Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Promosi Bisnis Online

Tips sukses promosi bisnis online

Punya usaha tanpa berpromosi tidak akan mungkin usahanya bisa dikenal oleh orang banyak. Apalagi untuk anda yang mempunyai usaha bisnis secara online, seperti misalnya bisnis reseller online atau memiliki usaha produksi sendiri. Mungkin anda membuka bisnis secara online karena tidak punya dana yang besar untuk menyewa ruko atau kios yang harga sewanya selalu naik setiap tahun.

Promosi bisnis adalah hal yang penting dilakukan baik offline maupun online, dimana dengan promosi diharapkan orang dapat mengenal dengan baik produk yang anda jual. Banyak yang ingin berbisnis online tapi bingung dari mana ia akan memulai promosinya.

Berikut adalah tips ber promosi online agar sukses di serbu calon pembeli :


1. Buka akun di situs Marketplace


Langkah pertama, buka akun di situs marketplace, ada banyak situs marketplace yang sering dipakai olah banyak orang antara lain Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Ketiga toko ini adalah toko online terbesar saat ini.

Alasan buka akun di marketplace adalah untuk memudahkan kita berjualan dengan sistem keamanan yang baik dan bisa diakses oleh pembeli dari berbagai penjuru. Sistem Keamanan yang ada di marketplace ini menambah kepercayaan pembeli terhadap penjual, dan begitupun juga sebaliknya.

Selain itu kita tidak perlu repot repot mengiklankan barang jualan dengan cara manual. Lewat fitur pencarian dan fitur promosi yang ditawarkan oleh marketplace, maka akan terlihat produk apa sajakah yang kita jual secara filter dan yang produk apa saja yang kita unggulkan. Lumayan kan sudah berjualan, bisa promosi gratis lagi.


2. Promosi di berbagai Media Sosial


Membuka akun marketplace tanpa mempunyai media sosial tentang bisnis online kita sepertinya kurang lengkap.
Media sosial ibarat humasnya bisnis online. Walaupun sebelumnya kita sudah punya media sosial untuk pribadi, media sosial untuk toko kita juga harus dibuatkan secara terpisah. Ini buat menunjukkan kalau kita serius menjual dengan brand toko atau usaha kita sendiri.

Promosi dimedia sosial seperti Instagram , Facebook dan juga twitter. Lakukan promosi di jam jam tertentu 2-3 kali dalam sehari. Pada Instagram perhatikan feeds fotonya, atur foto serapi dan sebagus mungkin agar calon pembeli tertarik untuk memfollow akun online shop kita dan mudah2an menjadi pembeli setia.

Mengadakan giveaway, menggunakan jasa influencer untuk mengiklankan produk anda (tidak harus selebgram juga dong) atau pun diskon di hari yang istimewa juga termasuk cara berpromosi yang kerap dilakukan dalam media sosial. Cara ini biasanya dilakukan untuk menambah follower dan menjaring calon pembeli yang potensial.

Pada Facebook, buat akun untuk Facebook Page toko atau usaha online shop yang kita kelola. Sama seperti Instagram, lakukan juga promosi di jam jam tertentu setiap harinya. Nah, kalau sudah ada facebook page, akun instagram dapat diubah menjadi akun bisnis dan dapat dimaksimalkan untuk memasang iklan.

Cara mudah untuk memasang iklan di instagram adalah dengan menggunakan Facebook Ads Manager. Dengan menggunakan Fb Ads ini kita dapat menjalankan iklan di dua tempat sekaligus dengan 2 jenis target viewer yang berbeda, satu dari Facebook page satu lagi dari Instagram.

3. Bangun Blog atau Website Resmi

Mempunyai akun medsos untuk media sosial sudah . Namun sepertinya masih kurang lengkap tanpa mempunyai website. Membangun blog atau website adalah hal yang penting untuk mengenalkan produk kita. Walaupun kita tidak mempunya toko asli dalam bentuk kios atau ruko, mau tidak mau kita harus mempunyai toko dalam bentuk virtualnya.

