoba, aku juga punya reksadana tapi udah kuambil wakakak pas butuh
Ujame Gaja 4/13/2020 Hapus Komentar
Seperti jodoh πŸ˜‚ aku lagi cari-cari info seputar investasi eh baca ini agak tercerahkan. Tinggal mendalami lebih lagi nih hehehe.

Emang harusnya kita melek sama yang namanya investasi ya, bund.
Ida 4/13/2020 Hapus Komentar
Aku sudah lama engga berinvestasi kecuali emas mungkin..pengen juga sih tapi sekarang fokusnya lagi ke hal lain dulu...
Uniek Kaswarganti 4/13/2020 Hapus Komentar
Aman ya berinvestasi di Akseleren karena sudah berada di bawah pengawasan OJK. Biasanya yang dipertimbangkan orang sebelum berinvestasi kan kredibilitasnya ini.
Khoirur Rohmah 4/13/2020 Hapus Komentar
Wahhh aku juga investasi di Akseleran mbak. Aplikasinya mudah digunakan buat aku yg pemula banget soal P2P ini
Apalagi beneran aman karena udah terdaftar di Ojk
Agoes Supriyono 5/01/2020 Hapus Komentar
kalau lebih duit arah saya juga kesana investasi
Dv 5/01/2020 Hapus Komentar
Berkat blogg kk sekarang udah buka akun saham di ipotgo.
Cuma bingung ngisi RDN nya gmn :D.
Tolong Ilmu nya lagi kak.
Ainun 5/02/2020 Hapus Komentar
yang pernah aku lakukan masih sebatas reksadana. pengen nyobain invest di instrumen yang lain dan masih banyak belajar juga dari informasi temen temen
iidyanie 5/03/2020 Hapus Komentar
Saya usahakan bahas artikelnya ya mba, terima kasih sudah baca artikel saya
iidyanie 5/03/2020 Hapus Komentar
Bisa belajar investasi lewat sekolah pasar modal atau belajar belajar otodidak lewat youtube koq mba :)
Satria Mwb 5/13/2020 Hapus Komentar
Menarik juga artikelnya nih mbak Yani...& Bisa saya jadikan pedoman untuk mendapatkan Cuan. Meski ada aturan berlaku yang harus kita jalani sesuai prosedur yang berlaku.😊😊

Thanks info menariknya mbak.😊😊
Agus Warteg 5/30/2020 Hapus Komentar
Yang banyak dibelikan orang untuk investasi biasanya emas dan tanah atau rumah. Malah lebih menguntungkan tanah menurutku daripada emas. Kalo emas lima tahun paling naik sedikit, kalo tanah cepat naiknya.

Kalo deposito atau Reksadana aku belum pernah apalagi Peer to Peer landing.
iidyanie 5/30/2020 Hapus Komentar
Ada baiknya dicoba mas buat mendapatkan cuan via internet, karena utk P2P lending atau reksa dana hanya butuh modal kecil dibanding beli tanah untuk investasi
Mbul Kecil 6/07/2020 Hapus Komentar
Wah untuk p2p landing jujur aku baru tau setelah dijelaskan mba iid loh... cucok juga ya mba untuk yang mau memulai usaha namun masih tersendat masalah modal, jadi bisa ditacklein dulu ama yang mau berinvestasi, namun dnegan catatan peminjam harus bagus juga ya track record keuangannya, supaya meminimalisir gagal bayar atau nunggak..menarik sekalimba ini

Walau aku masih lebih ngerasa savenya di invest dalam bentuk properti, terutama tanah atau model bangunan lainnya yang harga jualnya selalu naik
Bang Day 6/08/2020 Hapus Komentar
baru coba 1 dan 4 aja mba, yang lain lom tau n lom berani coba2 hehe
Rohyati Sofjan 6/21/2020 Hapus Komentar
Saya tahunya cuan itu cuanki yang dijajakan mamang-mamang keliling berupa bakso dan somay yang murah meriah, hi hi.
Investasi sekarang mah beragam caranya, pakai aplikasi pula.Memudahkan banget bagi masyarakat untuk memutarkan dananya kepada masyarakat pula. Semacam cara amal sambil nanam modal.
Oh ya, siang gini saya jadi lapar, nih, Gara-gara ada kata cuan yang bikin saya pengen ngebaso. Hi hi.
Astria tri anjani 6/23/2020 Hapus Komentar
Kalau saya ngikutin emak yang nyuruh beli emas aja, buat simpenan😁 pernah kepikiran buat ikut reksadana, tapi nggak jadi karena males ngurus persayaratannya walaupun mudah. Padahal investasi semacam ini pentiny juga untuk masa deoan ya, apalagi bisa dilakukan secara online, nggak perlu keluyuram di luar rumah.
abasozora 6/25/2020 Hapus Komentar
mau emas tapi kok rame banget tokonya walaupun sedang pandemi seperti ini ya
Ami Hamni 6/25/2020 Hapus Komentar
Sepertinya aku tertarik menjadi lender 😁
Andrie K 6/30/2020 Hapus Komentar
Memulai investasi sejak dini memang harus terus digencarkan, dengan investasi kita bisa menabung uang untuk jangka yang panjang.. Siapa tau di lain waktu kita butuh sesuatu yang sangat mendesak.. Dengan uang yang diinvestasikan bisa menjadi dana darurat di masa yang akan datang
Arenapublik 6/30/2020 Hapus Komentar
ini menarik sih mba, cuma agak khawatir aja kalau invest begini hehe. lebih nyaman dengan invest emas
Mangs Abdul 6/30/2020 Hapus Komentar
Banyak juga cara dapat pulus cuan kalo gini meskipun dalam kondisi d rumah aja. Jistru dgn gini malah bisa lebih untung
Asep Rohimat 7/02/2020 Hapus Komentar
Semakin banyak aja ya media untuk investasi, aku sendiri seneng invest point yang ke 4