Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya

Pinjaman online atau pinjol saat ini sudah kian menjamur, banyak pilihan untuk melakukan pinjaman dengan beragam syarat dan kemudahan untuk pengajuan pinjaman online. Banyak kemudahan yang ditawarkan di antaranya adalah memudahkan seseorang untuk meminjam secara singkat dan cepat. 

Beragamnya motivasi orang untuk melakukan pinjaman antara lain sebagai modal bisnis ataupun membeli kebutuhan yang mendadak. Motivasi dilakukan ketika segan untuk meminjam uang pada kolega, saudara ataupun orangtua.
Saat ini bisnis pinjaman online ditawarkan dengan berbagai macam cara dari yang membutuhkan jaminan seperti BPKB maupun surat akta, bahkan tanpa jaminan sedikitpun.

Syarat yang tidak membutuhkan jaminan pun sederhana. Yaitu hanya membutuhkan modal KTP dan NPWP saja. Ada yang ditawarkan dengan masa kredit pendek dengan tenor 60, 30 hari bahkan 14 hari. Plafon pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta pun tersedia.
Namun perlu diperhatikan apakah pinjaman online yang akan dipinjam ini aman dan terpercaya? Apakah ada badan yang mengawasinya? Apakah pinjaman online ini tidak akan bermasalah di kemudian hari?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut , maka perhatikan tips berikut ini :

Tips Memilih Pinjaman Online yang Terpercaya

1. Pinjaman online harus terdaftar di OJK

Sampai dengan tanggal 15 Mei 2019, total penyelenggara Fintech yang terdaftar dan berizin adalah sejumlah 113 perusahaan. Baik dalam bentuk Peer to Peer lending (P2P) maupun Personal loans.
Perlu diperhatikan bahwa setiap beberapa bulan sekali daftar penyelenggara fintech selalu diperbaharui di laman situs OJK. Itu berarti kita harus selalu update tentang perkembangannya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan pinjaman online agar masuk kriteria OJK. Jadi kita harus cermat mana yang masuk dalam daftar mana yang tidak.
Untuk informasinya bisa di akses melalui :
Laman Ojk.go.id >> Menu >> Berita dan Kegiatan >> Publikasi

2. Proses pinjaman online harus cepat dan aman

Proses pinjaman online yang bagus itu cepat dan aman. Cepat karena prosesnya gak berbeli belit, itu karena ada pemutus kebijakan dibalik pinjaman online yang profesional, sedangkan aman karena pinjaman online yang baik itu memberikan rasa aman untuk para pemohon pinjaman. Serta memberikan informasi yang akurat tentang tata cara proses peminjaman sampai cara pembayaran tagihan. Oleh karena itu pinjaman online yang baik apabila ada bagian customer servicenya yang selalu memberikan kabar dan informasi seputar pinjaman online tersebut.

3. Cari tau latar belakang pinjaman online dan rekam jejaknya

Mencari tau latar belakang dan rekam jejak perusahaan pinjaman online itu langkah yang tepat buat kita sebagai peminjam. Sebelum terjatuh lada pinjaman online ilegal yang mempunyai modus yang tidak baik bagi para peminjam, yang pada awalnya saja bagus, lalu pada peminjaman kedua seolah olah kita mempunyai hutang pinjaman yang jumlahnya besar, padahal itu bukanlah hutang pinjaman yang kita miliki. Hati-hati dengan modus seperti ini, karena setelah ketauan belangnya ia akan berganti nama perusahaan dan menjebak kembali peminjam dengan motif yang kurang lebih sama.

Pada pinjaman online yang terdaftar di OJK jika bermasalah dengan si peminjam maka akan dengan mudah melaporkannya kembali ke OJK sebagai pengawas, lalu kalau tidak terdaftar tentu akan susah sekali menjerat pinjaman online tersebut karena prosesnya akan berbelit belit.

4. Bunga pinjaman yang masuk akal

Hati hati dengan pinjaman online tanpa agunan yang memberikan iming iming bunga pinjaman lebih murah pada tulisan di iklan atau brosurnya. Karena pada kenyataannya bunga pinjaman online tanpa agunan memang lebih besar dan belum ada aturan bakunya seperti pinjaman di bank.

Oleh karena itu agar bunga pinjaman menjadi kecil sebaiknya lampirkan saja tanda bukti kepemilikan agunan atau jaminan agar dapat memperoleh bunga pinjaman yang rendah dan juga tenor yang lebih panjang dibandingkan pinjaman online pada umumnya.

5. Konsultasikan tempat pinjaman online yang aman dan terpercaya


cekaja portal pinjaman online yang aman dan terpercaya

Akan lebih baik halnya jika sebelum mendapatkan pinjaman konsultasikan dahulu pada tempat yang terpercaya memberikan informasi tentang pinjaman online. Sekarang buat cari tau informasi sebenarnya tidak sulit. Ketik aja di Google langsung deh terpampang informasi yang kita mau.