Website adalah identitas untuk toko yang kita kelola. Isinya berupa keterangan Toko kenapa didirikan, apa saja yang dijual dan juga artikel yang berkaitan dengan toko yang kita punya.
Bila punya dana lebih bisa membangun website toko online dengan domain dan hosting berbayar yang lengkap dengan produk dan fitur belanja onlinenya.

Tapi kalau bujetnya pas pasan anda juga bisa menggunakan blog gratisan seperti blogspot dan membayar custom domainnya saja dengan harga yang relatif lebih murah.

4. Maksimalkan SEO pada Website


jasa backlink beli backlink

Membangun website sudah, tetapi kenapa trafiknya masih sepi ? Mungkin saja SEO belum dimaksimalkan penggunaannya dengan baik dan tepat sasaran.

Tapi seringkali kita sebagai pemilik website tidak ahli dalam memanfaatkan SEO yang baik. Oleh karena itu jasa SEO diperlukan dalam hal ini. Backlink adalah salah satu bagian dari SEO (Search Engine Optimization) yang ditawarkan oleh situs jasa SEO.

Backlink merupakan salah satu cara promosi yang mudah dan efisien untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada suatu website atau blog. Backlink yang baik dan berkualitas akan membuat website berada diperingkat pertama di halaman Search Engine seperti Google.

Ada berbagai macam situs yang menawarkan jasa backlink terpercaya saat ini. Kita bisa melihat situs tersebut pada halaman pertama Google.
Harga yang ditawarkan bervariasi dari yang murah sampai harga yang lumayan mahal.

Beli backlink berkualitas dari jasa SEO yang tepat akan menunjukkan hasil yang memuaskan bagi website bisnis online kita. Bukan tidak mungkin dari cara ini bisnis online kita akan menjadi lebih sukses karena akan lebih dikenal oleh orang banyak.

5. Buat akun di Google Bisnisku

Cara ini efektif agar bisnis online kita lebih dikenal. Meskipun tidak punya tokonya secara offline, tapi setidaknya pengguna tau letak toko online kita berada dan siapa tau kedepannya kita pun bisa membuka toko secara offline juga. 

Buat akun di Google Bisnisku, dan tulis alamat rumah / toko kita berada secara jelas. Cara membuka akun sudah saya tulis di artikel sebelumnya. Nama akun sebaiknya berdasarkan nama website karena akan mudah dikenali lebih baik. Ini akan membuat nama website kita juga berada di halaman pertama Google.  Secara otomatis nama website pun juga ada Google Maps.

Nah, sudah siap untuk melakukan promosi bisnis online anda? Pastikan ikuti langkah langkahnya dan coba semua cara yang sudah saya disebutkan diatas, semoga bisnis online anda sukses ya :)

26 komentar untuk "Tips Sukses Promosi Bisnis Online"