Tapi kalau tidak mau ribet mencari mana situs yang lengkap, sudah ada nih CekAja.com , portal yang melayani perbandingan informasi secara netral guna membantu masyarakat membuat keputusan finansial secara cerdas. 

Melalui https://www.cekaja.com/pinjaman-online , portal ini memberi dukungan penuh konsultasi yang ramah dan berkualitas melalui tenaga profesional di bidangnya dengan membantu kemungkinan persetujuan aplikasi pinjaman online yang diajukan oleh peminjam.

Memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya itu suatu keharusan agar tak menyesal di kemudian hari. Tapi ingat juga ketika melakukan pinjaman harus juga bertanggung jawab melakukan pembayaran sampai lunas. Jangan sampai membuat tunggakan pembayaran kemudian menutupinya dengan pinjaman online yang lain, jadi bijaksana lah dengan pinjaman online pilihan mu :)



15 komentar untuk "Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya"

Evi Erlinda 5/24/2019 Hapus Komentar
oh pinjaman online disingkat jadi pinjol, nambah satu vocab lagi ;)
Lailin 5/24/2019 Hapus Komentar
Bener ini saya mesti nambah istilah baru kalau bw ke blog ini hihi :D
Lailin 5/24/2019 Hapus Komentar
saya barusan buka cekaja mbak, asik ini ada beberapa fitur kalkulator juga buat ngitung pinjaman buat UKM sama KPR juga :D
iidyanie 5/24/2019 Hapus Komentar
Iya mba pinjol istilah itu dikeluarkan dari si pemberi kredit sendiri, nama lainnya pindar (pinjaman daring)
iidyanie 5/24/2019 Hapus Komentar
Iya mba portalnya lengkap banget, pokoknya produk informasi seputar finansial semuanya ada disini
Vicky Cahyagi 5/24/2019 Hapus Komentar
Bermanfaat tipsnya. Memang agk berisiko dgn pinjaman online jg, ktnya bunganya (denda) jg memberatkan jika telat membayar dan ada teror jg (tim penagih utang) kl bermasalah. Kl memang terpaksa, ya lihat rating, komen, & testimoni di aplikasi play store, apakah positif atau negarif. Oh ya, sy follower baru blog ini. Thx
kuanyu 5/24/2019 Hapus Komentar
Sepertinya saya pernah denger deh promosi pinjaman online yang satu ini, tapi dimana ya,..di blog mana ya lupa aku,...dan memang dengan aplikasi cek aja nih kita lebih aman dalam menentukan pinjaman online 😀
Uyo Yahya 5/24/2019 Hapus Komentar
waduh saya sering banget deh dapat sms dari layanan pinjaman online. baca artikel ini jadi tahu cem mana layanan yang aman dan mana yang nggak. hatur thank you.

blognya saya follow ya.
iidyanie 5/24/2019 Hapus Komentar
Betul banget mas kuanyu, lebih aman dan terpercaya tentunya kalo pake cekaja :)
iidyanie 5/24/2019 Hapus Komentar
Iya mas memang seharusnya lihat track recordnya di playstore, kalau pinjolnya bermasalah tapi terdaftar di ojk akan mudah melaporkannya, nah klo gak terdaftar alias ilegal itu yg susah dilaporin :)
iidyanie 5/24/2019 Hapus Komentar
Sama2 mas uyo semoga bermanfaat, terima kasih sudah follow blog saya
poetrider 5/25/2019 Hapus Komentar
Sebaiknya pinjaman online dipergunakan saat kita sedang ada butuh dana darurat banget dan di waktu yang akan datang sudah ada dana untuk pelunasnya. Sehingga tidak terjadi diteror dan dikejar kejar oleh debt collector online. Dan setuju untuk saran jangan lunasin dengan pinjam lagi di tempat baru. Kalau memang terdesak hubungi call center apps minta pembayaran bertahap.
sekedar saran dan informasi. mudah mudahan berguna ya
Hafizhah Ramadhani 5/25/2019 Hapus Komentar
Wah bisa jadi referensi nih untuk mencari pinjaman online yang baik, aman dan terpercaya
martines 6/28/2019 Hapus Komentar
Kami mengkhususkan diri dalam layanan keuangan, menawarkan pinjaman lokal / internasional, menyediakan opsi pinjaman yang aman dan tidak aman untuk individu dan bekerja sama dengan tingkat pinjaman yang sangat kompetitif dan persyaratan fleksibel untuk memenuhi keadaan keuangan apa pun. Tidak masalah jika Anda memiliki skor kredit yang buruk, kami masih dapat memberikan Anda uang tunai cepat untuk hal-hal yang tidak terduga. Hubungi kami sekarang untuk pinjaman cepat dan terjangkau yang sesuai dengan semua anggaran dan persyaratan. socialfundltd@gmail.com
JERRY 8/02/2019 Hapus Komentar
Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
(anthony.yulianalender@gmail.com)
atau whatsapp +1 (323) 4026088
email saya{jerryandi843@gmail.com}