Anisa 2/11/2019 Hapus Komentar
Sayngnya aku nggak ngelakoni bisnis online. Tapi infonya bermanfaat, bisa jadi referensi kalau2 nanti aku mau mulai bisnis online, bisa tahu cara promosinya biar sukses
Jhon simpel 2/11/2019 Hapus Komentar
Pengen juga sih punya usaha online. Tapi gak tau cara nya..
Lagian gak punya modal juga mau jualan apa..
Admin 2/11/2019 Hapus Komentar
Biasanya nih kalo emak-emak berpromosi, yang lainnya pada diem wis, bahkan sekelas kang Dewa bisa klepek-klepek kena emak-emak berpormosi coz cara promosinya emak-emak itu natural banget... hehee
iidyanie 2/11/2019 Hapus Komentar
Yup, mudah2an infonya berguna suatu saat nanti
iidyanie 2/11/2019 Hapus Komentar
Jangan kawatir mas, ada juga bisnis online yang gak butuh modal contohnya dropship atau bisnis afiliasi
iidyanie 2/11/2019 Hapus Komentar
Emak emak berpromosi sesuai dgn pengalaman kali ya, makanya kelihatan natural :)
Ujwar Firdaus 2/11/2019 Hapus Komentar
yeah, ini adalah nih yang dibutuhin sama penjual online. Wakakaka. Mantep....
Riani Diniati 2/11/2019 Hapus Komentar
Aku lagi beljr bisnis online mbak. Makasih banget ilmunya sngt bermanfaat
Maman Achman 2/11/2019 Hapus Komentar
Dengan rajin promosi, mudah-mudahan bisnis apapun bisa berkembang dengan pesat. Kalau malas-malasan jangan harap bisa sukses ya mbak..
Intan Sudibjo 2/11/2019 Hapus Komentar
marketplace dan wb/blog sesuatu yang menjadikan bisnis kita tampak profesional, jadi sangat disarankan untuk membuatnya
iidyanie 2/11/2019 Hapus Komentar
Sip, terima kasih
iidyanie 2/11/2019 Hapus Komentar
Yup, intinya harus rajin ya mang sama kayak isi blog harus rajin juga hehe
iidyanie 2/11/2019 Hapus Komentar
Betul, marketplace, medsos, , website dan juga SEOnya semua hal yang penting buat promosi bisnis
Sakinah as Comulunimbus 2/12/2019 Hapus Komentar
Aku pernah sih nyoba jualan online, waktu itu handsock sama masker organik. Tetapi, baru tahu kalau harus ada cara2nya kaya gini yang mudah narik pelanggan.
Andie 2/12/2019 Hapus Komentar
Paling cepat itu bikin ads di marketplace gitu.. Kayak Tokopedia/Bukalapak yang menyediakan iklan-iklan untuk pedagang..
Djangkaru Bumi 2/12/2019 Hapus Komentar
Buka akun di marketplace itu penting. Kalau hanya sekedar membuat web resmi kini tampak kurang mendapat tepat lagi. Karena disini urusannya duit, pembeli ingin aman duitnya seandainya gagal transaksi. Saya juga lagi membangun toko dimarketplace, walau belum ada yang membeli tapi paling tidak sudah ada yang pernah berkunjung alias sekedar melihat.
SEO itu penting, dengan belajar SEO produk akan mudah menduduku peringkat dimesin pencari.
Djangkaru Bumi 2/12/2019 Hapus Komentar
Kalau saya lagi merintis, mencari produk yang sekiranya laku. Jika tidak bisa seo, kini ada jasa SEO handal dan terpercaya.
Dyah 2/12/2019 Hapus Komentar
Catet dulu ah. Sekarang belum berbisnis, tapi siapa tahu suatu saat nanti.
Agus rusdi 2/13/2019 Hapus Komentar
senang lihat blogger perempuan apalagiyang bisa sampai tahap seperti ini sukses terus bu
Andie 2/13/2019 Hapus Komentar
Jasa SEO-SEOan itu mayan lho biayanya
Himawan Sant 2/13/2019 Hapus Komentar
Nah dropship ini yang juga kupelajari cara2nya dengan baik untuk bekal ikut bisnis online setelah nanti aku ngga ikut kerja orang lagi.
Adiknya mamaku sudah menjalani sebagai dropship cukup lama, sementara aku saat ini masih fokus mencoba mengelola blog.
iidyanie 2/13/2019 Hapus Komentar
Bisnis dropship kalau diseriusin hasilnya bisa besar juga lho , seperti adik mamanya mas himawan mungkin sudah profesional dlm perdropshipan hehe
iidyanie 2/13/2019 Hapus Komentar
Yup betul mba, mudah2an bermanfaat ya :)
Rohyati Sofjan 2/15/2019 Hapus Komentar
Saya sudah punya akun di Bukalapak, cuma untuk jadi konsumen namun belum ngapa-ngapain, he he. Terpikir jika nanti punya kesempatan untuk jualan bisa memanfaatkan Bukalapak sebagai pasar digital.
Soal jasa backlink, yah belum terpikirkan, sih. Namun setidaknya bisa tahu ada jasa demikian. Penting banget bagi yang punya bisnis atau ingin blognya lebih populer secara SEO.
Tuteh 2/15/2019 Hapus Komentar
Sangat bermanfaat bagi yang sedang membangun atau sudah berbisnis online. Mempromosikan itu penting sekali, memang...
Kang Nata 2/17/2019 Hapus Komentar
Saya dulu pernah jadi member Rajabacklink Mbak, tapi karena sibuk hal lain sehingga terbengkalai,hehehehe...